Kelebihan dan Kekurangan BlackBerry CDMA

Apa sih kelebihan serta kekurangan BB CDMA? Tolong dibantu ya, makasih.

Ajiptama
ajiepratama99[@]gmail.com


Dear Ajie,
Pada dasarnya baik BlackBerry CDMA maupun BlackBerry GSM tidak ada perbedaan yang berarti, kecuali dukungan network untuk layanan BIS (BlackBerry Internet Service)-nya. Ya, di sini tentu saja BlackBerry CDMA bekerja di jaringan operator CDMA (Esia, Smartfren), dan BlackBerry GSM berjalan di jaringan milik operator GSM (Telkomsel, XL, Axis, Three, Indosat).

Tapi, untuk harga jualnya di pasaran cenderung murah BlackBerry CDMA, dikarenakan ponsel ini biasanya hadir dengan paketan bundling operator. Jadi sudah mendapat subsidi dari operator bersangkutan. Hanya saja, biasanya BlackBerry ini sistem nomor kartunya dikunci (locked), khusus untuk digunakan layanan operator pem-bundling. Jadi, tak bisa dipakai untuk kartu CDMA lainnya. Dan juga, biasanya model kartunya inject, alias nomor tanam, bukan model SIM card biasa.

Untuk ukuran kekuatan jaringan, memang sih coverage GSM jauh lebih luas dibanding CDMA, khususnya operator GSM yang sudah lama dan memiliki banyak pelanggan. Namun, kemampuan datanya bisa dibilang hampir setara. Bila GSM punya 3G/HSDPA maka di CDMA ada EV-DO. Bahkan, di Smartfren sudah level EV-DE Rev.b, sebagai kelanjutan Rev. A, dengan kecepatan akses yang lebih handal.

Perangkat/device yang dipakai di BlackBerry CDMA pun sejatinya tak jauh beda, baik disain maupun dukungan fiturnya. Misal, BlackBerry Gemini 8520 (versi GSM) memilik saudara kembar dalam varian CDMA, yakni BlackBerry Aries 8530.

Jadi intinya tak ada perbedaan yang signifikan, kecuali masalah coverage jaringan, yang harus disesuaikan dengan kondisi daerah tempat Anda tinggal. Apakah di daerah Anda coverage GSM lebih bagus, atau kah CDMA-nya yang lebih powerfull? Tinggal pilih!

 

Rate this item
(7 votes)
  • Last modified on Friday, 22 November 2013 18:45
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS