BlackBerry Device Analyzer, Diagnosa Sendiri Penyakit BB Anda

Prev
Next »

GoogleGoogle

Smartphone seperti BlackBerry sebagai perangkat canggih dengan teknologi tinggi tentu turut berperan penting pada beberapa sektor kehidupan Anda seperti misalnya bisnis ataupun kehidupan sosial. Kecanggihannya pula lah yang tak jarang memaksa Anda mengeluarkan biaya cukup besar untuk memperbaikinya ketika terjadi kerusakan.

Hal tersebut akan semakin parah jika Anda sebagai pengguna sama sekali “buta” akan masalah yang dialami perangkat BlackBerry Anda, karena bisa saja “sang dokter” yang menyembuhkan “penyakit” si BlackBerry tidak jujur demi melipatgandakan biaya servis yang harus Anda keluarkan.

Jadi tidak ada salahnya jika Anda setidaknya menambahkan pengetahuan tentang perangkat kesayangan Anda tersebut.

Beruntung di versi terbarunya, BlackBerry OS 7.1 menambahkan sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk semacam mendiagnosa smartphone BlackBerry Anda ketika ditemukan masalah yang sifatnya umum. Fitur ini bernama BlackBerry Device Analyzer.

1. BlackBerry Device Analyzer bisa ditemukan pada menu Options>Device>Advanced System Settings> BlackBerry Device Analyzer.

BlackBerry Device Analyzer 1

BlackBerry Device Analyzer 1 2

BlackBerry Device Analyzer 1 3

2. Atau Anda tentu saja dapat memanfaatkan fitur universal search dengan klik pada ikon kaca pembesar di bawah indikator sinyal. Kemudian ketikkan kata kunci Analyzer untuk memudahkan akses menuju fitur ini.

Blackberry Device Analyzer 2 1

Blackberry Device Analyzer 2 2

3. Pertama kali menggunakannnya Anda akan menemukan pop up semacam EULA (End User License Agreement) cukup scroll ke bagian bawah, kemudian klik “I Agree”  untuk bisa menggunakan fitur ini.

Blackberry Device Analyzer 3 1

Blackberry Device Analyzer 3 2

4. Layar akan menampilkan 6 kategori kasus berbeda untuk masalah yang berbeda pula.

Email 1 1

 

Email

5. Jika merasa ada masalah dengan email yang terhubung pada BlackBerry, seperti misalnya Anda tidak dapat menerima atau mengirim email menggunakan BlackBerry, Anda dapat memilih Internet Mail Account Issues dari pilihan utama BlackBerry Device Analyzer. Kemudian pilih Internet Mail Account Configuration Test.

Email 1 2

6. Tentukan akun email yang dirasa bermasalah dari daftar akun yang telah dihubungkan dengan BlackBerry Anda.

Email 2 1

Email 2 2

7. Klik Start. BlackBerry akan menjalankan sejumlah pengujian secara otomatis. Akan tertampil keterangan khusus ketiaka masalah ditemukan. Klik Next untuk melihat laporan, jika tidak ada masalah yang ditemukan Anda dapat klik Done untuk mengakhiri pengujian.

Baterai

Email 3 1

Email 3 2

Email 3 3

8. Untuk masalah yang sekiranya berhubungan dengan baterai, klik Battery Tests. Ada 3 pengujian untuk masalah yang umum ditemukan

Baterai 1 1

Baterai 1 2

9. Pengujian pertama adalah “Not Charging” dimana bisa dipilih jika Anda  menemukan bahwa pengisian daya ke baterai tidak berja lan meski telah menghubungkan BlackBerry ke ponsel.

Baterai 2 1

Baterai 2 2

Baterai 2 3

10. Pengujian berikutnya jika pengisian daya bateri berjalan lambat. Cukup pilih “Battery charging too slowly”, kemudian klik Start. BlackBerry akan memonitor baterai dan diagnosa akan diberikan setiap jam.

Baterai 3 1

Baterai 3 2

11. Sementara pengujian yang terakhir bisa dijalankan jika pengguna merasa daya baterai berkurang terlalu cepat. Sama seperti sebelumnya, pengguna cukup klik Start.

Prev
Next »
Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Friday, 06 December 2013 01:44
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments