Review: Oppo Find 5, Layar Full HD Pertama di Dunia Berasal Dari Cina

  • Thursday, 02 May 2013 16:24
  • Published in Review
  • Read 99543 times

Oppo mungkin lebih dikenal sebagai produsen perangkat high-end Blu-ray dan Hi-Fi sistem asal negeri tirai bambu. Akan tetapi perusahaan yang berbasis di Guangdong tersebut sekarang mulai mencoba di pasar smartphone. Melalui produk yang diberinama Oppo Find 5, Mereka hadirkan ponsel Android high-end 5 inci, dengan kualitas full HD. Bagaimana kemampuannya?


Desain

Dimensi: 141.8 x 68.8 x 8.9 mm, 165 gram; port audio 3.5 mm; tombol power/lock, pengatur volume suara, speaker; lubang mic; port microUSB, full unibody.
Sepertinya Oppo menghabiskan banyak waktu dalam mendasain produknya yang satu ini. Karena secara desain ponsel ini memang terbilang sangat elegan dan premium. Bukan hanya layarnya yang mumpuni, ponsel ini juga membenamkan kombinasi bezel yang terbilang tipis yakni hanya 3.25mm.  Di desain unibody, Find 5 lebih mirip seperti ponsel Xperia besutan Sony.
 

Body Oppo Find 5 1

Body Oppo Find 5 7

Diatas layar Find 5 terdapat LED yang menyala guna memberikan notifikasi pengguna juga ada telpon masuk, sms atau lainnya. Pada bagian bawah layar, oppo memasang tiga tombol sentuh (menu, home dan back). Seperti trend smartphone jaman sekarang, untuk menyisipkan SIM Oppo menyediakan slot pada dibagian luar, oleh karenanya Anda harus menggunakan SIM card eject pin untuk memasang atau melepaskannya, yang sudah disertakan dalam paket penjualan.

 

Body Oppo Find 5 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Body Oppo Find 5 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Body Oppo Find 5 5 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Sedangkan dibagian belakang Find 5 menggunakan plastik matte yang melengkung sehingga terasa ergonomis dan mengikuti kontur telapak pergelangan tangan pengguna, sehingga nyaman saat digenggam.

Pada bagian atas terdapat port 3,5 mm, di sisi kanan Oppo menempatkan tombol volume rocker dan slot sim card. Sedangkan pada sisi sebalinya terdapat dan tombol unlock/ power. Dan dibagian bawah port microUSB dan lubang mic.


Layar

Layar sentuh IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna, 1080 x 1920 pixels, 5.0 inches (~441 ppi pixel density), Corning Gorilla Glass 2
Salah satu fitur yang diunggulkan pada Oppo Find 5 adalah pada layar, oleh karenanya mereka memasang kualitas layar yang memiliki kualitas sangat bagus. Adalah layar sentuh IPS dengan resolusi 1080p menjadi piliha  bagi Oppo untuk membedakan kenyamanan mata penggunanya. Layar ini mampu menghasilkan resolusi 1080x1920 piksel dengan kepadatan pixel 441ppi. Gunakan kualitas layar Full HD ponsel ini disebu-sebut sebagai smartphone pertama yang mengusung layar full HD.

 

Oppo Find 5 Display 1

Oppo Find 5 Display 2

Menggunakan layar seluas luas 5 inci, Find 5 juga sudah dilapisi dengan lapisan pelindung Gorilla Glass 2 dengan begitu pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakannya.  Dengan jenis dan kualitas yang dimilikinya, layar Find 5 memiliki kualitas layar yang sangat tajam dengan kontras yang baik. Memiliki sudut penglihatan yang luas, performanya dibawah terik sinar matahari juga tidak jelek. Apalagi memiliki kemampuan input multisentuh hingga 10 jari, sehingga respon yang disuguhkan terbilang responsif.


OS dan UI

Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean), Go Launcher
Sebagai smartphone Android Oppo Find berjalan diatas platform Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean). Tidak hanya itu Oppo juga menyematkan dua buah launcher masing-masing Oppo launcher dam Go Launcher.
Di halaman menu, Oppo Find menampilkan ikon dalam frame kotak.

 

Oppo Find 5 OS

Masuk dalam menu setting, Find 5 terbilang berbeda dengan smartphone Android lainnya. karena ia menampilkan  4 tab setting yang terdiri dari setting general, sound, display dan personal. Pada tab general, Anda akan menemukan pengaturan jaringan, input & bahasa serta sistem. Sedangkan pengaturan suara dapat Anda lakukan pada tab sound. Untuk pengaturan layar pengguna tinggal masuk ke tab display. Terakhir adalah tab personal yang berisi beragam setting keamanan ponsel termasuk pengaturan layanan backup dan reset.

Oppo Find 5 Launcher

Oppo Find 5 Lockscreen

Oppo Find 5 Homescreen 1

Oppo Find 5 Homescreen 2

Oppo Find 5 Homescreen 3

Oppo Find 5 Menu 1

Oppo Find 5 Menu 2


Hardware

Prosesor Quad-core 1.5 GHz Krait, Qualcomm APQ8064 Snapdragon chipset, Adreno 320 GPU, RAM: 2GB, Internal Storage: 16GB, baterai Li-Ion 2500 mAh
Oppo Find 5 didukung oleh prosesor quad-core berkecepatan 1.5GHz krait dari Qualcomm APQ8064, GPU CPU Adreno 320 dan RAM sebesar 2GB. Namun, sayangnya ia hanya dibekali dengan memori internal 16GB dimana secara efektif pengguna hanya dapat menggunakan 10GB saja, itupun tidak ada slot kartu microSD sehingga pengguna tidak dapat menambahkannya lagi.

Oppo Find 5 Hardware 1

Oppo Find 5 Hardware 2

Oppo Find 5 Hardware 3

Hasilnya saat diuji dengan menggunakan Antutu Oppo Find 5 mampu mendapatkan skor 20964. sementara angka yang didapat dari Quadrant Standard adalah sebesar 7492. Dari grafik Antutu, performa Find 5 berada diatas Nexus 4. Sedangkan saat menggunakan aplikasi Quadrant Standard, performa Find 5 berada pada peringkat teratas.

Oppo Find 5 Benchmark Antutu

Oppo Find 5 Benchmark Quadrant

Perbandingan Skor Benchmark Oppo Find 5 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Sementara untuk memenuhi kebutuhan daya yang besar, Oppo menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 2500mAh yang sidah tertanam didalamnya.


Kamera

Kamera Belakang: 13 MP, 4128x3096 pixels, autofocus, LED flash; Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR; Kamera Depan: 1.9MP; Video: 1080p@30fps, HDR
Masuk dikelas premium, Oppo Find punya kualitas fitur kamera yang terbaik saat ini yakni 13MP pada kamera belakang. Dengan memakai sensor berdiagonal 1/3.06” dan aperture f/2.2. Untuk membantu pencahayaan, kamera belakang juga dilengkapi dnegan dual LED flash. Tidak hanya itu didalamnya juga terdapat beragam setting seperti geo tagging, touch focus, face detection dan yang lainnya. Sedangkan pada kamera depan ia dibekali dengan kamera 1.9MP. Dan untuk memotret, Anda dapat memilih tombol virtual atau tombol volume.
 

Oppo Find 5 Kamera Mode 1

Oppo Find 5 Kamera Mode 3

Bahkan Oppo mengklaim bahwa Find 5 merupakan smartphone pertama di dunia dengan didukung perekaman video hardware HDR. Ponsel ini mampu merekam video pada 30fps dalam kualitas full HD. Jika Anda ingin mengambil gambar dengan kecepatan frame lebih tinggi, Anda dapat menggunakan resolusi 480p yang menawarkan kecepatan hingga 120 frame perdetik. Selain itu, kamera di bagian Find 5 dapat menangkap 100 foto pada 5 per detik menggunakan mode burst. Untuk mengambil gambar secara beruntun atau burst mode, Anda dapat menekan tahan tombol virtual yang disediakan.
 

Oppo Find 5 Foto Indoor Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Oppo Find 5 Foto Outdoor Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0


Fitur Unggulan

Notes, NearMe Reader, My Facebook, Quick Office, Recorder, Flashlight, Compass, NearMe Sync, Go Weather EX.
Oppo Find 5 juga memiliki fitur dan aplikasi yang terbilang lengkap, hal ini memang salah satu tujuan Oppo untuk hadirkan smartphone kelas atas. beberapa diantaranya adalah seperti Quick Office yang memungkinkan Anda untuk membuka dan mengedit dokumen.  Ada juga Notes yang berguna untuk membuat catatan, bahkan dengan aplikasi ini Anda juga dapat menggunakan pengenalan tulisan tangan.

Oppo Find 5 Nearme Reader

Oppo Find 5 Notes

Oppo Find 5 Quick Office

Oppo Find 5 World Time

Yang lainnya bagi Anda yang suka membaca membaca buku, terdapat NearMe reader yang secara otomatis mendeteksi ebook yang tersimpan pada memori ponsel. Aplikasi lain seperti compass, Flashlight dan Weather juga disematkan oleh Oppo untuk Find 5.


Internet dan Konektifitas

Quad band GSM(850/900/1800/1900); HSDPA 850 / 900 /  1900 / 2100 MHz; GPRS Up to 107 kbps, EDGE Up to 296 kbps, HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.8 Mbps; Wi-Fi 802.11 a/c/b/g/n, DLNA, Wi-Fi Display, Wi-Fi hotspot,  Bluetooth v4.0 with A2DP, NFC, microUSB (MHL) v2.0
Untuk fasilitas koneksi di Find 5 juga menghadirkan fitur koneksi yang lengkap. Smartphone ini menghadir dukungan koneksi Wi-Fi dan 3G HSDPA untuk menjelajah dunia maya. Dengan dukungan browser bawaan serta Chrome Mobile, Anda dapat menjelajah situs dalam mode mobile atau desktop. Browser bawaan Find 5 sanggup membuka 8 tab sekaligus.

 

Oppo Find 5 Browser 1

Oppo Find 5 Browser 2

Oppo juga menghadirkan pilihan transfer data lainnya seperti Bluetooth, DLNA, NFC serta kabel micro USB 2.0 yang mendukung MHL adapter. Dan khusus untuk NFC, dalam paket penjualan Find 5 telah disertakan NFC Tag yang dapat menjalankan secara otomatis beberapa tindakan berdasarkan 5 preset yang telah ada.
images/stories/pulsa-images/oppo-find-5_konektivitas.jpg


Multimedia

Audio: AAC, FLAC, M4A, MP3, WAV, WMA; Video: 3GP, FLV, MKV, MP4, WMV
Untuk fitur multimedia Oppo Find 5 sudah dilengkapi dengan Dolby Mobile demi menghadirkan kualitas suara yang menjanjikan. Didalamnya terdapar 4 setting yang bisa Anda atur meliputi surround sound, natural bass, treble enhancement dan equalizer. Selain Dolby Mobile, Oppo juga bekerjasama dengan Dirac HD yang menghadirkan teknologi suara digital yang diadopsi pula oleh produsen mobil ternama BMW.

Oppo Find 5 Multimedia 1

Oppo Find 5 Multimedia 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Oppo Find 5 Multimedia Settings 1

Sedangkan fitur pemutar video, Anda dapat menonton video dengan resolusi Full HD dalam beragam format.  Efek Dolby mobile dan Dirac HD juga turut disematkan dalam video playernya. Perbedaan utama terletak pada equalizernya dimana Anda dapat memilih efek suara berdasarkan jenis video yang Anda tonton seperti sport, movie, music video dan sebagainya.

Satu lagi fitur yang tak boleh Anda lewatkan adalah keberadaan video pop up, yang memungkinkan Anda menonton video dalam jendela kecil yang dapat digeser-geser, seperti fitur yang dimiliki pada perangkat Samsung atau LG meski tidak dapat diubah ukurannnya.


Kelebihan
• Layar 5 inci full HD
• 1.5GHz Quadcore Processor
• RAM 2GB
• Kamera 13MP
• Dolby Mobile Sound Enhancement
• Desain tipis

Kekurangan
• Tanpa Slot MicroSD
• Tanpa LTE
• Minim Fitur Unggulan

Kesimpulan
Dilihat dari desain dan fitur-fitur yang dimilikinya Oppo Find 5 tentunya merupakan produk yang menarik. Dengan layar 5 inci FullHD, Fitur kamera yang mumpuni serta kapasitas hardware yang terbilang luar biasa. Meski awalnya hanya dijual untuk wilayah Cina, namun keputusan Oppo untuk memasarkannya hingga keluar Cina patut untuk diacungi jempol. Dengan harganya yang terbilang murah dari smartphone dikelasnya, Oppo Find akan bisa kompetitif dengan produk global lainnya. (@ilham_putranto)
{ponsel}3436{/ponsel}

Rate this item
(1 Vote)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 22:40
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments