Review: IMO Miracle S89, Prosesor Quadcore Kamera 8 MP

IMO menambah produk portofolionya di pasar ponsel Indonesia, dengan memasarkan salah satu produk andalannya, yakni IMO Miracle S89. Dirumorkan sebelumnya IMO Miracle S89 akan dilengkapi dengan prosesor dualcore, IMO malah memasang prosesor berinti empat (quad-core). 

Tidak hanya itu smartphone yang dibekali kamera 8MP ini juga dibanderol dengan harga dibawah Rp 2Juta-an. Bagaimana kemampuannya? Mari kita simak reviewnya berikut ini.


Desain

Dimensi: 132 x 68 x 10.8 mm; 158 gram; full touchscreen; material plastik; port audio 3.5 mm, tombol power/lock, port microUSB; -; lubang mic; volume rocker (sekeliling ponsel dari sisi atas). 3 tombol kapasitif di bawah layar (menu, home dan back)

Secara desain IMO Miracle S89 tidak dihiasi aksen berlebihan dan tidak menggunakan warna yang terkesan norak. Miracle memiliki desain membulat di sudut-sudutnya dengan finishing berwarna doff pada back cover, yang memberikan kesan berkelas dan relatif lebih kesat sehingga mantap digenggaman.

Bodi Imo Miricle S89

Bodi Imo Miricle S89 2

Bodi IMO Miracle S89 1

Bodi IMO Miracle S89 3

Bodi IMO Miracle S89 4

Tidak manggunakan desain unibody, slot kartu SIM dan kartu memori microSD tersimpan dibalik back cover.  Sehingga untuk memindahkan kartu SIM pengguna harus terlebih dahulu melepaskan baterai.

Bodi IMO Miracle S89 6

Bodi IMO Miracle S89 5

Bodi IMO Miracle S89 8

IMO menempatkan port audio 3.5 mm pada bagian atas, tombol power/lock dan port microUSB disebelah kanan, lubang mic dibawah  dan tombol volume rocker disebelah kiri. Dan dibagian depan terpampang 3 tombol kapasitif di bawah layar (menu, home dan back).


Display

Layar sentuh IPS LCD kapasitif, 16 juta warna, 540 x 960 pixels, 4.5 inches, multi touch

Dengan resolusi layar sama namun dimensi yang lebih kecil dibandingkan pesaingnya yaitu K Touch Lotus II, Miracle mempunyai tingkat kerapatan piksel yang lebih baik, sehingga setiap objek grafis yang ditampilkan tampak lebih tajam.

Display Imo Miracle S89 1

Display Imo Miracle S89 2

Display Imo Miracle S89 3

Ponsel ini mendukung multi touch hingga 5 sentuhan jari dalam waktu bersamaan. Dengan IPS panel khas pabrikan Korea LG, dikenal memiliki karakteristik viewing angle yang luas dan kualitas reproduksi warna yang baik.


OS dan Interface

Android OS, v4.2 (Jelly Bean)

Miracle dibekali dengan OS Android JellyBean versi baru (4.2). Pada versi ini Android memiliki tambahan fitur diantaranya Day Dream, yang memungkinkan ponsel menyajikan informasi berguna seperti jam  atau tampilan foto animatif ketika ponsel di charge atu dipasangkan ke docking (namun Miracle tidak memiliki docking khusus).

Display Imo Miracle S89 5

Pengguna juga bisa menempatkan widget langsung pada lockscreen. Tak hanya itu, lockscreen pun terdiri dari beberapa panel seperti halnya yang awam ditemukan pada homescreen di versi-versi sebelumnya.

Seperti pada smartphone Android lainnya notification tray juga bisa ditarik dengan melakukan swipe dari atas layar ke bawah. Di bagian ini notifikasi yang muncul kini disertai dengan pilihan untuk melakukan tindakan yang berhubungan dengan notifikasi tersebut. Misalnya pengguna mendapati notifikasi panggilan tak terjawab (missed call) maka akan tersedia pilihan untuk menelepon nomor tersebut atau mengirimkannya pesan.

 


Hardware

Prosesor Quad-core 1.2 GHz, MTK 6589 chipset, OpenGL ES 2.0 (PowerVR SGX 544MP) GPU; 1GB RAM, Internal Storage: 4GB, external: microSD, up to 32 GB , baterai Li-Ion 2050 mAh

IMO memasang Chipset MTK 6589 prosesor Cortex A7 yang notabene merupakan penerus Cortex A5 (seperti pada MSM8225Q milik Lotus II) yang diklaim memiliki performa lebih baik dan lebih hemat daya dari pendahulunya.

Hardware IMO Miracle S89 3

Hardware IMO Miracle S89 4

Secara sederhana, meski sama-sama Quadcore dan memiliki clockspeed yang sama seperti Lotus II, namun kualitas hardware Miracle relatif lebih baik.
Dari 4GB ROM yang dimiliki, dibagi dalam 1.4GB internal storage dan 1.2GB phone storage, sedang sisanya untuk sistem dan aplikasi bawaan.
Ketika diuji menggunakan aplikasi benchmark, Miracle mendapatkan skor 3969 pada aplikasi Quadrant dan 13518 pada Antutu.

 

Hardware IMO Miracle S89 1

Hardware IMO Miracle S89 2

Skor tersebut membawa Miracle bersaing ketat bahkan lebih baik dari jajaran Android quadcore angkatan 2012 seperti Galaxy S III, Optimus G, One X dan lainnya yang hingga saat ini pun harga jualnya berkisar di angka 5-6 juta rupiah.

 

Perbandingan Bencmark IMO Miracle S89 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

 


Konektifitas dan Browser

Dual SIM (Mini-SIM); Dual SIM GSM, 2G: GSM/GPRS/EDGE, 900/1800 MHz, 3G: WCDMA 2100 MHz, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth dengan A2DP, Bluetooth, microUSB v2.0

Untuk pilihan konektifitas ponsel ini dilengkapi dengan fitur koneksi yang cukup lengkap. Seperti sambungan data operator ponsel ini telah dapat digunakan untuk berjalan pada jalur data 3G, sedang ketika dibutuhkan pengguna juga bisa mengandalkan sambungan ke jaringan wifi.

Konektifitas IMO Miracle S89 4

Konektifitas IMO Miracle S89 3

Konektifitas IMO Miracle S89 2

Untuk urusan browsing, selain browser bawaan Android Miracle juga dibekali sebuah aplikasi browser pre loaded yaitu One Browser.

One Browser memiliki tampilan yang relatif lebih atraktif dari browser bawaan Android, dengan tile (kotak-kotak) shortcut ke  beberapa situs favorit.
One Browser juga fitur menarik seperti mode fullscreen dan fitur page capture. Sesuai namanya, page capture memungkinkan pengguna untuk menyimpan tampilan halaman situs dalam bentuk file gambar.

 

Konektifitas IMO Miracle S89 2 1

Konektifitas IMO Miracle S89 1

Tersedia pilihan untuk menyimpan halaman situs dalam bagian tertentu, sesuai dengan tampilan pada layar atau seluruh bagian halaman situs.


Kamera

8 MP, LED flash; kamera sekunder : 3MP ; Perekam video

Terdapat 4 mode utama pada UI kamera Miracle yang di letakkan disisi berseberangan dengan tombol shutter virtual.
Mode tersebut adalah normal, HDR, beauty face dan panorama.

Kamera IMO Miracle S89 1

Kamera IMO Miracle S89 2

Tombol shutter virtual dirangkai dengan tombol perekam video. Artinya, pengguna tidak lagi harus berpindah mode antar kamera foto dan perekam video.

 

Kamera IMO Miracle S89 3

Kamera IMO Miracle S89 4

Yang menarik, Miracle bahkan membuat pengguna dapat merekam video sambil memotret dalam waktu bersamaan.
Miracle juga punya fitur continuous shot hingga 99 gambar sekali menekan shutter.

Selain itu tersedia 14 pilihan scene mode dan 7 efek warna.


Hasil Kamera

Hasil Foto Imo Miracle S89 2

Hasil Foto Imo Miracle S89 3

Indoor

Hasil Foto Imo Miracle S89 4

Hasil Foto Imo Miracle S89 6

Outdoor


Kelebihan

•    Android Jelly Bean 4.2
•    Gunakan Prosesor Quad core Cortex A7
•    Harga Relatif Murah
•    Performa bagus


Kekurangan

•    Memori internal relatif kecil


Kesimpulan
Dengan banderol yang tidak mencapai angka 2 juta rupiah, IMO Miracle S89 cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, untuk ponsel Quadcore yang dirilis tahun lalu saja harga yang ditawarkan masih berkisar di angka 5 hingga 6 juta rupiah. Yang menarik, bukan sekedar Quadcore, dari hasil pengujian benchmark yang PULSA lakukan dan bandingkan dengan hasil dari ponsel lain yang pernah kami uji ponsel ini menawarkan kinerja yang tak kalah dari Galaxy SIII, Optimus G, One X dan seangkatannya.

Anwar Aburizal
@yuanzroc

Rate this item
(42 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 21:57
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments