Waspada, Penguncian Password Layar Android Versi 4.1.2 Bisa Ditembus

Ilustrasi / ISTIlustrasi / IST

Sehebat-hebatnya teknologi memang terkadang tak sempurna, seperti kabar terbaru tentang pengujian perangkat smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 4.1.2 menunjukkan bahwa fitur penguncian layar smartphone bisa ditembus dengan mudah mendapat akses ke layar utama (Home Screen).

Diungkapkan oleh technewsdaily, tampak pada cuplikan video yang kami sajikan, tampaknya hal itu mungkin saja bisa terjadi. Kebetulan perangkat yang digunakan adalah merek Samsung Galaxy II yang dibenamkan versi Android  4.1.2. Walau posisi layar sedang dalam keadaan terkunci, tetapi lewat tombol panggilan darurat (Emergency Call) yang dicoba disentuh tekan berulangkali, nampak dalam hitungan beberapa detik tampilan tombol pintas (Shortcut) yang ada di layar utama, cara tersebut dinamakan Lockscreen Bypasses.

Jika benar demikian, demi alasan keamanan sebaiknya penggunanya jangan pernah meletakkan informasi sensitive data-data penting  di layar utama misalnya saja password, data rekening, janji meeting dan sebagainya.

Sebelumnya celah kerentanan seperti ini pernah terjadi pada perangkat besutan Apple yakni Apple iPhone 5. Dan memang kadangkala terjadi pada perangkat komunikasi yang menggunakan sistem operasi tertentu. (Hito)
 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 21 November 2013 01:11
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments