Review Nokia N900

Prev
Next »
Produk bisnis Nokia yang terlahir beberapa waktu terakhir kerap dianggap mengejar ketinggalan dari para pesaingnya. Bentukan yang cenderung monoton serta sistem operasi yang terbilang sama saja akhirnya menjadi santapan wajib para pengguna ponsel yang memilih Nokia sebagai ponsel andalan mereka.

Tak mau terjebak dalam rutinitas seperti ini, Nokia mulai mengembangkan sayap dengan memperkenalkan sistem operasi anyar Maemo 5, lewat ponsel tablet pertamanya, N900.

Disain & Interface
Banyak hal menarik di sisi ini. Bukan karena ini kali pertama PULSA mereview sebuah perangkat berbasis Maemo, namun lebih dikarenakan banyaknya tampilan baru dan penempatan interface yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum berlanjut ke situ, ada baiknya kita mengenal struktur ponsel ini lebih dekat. Kita mulai dengan yang terlihat oleh mata telanjang dimana kita bisa melihat disain yang diterapkan pada N900 tidak begitu inovatif. Sudah banyak ponsel dengan mekanisme slide samping seperti ini.

Bedanya, Nokia N900 tidak banyak menyediakan ruang untuk keyboard qwerty slide sampingnya. Ketika kita menggeser bagian layar ke samping, maka deret keypad qwerty tersebut hanya menyembul kurang dari setengah lebar ponsel. Artinya sempit, meski tak bisa dibilang tak nyaman.

Hal ini membuat kami menyimpulkan sementara bahwa N900 bukan dimaksudkan untuk menggantikan peran komunikator Nokia yang lama tak terdengar kabarnya. Rasanya ponsel ini lebih sebagai pilihan baru untuk fungsi online dan multimedia. Tanpa  mengecilkan peran hardware yang sebenarnya sudah siap untuk diajak memanajemen kegiatan kantoran kita. Lagi pula ini adalah seri N. Seri yang sebelumnya sukses memadukan fungsi kantoran dan multimedia dalam satu paket.

Dengan kecilnya porsi keyboard, dan di sisi lain tersedia layar sentuh TFT resistive dengan ukuran 3,5 inchi berkualitas, maka cara paling benar menikmati isi ponsel ini adalah melalui interface sentuhnya. Meskipun termasuk layar resisitiv dan tersedia stylus, kami tidak mengalami kesulitan yang berarti ketika mengakses menu hanya dengan menggunakan jari.

Maemo 5, sistem operasi yang menggawangi kinerja N900 rupanya memiliki UI yang menarik. Sifat tampilannya berada pada orientasi landscape. Jadi wajar, apabila di ponsel ini tulisan Nokia dan tipe HP terletak pada bagian sisi menghadap ke arah keyboard side slide.

1
2
3

Seperti halnya Android, Maemo 5 juga dibuat dengan basis sistem Linux. Jika di Android kita akan menemukan tiga halaman home screen, maka di Maemo ada empat. Keempatnya bisa kita personalisasi sesuai kebutuhan. Namun secara default bisa dibagi menjadi halaman home screen 1 dibiarkan kosong untuk personalisasi user, home screen 2 (geser ke kanan) berisi aplikasi-aplikasi online plus GPS, home screen 3 berisi Personal Information Management dan fungsi telepon, sementara home screen 4 diisikan dengan link-link belanja aplikasi online.

Lalu, dimana menu tradisional yang kita butuhkan? Berbeda dengan Android yang meletakkannya di menu drop down dengan ikon-ikon widget sebagai menu ponsel, maka Maemo 5 di N900 lebih mirip dengan menu ponsel kebanyakan. Aksesnya pun bisa melalui satu ikon yang diletakkan di ujung kiri layar.

Kita pun kemudian tidak lagi dipusingkan oleh tombol back atau return karena kita bisa kembali ke menu utama, atau home screen hanya dengan menyentuh bagian layar kosong. 

OS Maemo 5 dengan dukungan hardware yang oke di N900 sanggup melakukan multitasking yang luar biasa. Tidak ada penurunan kinerja, semua berlangsung dengan mulus, ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang terbuka di layar multitasking. Di setiap aplikasi yang terbuka, akan muncul gambar kotak bertumpuk di sisi kiri atas. Ikon tersebut berfungsi untuk multitasking, yaitu me-minimize tampilan, untuk kemudian kita dapat membuka aplikasi lain.

Dialog menu yang muncul, juga sub menu dan pilihan-pilihan pada bagian pengaturan dimunculkan dalam grafik yang luar biasa. Menurut kami, bahkan lebih baik ketimbang iPhone yang selama ini kami anggap paling atraktif. 

4

Jadi, meskipun terbilang baru, sistem operasi Maemo 5 tidak akan menyulitkan pengguna N900. Bahkan sebaliknya, membuat tampilan dan UI N900 akan terasa lebih kaya warna dan mudah dioperasikan. Sayangnya, UI ini hanya tertampil landscape, kecuali untuk log telepon dan notifikasi sms.

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Saturday, 23 November 2013 21:00
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS