Review: Oppo Find Way (U7015) Desain Unibody, Kamera Depan 5MP

Menyusul Find 5 dan Find Piano, Oppo kembali  hadirkan Oppo Find Way. Jika sebelumnya Find 5 bermain di kelas hi-end dan Find Piano hadir bagi pengguna pemula (entry level) maka Find Way adalah produk dikelas menengah. Apa saja kelebihannya?

Desain

Dimensi: 127x63.7x8.95mm; full touchscreen; material plastik; port audio 3.5 mm; volume rocker; lubang mic, port microUSB; , tombol power/lock (sekeliling ponsel dari sisi atas).
Tidak ingin produknya dicap memiliki kualitas rendah, vendor asal negeri tirai bambu ini menghadirkan desain unibody meski masih menggunakan material plastik pada seri Oppo Find Way.

Body Oppo Find Way 1

Body Oppo Find Way 7

Tidak hanya itu Find Way juga memiliki ergonomis yang membuatnya nyaman digenggam. Selain itu sang desainer Oppo Find juga terbilang cerdik untuk menyembunyikan port SIM Card.  

Karena Port tersebut tersembunyi di balik bagian mirip logam pada sisi atas ponsel yang bisa dibuka dengan cara menusukkan SIM eject tool yang tersedia pada paket penjualan. Seperti yang sekarang sering digunakan pada beberapa smartphone.

 

Body Oppo Find Way 2

Body Oppo Find Way 3

Body Oppo Find Way 4

Body Oppo Find Way 5

Body Oppo Find Way 6

Body Oppo Find Way 8

Body Oppo Find Way 9

Body Oppo Find Way

Oppo menempatkan port audio 3.5 mm dibagian atas, lalu tombol volume rocker berada disebelah kanan, sedangkan lubang mic dan port microUSB berada dibagian bawah dan terakhir tombol power/lock ada sebelah kiri


Display


Layar sentuh TFT LCD kapasitif, 16 juta warna, 540 x 960 pixels, 4.5 inches (~245 ppi pixel density), multi touch, OGS Crafts
Layar seluas 4.5 inci yang dimilikinya harus rela dikorbankan dengan sedikit memajang layar untuk mengakomodasi 3 tombol virtual, menggantikan tombol kapasitif yang biasanya terletak di area margin bawah layar.

 

Oppo Findway Display 1

Oppo Findway Display 2

Oppo Findway Display 3

Oppo mengaplikasikan sebuah teknologi menarik pada Find Way bernama One Glass Solution. Teknologi ini merupakan sebuah panel sentuh (touchscreen) dan bagian pelindung layar yang biasanya merupakan 2 bagian berbeda, terintegrasi menjadi satu.

Keunggulan teknologi ini sendiri dipakai untuk membuat produk menjadi lebih ringan dan lebih tipis, meski perbedaan sebenarnya tidak signifikan mengingat panel sentuh memang biasanya tipis.


Sistem Operasi dan UI

Android OS, v4.1.1 (Jelly Bean)
Find Way di bekali Android versi Jelly Bean, yang dibalut dengan UI yang dibekali banyak personalisasi.
Secara default, lockscreen tersaji dengan tampilan peta, lengkap dengan ikon pesawat dan shortcut yang diwakili dengan titik semacam checkpoint. Untuk membuka kunci atau langsung menuju aplikasi tertentu pengguna tinggal mengarahkan ikon pesawat ke shortcut yang diinginkan.

 

Oppo Findway OS

Masuk ke homescreen dan menu utama (app drawer) ikon aplikasi disajikan dengan gaya tersendiri berbeda dari ikon standar Jellybean.

Oppo Findway Interface 4

Oppo Findway Interface 1

Oppo Findway Interface 2

Oppo Findway Interface 3

Tak sampai disitu, modifikasi yang dilakukan Oppo pada tampilan Android Find Way ternyata cukup mendalam. Hal ini terlihat pada menu settings (pengaturan), dimana tidak seperti Android pada umumnya yang menyajikan seluruh pilihan pengaturan dalam bentuk daftar (list) yang memanjang ke bawah, ponsel ini membagi pilihan pengaturan ke dalam 4 tab utama yaitu general, sound, display dan security.

 

Oppo Findway Interface 5

Oppo Findway Interface 6

Oppo Findway Interface 7

Oppo Findway Interface 8


Hardware & Benchmark

Prosesor Dual-core 1.2 GHz, MTK 6577 chipset, PowerVR SGX531 GPU;1 GB RAM, 16GB ROM, external: - , baterai Li-Ion 2020 mAh
Spesifikasi yang dimilikinya cukup menggiurkan, mengingat harganya yang hanya 3 jutaan. Namun Oppo harus waspada, karena produk kompetitor Lenovo S890 juga menawarkan spesifikasi mirip dengan banderol harga lebih murah.

 

Oppo Findway Hardware 1

Oppo Findway Hardware 2

Dibandingkan dengan S890, ponsel ini unggul dalam hal kapasitas memori internal yang 400% lebih besar, namun di sisi lain Lenovo juga sudah dilengkapi kapabilitas penambahan memori eksternal, yang tidak ada pada Oppo Find Way.

 

Oppo Findway Hardware 3

Oppo Findway Hardware 4

Setelah dilakukan pengetesan PULSA Online dengan benchmark, Find Way berhasil unggul dibandingkan Lenovo S890, pesaing terdekat, dengan mencetak masing 7271 pada Antutu dan 3297 ketika menggunakan Quadrant. Berikut perbandingan lengkap hasil benchmark ponsel ini dengan Lenovo S890 dan kompetitor di kisaran harga yang sama.

 

Oppo Findway Benchmark Antutu

Oppo Findway Benchmark Quadrant


Konektifitas & browser

GSM/WCDMA(3G); 850/900/1800/1900MHz; GPRS, EDGE, HSDPA, HSUPA, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot,  Bluetooth, microUSB v2.0
Ponsel ini dibekali alternatif konektifitas yang beragam dan tergolong lengkap. Untuk koneksi data pengguna bisa mengandalkan sambungan operator ataupun wifi sesuai kebutuhan dan ketersediaan.

 

Oppo Findway Koneksi 1

Oppo Findway Koneksi 2

Modifikasi UI juga terlihat pada browser bawaan Find Way. Browser ponsel ini menempatkan 5 tombol kontrol virtual di area bawah jendela yang menyajikan tampilan situs.

Oppo Findway Browser 1

Oppo Findway Browser 2

Masing-masing berfungsi untuk kembali ke halaman yang dikunjungi sebelumnya (back), menuju ke halaman berikutnya (forward), ke tampilan utama browser (home), mengakses tampilan multi tab, dan menuju ke pengaturan lainnya.


Kamera

8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection; kamera sekunder: 5MP; Perekam video: Yes, 720p
Di sektor kamera Find Way memiliki keunggulan tersendiri, sebab ponsel ini merupakan ponsel pertama di dunia yang dibekali kamera depan dengan resolusi mencapai 5MP. Sangat cocok bagi pengguna yang gemar bernarsis ria.

 

Oppo Findway Kamera 1

Oppo Findway Kamera 2

Oppo Findway Kamera 3

Didukung juga dengan kehadiran sejumlah fitur terutama mode Beauty Plus yang akan menyesuaikan sejumlah pengaturan sehingga kulit wajah objek terlihat lebih halus.

Selain itu ada pula mode rewind yang bekerja persis seperti fitur time shift pada kamera BlackBerry Z10. Bagi Anda yang belum tahu, mode ini akan menangkap beberapa momen sesaat sebelum dan sesudah tombol shutter ditekan sehingga pengguna setelahnya dapat memilih ekspresi wajah yang paling tepat atau diinginkan. Tak ada lagi berkedip ketika di foto.

Oppo Findway Kamera Indoor

Oppo Findway Kamera Outdoor


Kelebihan
• Desain unibody
• Versi Android terkini (Jelly bean)
• UI dengan pilihan personalisasi yang banyak
• Performa apik
• Kamera depan 5MP
• Fitur kamera menarik

Kekurangan
• Tanpa memori eksternal

Kesimpulan
Berdasarkan 3 produk pertamanya, Oppo memiliki potensi yang sangat besar dan bersinar pada persaingan smartphone di Indonesia. Jika Find 5 menjadi ponsel Cina pertama dengan layar full HD, Find Way juga tak kalah menarik perhatian dengan kehadiran kamera sekunder berresolusi 5MP miliknya. Ponsel ini juga memiliki UI dengan banyak personifikasi dan memiliki kemampuan performa yang cukup baik.  
Penulis: Anwar Aburizal
@yuanzroc

{ponsel}3445{/ponsel}

Rate this item
(2 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 22:14
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS