Review: Samsung Ativ S GT-I8750, WP8 Pertama Samsung Desain Lebih Premium

  • Wednesday, 03 April 2013 17:42
  • Published in Review
  • Read 41165 times
Prev
Next »

Cukup lama ditunggu, akhirnya smartphone Windows Phone 8 pertama Samsung mendarat juga di Indonesia. Digadang-gadang bakal membawa kejutan, nyatanya kehadiran Samsung Ativ S justru terkesan biasa saja. Mau tau apa saja fitur-fiturnya dan bagaimana kemampuannya?


Desain

137.2 x 70.5 x 8.7 mm, 135 gram
Jika HTC dan Nokia mendesain smartphone Windows Phone 8-nya lebih, tak demikian dengan Samsung Ativ S. Samsung lebih menonjolkan karakter eksklusif sehingga nampak lebih premium. Dengan Warna silver di cover belakang berkolaborasi dengan abu-abu di sisi depan, mampu menghadirkan kesan mewah. Sayang, material plastik ber-crome yang membungkus keseluruhan bodi membuat Ativ S terkesan ringkih. Positifnya, bobot ponsel ini jadi terasa ringan jika dibandingkan dengan beberapa smartphone sekelasnya.

Body Ativ S 1

Body Ativ S 6

Struktur disain Samsung Ativ S, sangat kental nuansa Galaxy , hal ini juga terlihat dari struktur panel navigasi yang ada di sisi bawah layar. Tombol back dan search menggunakan touchpad, sedangkan tombol Windows menerapkan konsep konvensional (tombol biasa).

Body Ativ S 3

Body Ativ S 2

Body Ativ S 4

Body Ativ S 5

Tak hanya itu, posisi tombol power, shutter camera, volume, port audio, port charger serta posisi kamera depan dan sensor cahaya di Ativ S juga sama dengan Samsung Galaxy S III. Jadi, wajar jika Ativ S disebut sebagai Galaxy S III versi Windows Phone.

Body Ativ S 7

Body Ativ S 8

Layar & Interface

Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors, 720 x 1280 pixels, 4.8 inci (~306 ppi pixel density), Corning Gorilla Glass 2
Selain desain, teknologi layar yang dibenamkan ke Ativ S juga sama seperti milik Galaxy S III, Yakni Super AMOLED 16 juta warna beresolusi HD 720p (720x1280 piksel). Tidakhanya resolusi dan jenisnya ukurannya pun sama, yaitu 4.8 inci.

 

Ativ S Interface 1

Dibanding Lumia 820 maupun HTC 8S, layar Samsung Ativ S jauh lebih tajam dan jernih dengan kerapatan gambar ~306 ppi. Poin plusnya, LCD Ativ S dilapisi teknologi Corning Gorilla Glass 2 yang memiliki kemampuan anti gores.

Untuk interface, tentu mirip seperti Windows Phone 8 lainnya. Anda bisa mengatur tata letak live tile dan merubahnya dalam beberapa ukuran.  Atau menganti tema warna pada kotak-kota shortcut dan background warna di Start Menu.

 

Ativ S Interface 2

Ativ S Interface 5

Seperti biasa, semua yang terinstal akan tampil di daftar lis program. Strukturnya standar dengan susunan yang terus memanjang ke bawah, dengan ikon kecil. Namun, untuk memudahkan Anda mengakses aplikasi atau menu khusus, tinggal pasang saja aplikasi atau menu tersebut ke Start Menu dengan memilih opsi ‘pin to Start’. Uniknya, Anda bisa meletakkan apa pun di halaman depan WP8. Termasuk satu kontak khusus atau satu lagu/video favorit. Ini yang belum bisa dilakukan pada smartphone Android.

Ativ S Lockscreen

Yang membedakan dengan tampilan interface Samsung Ativ S dengan windows Phone 8 lainnya adalah hanya pada  wallpaper di lock screen default Ativ S yang menampilkan karakter mirip Galaxy S III.

Rate this item
(2 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 23:17
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Need for Speed: Жажда скорости смотреть онлайн в хорошем