Review: Smartfren Andromax-i AD683G, Android GSM-CDMA, Kinerja Istimewa

  • Friday, 09 November 2012 15:36
  • Published in Review
  • Read 81171 times

Smartfren rilis suksesor Andromax dengan  varian barunya dengan menambahan embel-embel “I” dibelakangnya. Unggulkan kemampuan dual sim-card GSM-CDMA Andromax dibandrol 1 jutaan, lalu bagaimana kinerjanya?


Warna    Black
Baterai    Lithium ion 1630 mAh
Harga    Rp. 1.199.000;

Desain

Dimensi: (WxDxH) : 125.5 x 64 x 10.8mm; Bobot: 150 g
Pada varian barunya ini smartfrenpercayakan plastik untuk material utamanya. Glosy dibagian depan dan doff dibelakanganya doff, mungkin ini dimaksudkan supaya tidak mudah slip saat digenggam. Yang membedakannya dengan versi sebelumnya dalah pada bezel pada Andromax-i  yang dibuat lebih lebih curve.

Smartfren Andromax I Body 1

Smartfren Andromax I Body 6

Smartfren Andromax I Body 8

Dipaketkan dengan earphone stereo, Andromax-I munculkan port audio 3,5mm yang bersanding dengan tombol power/lock diatas kepalanya. Sedangkan tombol volume ada di sisi kanan. Untuk mengisi daya terdapat port microUSB dibagian bawah yang berfungsi pula sebagai koneksi untuk mentransfer data ke PC.

 

Smartfren Andromax I Body 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Smartfren Andromax I Body 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0Smartfren Andromax I Body 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0Smartfren Andromax I Body 5 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0Smartfren Andromax I Body 7 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0Smartfren Andromax I Body 9 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0


Hardware

Qualcomm MSM8625 Dual Core 1GHz ARMv7, GPU: Adreno 203; RAM 512MB, Internal 4GB (2GB User Available), Up to 32 GB MicroSD Card
Untuk urusan hardware Smartfren mempercayakan Andromax-i dengan prosesor dual core 1GHz. Wow, ini terbilang cukup berani untuk smartphone 1 jutaan. Didukung dengan RAM sebesar 512MB dan chip grafis Adreno 203. Rasa-rasanya cukup menyaingin Smartphone diatas 2 jutaan.

 

Smartfren Andromax I Hardware 2

Smartfren Andromax I Hardware 3

Smartfren Andromax I Hardware 4

Untuk ruang simpan, dibekali dengan memori internal sebesar 4GB yang dapat dipakai bebas hingga 2GB. Itupun masih dapat Anda tambahkan hingga 32 MB melalui kartu microSD.

Smartfren Andromax I Hardware 1


Interface & OS

Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich, 4.0" IPS Display, WVGA 480 x 800 piksel, 16.7M Color Grid Vertikal.
Mengoperasikan Android Ice Cream Sandwich, Andromax-I diperkuat denga layar 4 inchi beresolusi WVGA 480 x 800 piksel.

 

Smartfren Andromax I OS

Pada layar akan 5 buah halaman homescreen yang dilengkapi dengan shortcut, widget dan folder yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan.
Tampilan menu menggunakan grid horisontal standar ICS tanpa kustomisasi tambahan. Saat menjelajah menu-menunya, kami tidak menemukan kesulitan berarti. Bahkan tergolong lancar.

 

Smartfren Andromax I UI Home 1

Smartfren Andromax I UI Home 2

Smartfren Andromax I UI Menu 1

Smartfren Andromax I UI Menu 2

Smartfren Andromax I UI Menu 3

Smartfren Andromax I UI Widget 1


Kamera & Video

Kamera Belakang: 5.0 MP, 16:9, video VGA, geotagging; Kamera Depan: 1.3MP
Dengan resolusi  5 megapiksel dilengkapi autofocus tanpa lampu flash, Hasil pengabadian gambar didalam ruangan terlihat gelap karena ketiadaan lampu flash. Sementara untuk hasil gambar diluar ruangan, terlihat natural dengan detail yang cukup bagus.

 

Smartfren Andromax I Kamera 1

Smartfren Andromax I Kamera 2

Padahal didalamnya sudah ada sederet setting tambahan seperti scene mode, picture size, picture quality, ISO, antibanding, saturation, white balance, contrast dan zoom telah disematkan pula oleh Smartfren.

Sedangkan untuk merekam obyek bergerak, Andromax-i sanggup merekam video dengan resolusi maksimal VGA. Hasil rekaman video disimpan dalam format MP4.

 

Smartfren Andromax I Kamera Indoor Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Smartfren Andromax I Kamera Outdoor Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Smartfren Andromax I Kamera Panorama Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0


Multimedia

Audioplayer : AAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA;  video player : 3GP, DiVx,M4V, MP4, WEBM; audio recorder.
Musik player di Andromax-mampu mengkategorikan lagu berdasarkan lagu, album, dan artist. Didalamnya juga sudah dilengkapi dengan equalizer, namuan untuk menggunakannya Anda diharuskan menggunakan headset nya terlebih dahulu.

Selain musik player Andromax –I juga dilengkapi dengan radio FM dan pemutar video, untuk pemutar videonya mampu memutar beberapa jenis file seperti 3gp. DiVx, M4V, MP4 dan WEBM dengan lancar.

 

Smartfren Andromax I Musik Player

Sayangnya saat menggunakan video berformat WMV Handset ini nampak tersendat. Terlebih untuk format MKV yang hanya memperdengarkan suara tanpa gambar.
 

Internet & Konektivitas

CDMA 2000 1xEVDO Rev A&GSM (2G) , Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v3.0 A2DP, MicroUSB, Wi-Fi Direct
Sebagai ponsel yang dipasarkan oleh Smartfren, Andromax-i  mendukung jaringan CDMA EVDO Rev.A. Saat digunakan untuk menjelajah web dengan Andromax-i cukup mumpuni dan cepat mungkin berkat koneksi CDMA EVDO Rev. A yang sangat bagus pada lokasi yang kami pilih yaitu didaerah pasar Minggu. Bahkan kami dapat membuka 16 halaman sekaligus melalui browser bawaannya.

Smartfren Andromax I Konektivitas

Smartfren Andromax I Browser 1

Smartfren Andromax I Browser 2

Smartfren Andromax I Browser 3

Namun meski mampu menampung kartu GSM, koneksi Andromax-i hanya sebatas EDGE (2G), sehingga pengguna disarankan untuk menggunakan paket data CDMA EVDO dari Smartfren untuk mendapatkan kecepatan yang lebih optimal.

Untuk koneksi lainnya Anda dapat memanfaatkan bluetooth, Wi-Fi direct serta kabel data. Begitu Anda menghubungkan kabel data ke PC.

Fitur Khas dari Smartfren

Mig33, Modem, NetCounter, Smartfren Store, VMS, Viki, Gudang Musik, File Manager, Uangku, dan sebagainya.
Ada juga layanan dan Aplikasi hiburan yang khusus diberikan oleh smartfren seperti Uangku dan Gudang Musik, video streaming dari Viki dan VMS. Sayangnya untuk Aplikasi perkantoran Andromax-i belum dibekali dengan aplikasi Office.

Mengemban OS Android, Andromax-I juga mendapatkan aplikasi seperti Play Store, Google search, youtube, Google maps dan Gmail. Selain itu juga ada mig33 yang mendukung chatting lintas provider seperti Gmail dan Yahoo.


Uji Kinerja (Benchmarking)

Antutu Benchmark: 4646 Quadrant Standard Edition: 2775 Nenamark1: 56.0 fps Nenamark2: 33.0fps
Saat diukur kinerjanya menggunakan Antutu Benchmark Andromax-I memperoleh poin 4646. Dengan poin tersebut maka Andromax-i berada diatas HTC Evo 3D.

Smartfren Andromax I Bench Antutu 1

Smartfren Andromax I Bench Antutu 2

Smartfren Andromax I Bench Nenamark 1 1

 

Smartfren Andromax I Bench Nenamark 2 1

Sementara saat menggunakan Quadrant Standard berhasil mengumpulkan skor sebesar 2775. Dari pengukuran grafik kinerja Andromax-i cukup tinggi dengan raihan poin di peringkat ketiga dari atas setelah Asus Transformer Prime dan HTC One X.

 

Smartfren Andromax I Bench Quadrant


Kelebihan
• Prosesor Dual Core
• Dual SIM GSM - CDMA
• Kamera 5MP

Kekurangan
• Kamera tanpa lampu flash
• Kartu GSM hanya mendukung 2G
• Video masih VGA

Kesimpulan

Dengan harganya yang hanya 1 jutaan, Andromax-I bisa dibandingkan dengan smartphone lainnya yang dibandrol 2 jutaan. Ini dibuktikan dengan spesifikasi yang digunakannya dan kinerja saat kami uji yang terbilang cukup mimpuni. Apalagi disupport dengan operator CDMA yang fokus melayani pengguna data, ini akan membuat kalang kabut bagi vendor lain. (@ilham_putranto)

Rate this item
(12 votes)
  • Last modified on Saturday, 23 November 2013 22:19
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments