Review: Acer Liquid Z2 Duo (Z120), Bodi Pas Budget Terbatas

  • Wednesday, 08 May 2013 18:23
  • Published in Review
  • Read 85831 times

Serius menggarap smartphone dual SIM, Acer kembali rilis produk terbaru yakni Acer Liquid Z2 Duo yang merupakan penerus dari Liquid Z110 yang hadir desember lalu. Hadir sebagai smartphone murah untuk pengguna berbudget terbatas, Liquid Z2 Duo punya desain yang mungil sehingga pas dalam genggaman tangan.


Desain

Dimensi: 110 x 62.5 x 12.3 mm, 110 gram; full touchscreen; material plastik; tombol power/lock dan port audio jack 3.5mm; volume rocker; port microUSB; (sekeliling ponsel dari sisi atas) 3 tombol sentuh (back, home dan menu) di bawah layar
Sebagai suksesor bentuk Z2 memiliki dimensi yang nyaris identik dengan pendahulunya Z110. Yang membedakan antara keduanya adalah dari bentuk yang lebih membulat pada Z2 dan lebih berat.

Acer Z2 Body 1

Acer Z2 Body 5

Dari dimensi yang dimilikinya, smartphone ini terbilang mungkin dan pas dalam genggaman tangan. Dari bahan material plastik yang digunakannya jelas membuatnya masuk kedalam kelas entry-level, dan nampak standart dan membuatnya tidak istimewa dari segi desain.

Acer Z2 Body 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Acer Z2 Body 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Acer Z2 Body 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Dibagian muka, Acer menempatkan 3 tombol sentuh (back, home dan menu) dibawah layar. Tidak banyak tombol dan port yang terdapat pada Liquid Z2 Duo, karena Acer  hanya membenamkan tombol power/lock dan port audio jack 3.5mm terdapat pada bagian atas, tombol volume rocker berada disebelah kanan, sedangkan port microUSB ada disebelah bawah.


Display

Layar sentuh TFT kapasitif, 256 ribu warna, 320 x 480 piksel, 3.5 inches (~165 ppi pixel density), multi touch
Seperti pendahulunya , Liquid Z2 juga dibekali dengan panel layar yang terbilang standart, yakni hanya sebatas jenis TFT dengan kedalaman warna sebatas 256 ribu warna saja.

 

Acer Z2 Display 1

Acer Z2 Display 2

Acer Z2 Display 3

Dengan jenis layar ini tampilannya terbilang kurang mumpuni apalagi saat digunakan dibawah terik sinar matahari. Apalagi resolusi HVGA yang dimiliki juga terbilang masih batas bawah resolusi layar smartphone masa kini. Apalagi tingkat kerapatan piksel nampak renggang dengan layar seluas 3.5 inci, hal ini berdampak pada ketajaman layar ketika menampilkan objek yang kurang halus, dan semakin terlihat ketika yang ditampilkan memiliki pinggiran membulat atau berupa tulisan kecil.


OS dan UI

Android OS, v4.1.1 (Jelly Bean)
Jika sebelumnya Acer tertinggal karena menggunakan versi Ginger Bread bagi Liquid Z,  kali ini langkah Acer terbilang tepat karena sudah menghadirkan versi teranyar Jelly Bean.

Dengan platform ini Acer Liquid Z2 Duo memiliki tampilan lockscreen yang tersaji dengan mekanisme swipe untuk mengaktifkan layar, dan nampak animasi seperti pintu geser bersekat dalam prosesnya. Selain itu, homescreen dan app drawer tampak dalam sajian standar Jelly Bean. Yang menarik adalah kehadiran sebuah shortcut aplikasi bernama Quick Mode, pada panel utama homescreen.

 

Acer Z2 Homescreen 2

Acer Z2 Homescreen 3

Aplikasi ini akan menyederhanakan tampilan UI Liquid Z2, sehingga lebih mudah terlihat bagi mata yang sudah rabun dan juga memudahkan bagi pengguna ketika sedang menyetir kendaraan misalnya.

Acer Z2 Menu 1

Acer Z2 Menu 2

Acer Z2 Menu 3


Hardware

Prosesor 1GHz, MTK 6575M chipset; PowerVR SGX531 Ultra GPU, 512 MB RAM, Internal:4GB, external: microSD hingga 32GB, baterai Li-Ion 1300mAh
Dari segi hardware, dibanding pendahulunya, Acer tidak merubah banyak terhadap Liquid Z2. Mulai dari chipset, graphics processing unit ataupun kecepatan prosesor yang digunakan.

Yang membedakan hanyalan pada peningkatan kapasitas penyimpanan internal, dari sebelumnya yang hanya bisa digunakan sekitar 100 MB saja menjadi lebih dari 1GB pada Liquid Z2.

 

Acer Z2 Hardware 1

Acer Z2 Hardware 2

Acer Z2 Hardware 3

Saat ditest dengan menggunakan aplikasi Benchmarking Antutu, Liquid Z2 Duo mampu mencatat angka 5576. Dengan angka ini menempatkan produk ini kalah tipis dari pendahulunya yang kala di uji mendapat skor 5671.

Acer Z2 Benchmark Antutu

Acer Z2 Benchmark Quadrant

Namun beda hasilnya saat menggunakan aplikasi Quadrant Standard Edition yang memberi nilai 2640, Angka ini membuat Liquid Z2 yang sekaligus jauh mengungguli Liquid Z dengan nilai 1690


Dual SIM

Dual ON; Mini SIM; GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (SIM 1 & 2); HSDPA 900 / 2100 (SIM 1)
Menggunakan nama Duo pada embel-embel namanya, jelas bahwa ponsel ini memiliki kemampuan dual SIM.

Dengan teknologi yang dimilikinya, sehingga Acer Liquid Z2 mampu mengakomodasi hal tersebut. Pengaturan fitur ini terdapat pada menu Setting> SIM management. Pada pengaturan tersebut pengguna dapat menentukan SIM mana yang digunakan untuk menelpon, mengirim pesan SMS atau terhubung ke internet.

 

Acer Z2 Dual Sim 1

Acer Z2 Dual Sim 2

Seperti pendahulunya dan layaknya ponsel Android dengan fitur dual SIM, Liquid Z2 hanya mendukung sambungan 3G pada salah satu kartu yang digunakan.


Konektifitas dan Browser

GPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA, WLAN, Bluetooth, microUSB v2.0, USB Tethering, Portable hotspot; HTML browser
Meski masih dikelas bawah, namun Acer tidak main-main dalam ukursan pilihan konektifitas. Karena di Liquid Z2 Duo ini, Acer menempatkan koneksi yang terbilang maksimal. Untuk akses internet tersedia koneksi jaringan HSUPA dan HSDPA serta Wifi.

 

Acer Z2 Koneksi

Untuk menjelajah internet, pengguna diberikan keleluasaan untuk memilih salah satu dari 2 browser yang tersedia secara default. Mendampingi browser bawaan Android, browser Chrome yang juga besutan Google bisa diakses dari app drawer.

Kedua browser bisa dikatakan saling melengkapi dengan kehadiran fitur berbeda pada masing-masing browser. Browser Android misalnya memiliki fitur Save for offline reading yang memungkinkan  pengguna mengakses kembali halaman yang telah disimpan pada saat tidak terhubung ke jaringan internet.

Acer Z2 Browser 1

Acer Z2 Browser 2

Sementara Chromepunya fitur incognito tab untuk digunakan berinternet tanpa meninggalkan jejak seperti history, cookies, cache dan temporary file lainnya. Sedangkan untuk jalur koneksi nirkabel lainnya juga sudah tersedia semua. Plus Acer juga tidak lupa menyiapkan koneksi kabel data melalui port microUSB.


Kamera

5 MP, 2560x1920piksel; Geo-tagging; Perekam video; kamera sekunder: -
Siapkan kapasitas memori internal leng lebih besak, Acer juga meningkatkan resolusi tangkapan kamera Liquid Z2.

 

Acer Z2 Kamera 1

Acer Z2 Kamera 2

Acer Z2 Kamera 3

Apalagi dengan fitur yang ditawarkan juga lebih variatif dari Liquid Z, seperti multi angle shot, panorama, HDR, 7 pilihan efek warna, 14 pilihan scene mode, continuous shot.
Pengguna juga bisa menentukan pengaturan standar seperti ISO, white balance, kontras, kecerahan, saturasi, ketajaman, hue dan exposure value.

Acer Z2 Outdoor Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Acer Z2 Indoor 4 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Meski hasil jepretan kamera Liquid Z2 tidak bisa dibilang bagus, apalagi dalam kondisi pencahayaan redup atau dalam ruangan. Tampak noise yang cukup mengganggu. Namun bukan hal yang terlalu mengecewakan karena banderol harga ponsel ini juga terbilang murah.


Kelebihan
• Dual SIM
• Android Jelly Bean
• Kamera 5MP

 

Kekurangan
• Tanpa kamera depan
• Kinerja standar

Kesimpulan
Sebagai suksesor produk pendahulu, Z2 terbilang sukses dalam menghadirkan fitur yang lebih baik. apalagi peningkatan fitur tersebut adalah sektor yang paling krusial untuk sebuah smartphone. Sebut saja  kamera yang mengalami peningkatan resolusi maksimal hasil foto, kapasitas penyimpanan internal yang meningkat secara signifikan dan versi Android yang lebih baru. Dengan begitu pengguna akan mendapatkan produk baru dengan fitur yang lebih mumpuni.
@ilham_putranto
3434

Rate this item
(6 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 22:32
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments