Agar Ponsel WP Mudah Ditemukan

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menjaga atau memproteksi data penting yang ada di ponsel, supaya tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, dengan mengaktifkan sandi (password) atau Nomor Identifikasi Pribadi (PIN). Jadi, ketika ponsel Anda hilang atau dicuri, orang lain tidak bisa menggunakan telepon Anda (melakukan panggilan telepon, membaca surel Anda, dan sebagainya).

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara menemukan ponsel yang hilang? Bagi pemilik Windows Phone, sejatinya ada tips cukup ampuh yang dapat digunakan untuk mencari ponsel yang hilang karena terselip, lupa meletakan atau bahkan dicuri. Yakni, dengan memanfaatkan fitur “Find My Phone”.

Lewat fitur ini, Anda bisa memantau lokasi terakhir si ponsel yang hilang dengan bantuan peta digital yang dimiliki si ponsel. Tak hanya itu, fitur ini juga menyediakan fasilitas tambahan seperti menderingkan ponsel (Ring), mengunci telpon (Lock) serta menghapus data yang ada di ponsel (Erase). Semua fasilitas tersebut bisa dilakukan secara remote alias dari jarak jauh.

Lalu, bagaimana cara mengoperasikannya? Dan apa saja yang perlu disiapkan?

Nah, untuk Anda yang ingin berjaga-jaga, dan supaya bisa memanfaatkan fitur “Fine My Phone” yang ada di Windows Phone, ada beberapa langkah penting yang harus dipersiapkan lebih dulu.

Pertama. Jika fitur “Fine My Phone” di Windows Phone Anda belum diaktifkan (Connected), maka Anda harus mengaktifkannya. Masuk ke menu Settings, pilih tab System > Find My Phone, dan selanjutnya beri tanda centang di semua pilihan yang ada.

Find My Phone 1 0

Find My Phone 1 1

Kedua. Fitur “Find My Phone” ini terkoneksi langsung dengan data lokasi yang bersumber dari lokasi GPS atau BTS operator yang terdeteksi ponsel. Jadi, Anda perlu mengaktifkan menu “Location” di Windows Phone. Caranya, masuk ke menu Settings > Location > Location Services, pilih ‘On’.

Find My Phone 2 0

Find My Phone 2 1

Ketiga. Pastikan Anda mendaftarkan akun Windows Live di ponsel, yang nantinya akan terintegrasi langsung dengan semua data yang ada di Windows Phone seperti Email, kontak serta data lokasi.

Setelah melakukan tiga persiapan di atas dan jika ponsel Anda hilang, fitur “Find My Phone” sudah bisa dipakai untuk menemukan ponsel tersebut. Bagaimana caranya?

1. Dari PC/Komputer, buka link URL www.windowsphone.com di browser internet.

Find My Phone 3 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

2. Navigasikan kursor mouse Anda ke tab drop-down “Explore, My Phone” yang ada di pojok kanan atas tampilan browser, dan pilih “Sign in”.

Find My Phone 3 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

3. Log in menggunakan akun Microsoft/Windows Live yang sama dengan yang Anda gunakan di ponsel.

Find My Phone 3 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

4. Setelah terhubung, navigasikan kembali menu drop-down dan pilih “Find My Phone”, lalu ikuti petunjuk di kotak dialog (Anda hanya perlu melakukannya sekali—setelah itu, telepon Anda akan otomatis ditampilkan di peta saat Anda membuka tab “Find My Phone”).

Find My Phone 3 4 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Find My Phone 3 4 2 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Catatan:

a. Jika PC/Komputer Anda terhubung dengan printer, Anda bisa mencetak (print) lokasi telpon dengan mengklik “Print”.
b. Untuk memastika lokasi terbaru dari ponsel yang hilang, Anda bisa mengklik pilihan “Refresh”.
c. Jika Anda telah menggulirkan peta dan kehilangan jejak lokasi ponsel Anda di situ, klik “Center On Map”.

Find My Phone 3 4 3 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Untuk membuat ponsel berdering

1. Di tampilan fitur “Find My Phone”, pilih ‘Ring’.
2. Tunggu beberapa saat hingga proses koneksi ke ponsel berhasil.
3. Ponsel akan berdering meskipun volume ponsel dinonaktifkan atau dalam modus getar.

 

Ponsel Berdering 1 Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Untuk mengunci ponsel dan menampilkan pesan

1. Di tampilan fitur “Find My Phone”, pilih ‘Lock’.
2. Ikuti petunjuk di kotak dialog. Jika Anda belum memiliki sandi yang disiapkan di telepon, Anda perlu memasukkan sandi—Anda akan menggunakannya untuk mengunci telepon saat Anda mendapatkannya kembali.
3. Anda juga dapat mengetik pesan untuk ditampilkan di layar telepon. Biasanya, nomor telepon alternatif atau alamat email. Jadi, jika ada orang yang menemukannya bisa langsung mengontak Anda.

Mengunci Ponsel Dan Menampilkan Pesan Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Untuk menghapus data ponsel

  1. 1. Di tampilan fitur “Find My Phone”, pilih ‘Erase’.
  2. 2. Di layar konfirmasi, lakukan salah satu hal berikut:
  3. o Untuk mulai menghapus data ponsel, pilih I’m sure! Please erase my phone now. lalu klik Erase.
  4. o Jika Anda berubah pikiran, klik Cancel.

Menghapus Data Ponsel Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Selamat mencoba! @hairuddin_ali

 

Related Articles
Jepang, Pasar Berkembang Bagi Apple, Article has been viewed 2686 times, Created by Hito HandokoJepang, Pasar Berkembang Bagi Apple...
Apple Kantongi Paten Teknologi Pengaturan Otomatisasi Rumah, Article has been viewed 1277 times, Created by Hito HandokoApple Kantongi Paten Teknologi Pengaturan Otomatisasi Rumah...
Ponsel dari Luar Negeri, Article has been viewed 5937 times, Created by IlhamPonsel dari Luar Negeri...
Takut Bermasalah Lagi, BlackBerry Membuat Waiting List untuk Pendaftar BBM, Article has been viewed 3922 times, Created by IlhamTakut Bermasalah Lagi, BlackBerry Membuat Waiting List untuk...
BBM Android dan iOS Segera Rilis Tanpa PIN!, Article has been viewed 8306 times, Created by NariswariBBM Android dan iOS Segera Rilis Tanpa PIN!...
Apple Akan Rilis iPhone 6 Berlayar 4.7 Inchi dan 5.7 Inchi?, Article has been viewed 3591 times, Created by FauziApple Akan Rilis iPhone 6 Berlayar 4.7 Inchi dan 5.7 Inchi?...
Rate this item
(1 Vote)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 23:13
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS
Comments