Review: Samsung Galaxy Fame (GT-S6810) Body Galaxy S III Mini, Layar Kurang Mumpuni

  • Monday, 06 May 2013 16:34
  • Published in Review
  • Read 93244 times

Tidak hanya penuhi pasar premium dan menengah, Samsung juga mengunci segmen entry level dengan produk barunya bertajuk Galaxy Fame. Diposisikan sebagai smartphone kelas pemula  Fame tampil dengan bodi mirip Galaxy S III, tapi bagaimana Fitur dan kemampuannya?


Desain

Dimensi: 113.2 x 61.6 x 11.6 mm, 120.6 gram; full touchscreen; material plastik; port audio jack 3.5mm; tombol power/lock; port microUSB, lubang mic; volume rocker (sekeliling ponsel dari sisi atas)
Seperti yang sudah disebutkan diatas, Galaxy Fame memiliki bentukan yang persis sama seperti Samsung  Galaxy SIII Mini, namun berukuran yang sedikit lebih kecil dan lebih tebal 1 cm dan membentuk membulat pada bagian belakang.

Body Galaxy Fame 1

Body Galaxy Fame 5

Tidak hanya bodinya mirip, Komposisi tombol dan port yang dimilikinya pun identik, seperti tombol power/lock yang diletakkan di sisi kanan ponsel dan tombol pengatur volume suara di sisi berlawanan, juga port audio 3.5mm di sisi atas serta port USB di sisi sebaliknya.

 

Body Galaxy Fame 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Body Galaxy Fame 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Body Galaxy Fame 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Body Galaxy Fame 6 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Kecuali pada penempatan kamera sekunder yang berada di sebelah kanan yang ditemani dengan sensor. Dan pada penempatan lampu flash yang disematkan disamping kamera, tidak seperti pada Galaxy S III Mini yang berada dibawah lensa kamera.


Display

Layar sentuh TFT kapasitif, 256 ribu warna, 320 x 480 pixels, 3.5 inches (~165 ppi pixel density), multi touch
Berada dikelas pemula memang membuat Fame mendapatkan spesifikasi yang terbilang standart. Seperti pada layarnya yang hanya memiliki kualitas 256 ribu warna saja. Alhasil representasi warna yang disajikan ponsel ini cukup mengecewakan dalam menampilkan interface.

 

Galaxy Fame Display 1

Galaxy Fame Display 2

Galaxy Fame Display 3

Galaxy Fame Display 4

Tidak hanya itu Fame juga tidak memiliki viewing angle yang luas sehingga ketika ponsel dimiringkan pada sudut tertentu, tulisan yang tertampil tidak terbaca, dan seperti memburam.

Visibilitas layar ketika dibawah pancaran sinar matahari pun buruk, namun hal ini bisa diakali dengan menyetel kecerahan layar ke tingkat tertinggi secara manual, melalui menu settings.


OS dan UI

Android OS, Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean), Touch WIZ UI
Datang sebagai smartphone Android baru, Fame termasuk ponsel yang beruntung karena ponsel entry level ini sudah mendapatkan dibekali Android versi teranyar plus interface khas samsung TouchWIZ UI.

 

Galaxy Fame OS

Pada halaman lockscreen, ponsel ini menampilkan 3 buah ikon memanjang untuk menuju fitur atau aplikasi tertentu yang bisa dipersonalisasi beserta informasi waktu dan tanggal.

 

Galaxy Fame Lockscreen

Sedangkan pada halaman homescreen, Galaxy Fame terdiri dari 3 panel yang bisa ditambah hingga maksimal 7 buah.

 

Galaxy Fame Homescreen 1

Galaxy Fame Homescreen 2

Galaxy Fame Homescreen 3

Galaxy Fame Homescreen 4

Dilengkapi dengan tombol home, Fame juga mampu menangani aplikasi secara multitasking. Caranya tinggal menahan agak lama tombol home, sampai muncul beberapa aplikasi yang terbuka pada saat itu. Dari sini pengguna juga bisa mengakses fitur task manager bawaan dan Google Now melalui ikon di area bawah layar.

 

Galaxy Fame Menu 1

Galaxy Fame Menu 2


Motion

Menariknya Fame mehadirkan UI yang mampu memanfaatkan fitur gesture motion, yang diantaranya memungkinkan pengguna mengupdate informasi tersaji pada layar seperti misalnya ketika menyajikan informasi cuaca atau sedang memindai (scaning) perangkat Bluetooth lain.

 

Galaxy Fame Motion 1

Galaxy Fame Motion 2

Fungsi motion lain yang dimiliki adalah untuk menghentikan sementara (pause) musik yang sedang diputar atau menghilangkan dering ponsel ketika ada panggilan masuk tanpa menolak panggilan (mute) pengguna cukup membalik posisi menjadi menelungkup.
Pengaturan motion bisa diakses melalui menu Setting> Motion.


Hardware

Prosesor Cortex A9 1GHz, Broadcom VideoCore IV HW GPU, 512 MB RAM, Internal: 4GB, external: microSD hingga 64GB, baterai Li-Ion 1300 mAh
Meski hanya memakai prosesor single core namun kecepatan yang dimilikinya sudah 1GHz. Ini merupakan poin plus untuk sebuah ponsel branded berbanderol harga dibawah 2 jutaan. apalagi jika bandingkan saja dengan para kompetitor dikisaran harga sama seperti Xperia Miro, Desire C dan Optimus L5 yang kesemuanya memiliki clock speed prosesor dikisaran angka 600-800MHz saja.

 

Galaxy Fame Hardware 1

Galaxy Fame Hardware 6

Dilengkapi dengan memori 4GB pada memori internal, secara efektif pengguna bisa mengakses dan memanfaatkan sekitar 1.9GB untuk menyimpan berbagai data yang dimiliki.

Dengan kombinasi hardware kelas menegah ini sudah cukup mampu mengakomodasi Android Jelly Bean yang dijalankan tanpa tambahan aplikasi yang terlalu banyak.

Galaxy Fame Hardware 2

Galaxy Fame Hardware 3

Galaxy Fame Hardware 4

Galaxy Fame Hardware 5

Hal ini terbukti saat hasil pengujian benchmark Fame kami bandingkan dari para kompetitornya dikisaran harga yang sama. Fame telah terbukti mencetak skor tertinggi di kedua aplikasi tersebut dibandingkan dengan kompetitornya. Tak cuma itu, skor Fame bahkan hampir dua kali lebih besar dari rata-rata nilai yang didapat kompetitornya.

Galaxy Fame Benchmark Antutu

Galaxy Fame Benchmark Quadrant


Konektifitas dan Browser

GPRS, EDGE, HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct; Bluetooth v4.0 with A2DP; microUSB v2.0, USB Tethering, Portable hotspot; HTML, Adobe Flash
Untuk urusan koneksi meski berada dikasta terbawah, namun fame mampu menghadirkan kelengkapan yang luar biasa. Misalnya seperti koneksi data operator Fame yang sudah berjalan dijalur HSDPA dengan kecepatan maksimum mencapai 7.2Mbps. Selain itu ada lagi pilihan wifi.

Galaxy Fame Koneksi 1

Galaxy Fame Browser 2

Galaxy Fame Browser 1

Dan untuk koneksi transfer data, samsung sudah menyediakan USB tethering atau Bluetooth tethering untuk Galacy Fame.


Kamera

5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash; Geo-tagging, touch focus, face detection; Perekam video: VGA@25fps; kamera sekunder: VGA
Menggunakan resolusi yang cukup besar, Samsung juga melengkapi kamera Fame dengan fitur yang cukup lengkap. Seperti 4 pilihan shooting mode, 4 pilihan efek untuk digunakan berkreasi, 14 pilihan scene mode untuk disesuaikan dengan kondisi pencahayaan ketika pengambilan gambar, macro focus dan pengaturan standar lain seperti exposure value, resolusi, white balance, ISO, metering, dan kualitas gambar.

Galaxy Fame Kamera Mode 1

Galaxy Fame Kamera Mode 2

Galaxy Fame Kamera Mode 3

Hasilnya foto didalam ruang yang minim cahaya cukup baik. Apalagi pada kondisi outdor denga asupan pencahayaan yang cukup, kameranya mampu menghasilkan gambar yang terbilang jelas dan terang.

Hasil Kamera

Galaxy Fame Kamera Outdoor Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Galaxy Fame Kamera Indoor Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0


Kelebihan
• Harga murah dikelasnya
• Kinerja diatas kompetitor sekelasnya
• Desain ala Galaxy SIII Mini
• Banyak Fasilitas pada Fitur Kamera

Kekurangan
• Kualitas tampilan layar kurang bagus

Kesimpulan
Dengan harga yang kurang dari 2 juta, Samsung Galaxy Fame memberikan kelebihan pada beberapa fitur didalamnya. Selain memiliki body yang mirip dengan Galaxy S III Mini, Fame memiliki spesifikasi hardware yang lebih baik dikelasnya. Bahkan Fame menunjukkan kemampuan kinerjanya yang lebih baik dengan mencetak skor jauh lebih tinggi dari para kompetitor lain yang sekelas dengan harga yang tidak jauh berbeda. @ilham_putranto
{ponsel}3438D{/ponsel}

 

Rate this item
(22 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 22:36
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments