Review: Pixcom Andro Tab Core 3D, Tablet 3D Lokal

Perkembangan tablet PC sudah merambah ke arah tiga dimensi (3D). Hal inilah yang tengah digalakkan salah satu pabrikan lokal, Pixcom. Adalah Pixcom Andro Tab 3D yang mengusung tablet 3D dengan dukungan kacamata red/blue 3D dan menjanjikan kecepatan berinternet alias ultra speed. Penasaran dengan kinerja tablet murah meriah ini? PULSA kali ini membedahnya untuk Anda!


Disain

Dimensi :195mm x 112mm x 10mm; Berat:  320 gram
Saat Anda pertama kali membuka paket penjualan, aura 3D yang ingin ditanamkan oleh Pixcom di seri teranyarnya ini sangat terasa. Mulai dari gambar 3D di box, hingga logo 3D yang cukup besar di bagian back casing. Tablet ini tergolong tipis dan simple. Material casing dan layarnya didominasi oleh plastik solid.

Pixcom ARE 0114

Agak licin, apalagi jika digunakana dalam waktu lama. Keempat sudutnya membulat, dengan disain ergonomik. Di tubuh Pixcom Andro Tab Core 3D, terdapat tombol daya dan  volume key. Selain itu disematkan pula port charger, port HDMI, port data, TF slot memory, dan port 3.5 audio.Sementara di bagian bawah layar terdapat touchkey menuju back, home dan setting.

Pixcom ARE 0094 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom ARE 0097 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom ARE 0104 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom ARE 0106 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Layar  dan  Interface

Kedalaman warna :LCD TFT Capacitive Multitouch ; Ukuran: 7 inchi; Resolusi: 800x480 pixels
Memiliki layar 7 inchi dengan tingkat kecerahan yang dapat diatur. Layar sentuhnya cukup respon dalam  menerima sentuhan dan ketukan layar. Dengan pengalaman membuka dan menggulir-gulirkan halaman, layar  dari tablet yang berbahan plastik ini, cukup menyenangkan dan  lancar.

Pixcom Lockscreen Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Layarnya cukup kuat menerima tekanan dari jari.  Masuk ke homescreen, Anda akan disuguhi dengan beragam shortcut favorit  yang dapat dipersonalisasikan. Saat Anda tekan layar cukup lama, akan tertampil opsi wallpaper yang interaktif. Tidak seperti kebanyakan tablet lainya yang menyematkan pintasan di bagian atas layar, Pixcom Andro Tab Core 3D memiliki pintasan di bawah layar, termasuk di antaranya adalah indikator batere, indikator download, jam, indikator WiFi, dan batere.

Pixcom Home Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Menu


Teknologi 3D

3D Movie, High Definition Multimedia Interface (2160p); Flash 10.1/10.2, 3D glasses
Ini dia fitur yang dijagokan oleh Pixcom Andro Tab Core 3D. Kemampuan menampilkan grafis dengan efek 3D memang sedang trend di tanah air. Efek 3D menjanjikan pengalaman unik dan berbeda saat menikmati tayangan visual. Pada paket penjualan, Anda akan diberikan bonus kacamata 3D. Masuk ke homescreen, terdapat 3D Zone yang di mana berisi file-file yang memiliki “sentuhan” 3D.

Pixcom Teknologi 3D 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Teknologi 3D Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Mulai dari film hingga gambar, dikategorikan  secara rapi. PULSA mencoba salah satu 3D movie bawaan Pixcom yakni “Pangea The Never Ending World”, dengan mengenakan kacamata 3D merah biru . Masuk ke settingan 3D, Anda diberikan opsi 3D interlace, 3D red/blue, hingga 3D anglagh red/cyan. Selain itu, tampilan movie 3D yang sedang dimainkan, juga dapat dipersonalisasikan besarannya, mulai dari full screen video ratio, origin size, hingga rasio 4/3. Kedalaman gambar dan pergerakan efek 3D-nya cukup terasa. Komposisi warna merah-biru pada kacamata, sedikit tajam.Lebih dari 20 menit menikmati hiburan 3D dengan bantuan kacamata, terasa sedikit pening.

Pixcom Teknologi 3D 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Teknologi 3D 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

PULSA pun menguji kemampuan grafis 3D di tablet ini dengan  aplikasi Smartbench 2012. Pengujian dengan aplikasi ini dikhususkan untuk tablet atau smarphone yang memiliki kemampuan 3D dengan parameter kecepatan loading gambar, 3D test, peghitungan polygon objek tertinggi di tiap pengujian, deteksi resolusi layar, hingga produktivitas  layar dalam menampilkan grafis. Dari hasil pengujian, Pixcom Andro Tab Core 3D memperoleh score 499 (productivity index) dan 1909 (gaming index).

Pixcom Teknologi 3D 3


Hardware

Model: AndroCore; CPU: ARMv7 Processor REV2 v7l;Frequency: 1008MHz; Core : 1 (single cores); OS Android v4.0 ICS(Ice Cream Sandwich);
Seolah mengikuti jejak iPad, Pixcom Andro Tab Core 3D ditawarkan dalam dua pilihan memori internal, yakni 4GB dan 8GB. Perbedaan besaran memori internal tentunya berpengaruh pada harga yang ditawarkan ke konsumen. Dapur pacu tablet ini didukung oleh prosesor ARMv7 processor REV2v7l. Data yang diperoleh dari pengujian Quadrant Standard  Benchmark, frequency processornya 1008MHz. Terbilang handal untuk kelas tablet merek lokal. Sayang untuk informasi baterai sama sekali tidak disertakan oleh pihak vendor, padahal kekuatan baterai bisa menjadi salah satu daya ukur tingkat kinerja sebuah gadget.

Pixcom Hardware

Pixcom Hardware Memory Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

 


Internet dan Koneksi

Koneksi: WLAN/WI-FI  b/g/n; Bluetooth, Kabel Data , PC Sync
Dari uji coba, beberapa fitur dan aplikasi dapat dijalankan secara optimal. Kelebihan lain adalah kemampuan default browser lumayan bagus, dapat dijalankan dengan pinch zoom. PULSA menguji kemampuan multitabs di tablet ini, dan tidak ditemukan kendala yang berarti. Terdapat beragam ikon untuk masuk ke situs favorit seperti Facebook, Google Search, dan Twitter. Terdapat beberapa situs chat di antaranya MSN Talk Pro, dan YM!. Format situs yang dimuat, dapat ditampilka secara utuh, bukan mobile. Begitu pula saat PULSA membuka situs berformat video seperti YouTube, tidak ditemukan kendala.  

Pixcom Koneksi 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Koneksi 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Internet Dan Koneksi 5 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Internet Dan Koneksi 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Internet Dan Koneksi 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0


Sektor Audio

MP3/WAV/WMA/AAC, Shuffle, Playlist, Downable, Stereo Speaker, Bluetooth Headset,  Multitasking
Saat PULSA memutar lagu, pemutar musik Pixcom Andro Tab 3D menampilkan album art, dan panel audio. Amat disayangkan, karena dengan ukuran layar yang cukup luas, tampilan album art-nya mungil sehingga nampak tidak  proporsional. Terdapat setting equalizer yang dapat memaksimalkan  audio yang disemburkan melalui speakernya. Anda akan disodorkan opsi FX Booster, 3D Effect Sound dan Bass Booster. Perbedaaan settingan cukup  terasa, terutama saat Anda menggunakan earset.  Tablet ini tidak dibekali dengan FM Radio.

Pixcom Sektor Audio Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Sektor Audio 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0


Kamera dan Video

Kamera Depan: VGA (640x480 piksel) ; White Balance, EV, Digital Zoom, Scene Mode, Foto Editor ; Video: MP4/H.264 ; Time Lapse Interval,  Video White Balace, Store Location.
Cukup sulit bagi Anda untuk memotret objek di depan Anda. Ini dikarenakan tablet ini hanya memiliki kamera depan dengan resolusi VGA. Kualitas kameranya masih berbintik dan kurang detail di bagian tepi jepretan gambar. Alihkan fungsi kamera menjadi video recorder dengan mengubah modus. Terdapat settingan video yang sama dengan fungsi kamera. Pemutar videonya mampu memutar file berformat MP4/H.264. Kelemaha kamera paling utama adalah tidak  dibekalinya LED Flash dan autofocus.

Pixcom Kamera Dan Video 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Pixcom Kamera Dan Video 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Hasil Kamera

IndoorIndoor

OutdoorOutdoor


Kesimpulan

Selain pendahulunya AndroTab, AndroTab 2 dan AndroTab Turbo, Pixcom kini punya satu produk tablet PC yang dapat diandalkan yaitu Pixcom AndroTab Core 3D. Tampil dengan desain yang tak begitu berbeda dengan pendahulunya, AndroTab Core3D coba menawarkan pilihan tablet PC dengan kemampuan visual 3D harga hemat.

Hal menarik yang ditawarkan AndroTab Core ini adalah kemampuan memutar video berkualitas 3D, dengan resolusi Full HD (High Definition). Dalam paket penjualannya, gratis kacamata 3D. Meskipun teknologi 3D di smartphone dan tablet bukan teknologi baru, akan tetapi optimis diminati oleh tiap segmen.Tablet 3D ini membidik semua kalangan. Hadir dalam masa liburan sekolah, tawaran ini terasa cukup menarik.(Nariswari)

(+)

- Teknologi 3D
-Harga murah
-Koneksi internet cepat
-Hotswap  TFlash                

(-)

-Bahan casing plasik glossy yang licin
-Tidak memiliki slot SIM card, tidak punya fungsi call dan SMS
-Kualitas kamera dan audio kurang optimal

{ponsel}3270{/ponsel}

 

Related Articles
Android, Produk dengan Pertumbuhan Tercepat di Industri Teknologi, Article has been viewed 6726 times, Created by PULSAAndroid, Produk dengan Pertumbuhan Tercepat di Industri Tekn...
Dukungan Bluetooth, Jadi Sebab Utama Aplikasi FuelBand Tidak Ada di Android, Article has been viewed 4977 times, Created by IlhamDukungan Bluetooth, Jadi Sebab Utama Aplikasi FuelBand Tidak...
Android Setor 2 Miliar Dolar AS Per Tahun ke Microsoft, Article has been viewed 11651 times, Created by FauziAndroid Setor 2 Miliar Dolar AS Per Tahun ke Microsoft...
Whoscall, Bisa Mengidentifikasi Telepon & SMS dari Nomor Tak Dikenal, Article has been viewed 6500 times, Created by FauziWhoscall, Bisa Mengidentifikasi Telepon & SMS dari Nomor Tak...
Sony Perkenalkan Core dan SmartBand di CES 2014, Article has been viewed 3171 times, Created by FauziSony Perkenalkan Core dan SmartBand di CES 2014...
Nokia Akhiri Dukungannya untuk MeeGo dan Symbian, Article has been viewed 5373 times, Created by FauziNokia Akhiri Dukungannya untuk MeeGo dan Symbian...
Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Saturday, 23 November 2013 23:37
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments