Cara Ampuh Segarkan Memori Tablet

Ilustrasi / IST

Beragamnya aplikasi maupun game yang bisa dengan mudah diunduh dari pasar aplikasi (App Store), sering kali ‘menghipnotis’ pengguna smartphone atau Tablet PC untuk mencobanya. Namun, setelah bosan atau merasa kapasitas memori makin menipis, Anda akan menghapus (uninstall) aplikasi/game tersebut.

Tapi, tahukah Anda kalau menghapus (uninstall) aplikasi dari tablet Android sebenarnya tidak sepenuhnya bisa melegakan memori? Pasalnya, tiap aplikasi yang Anda hapus sejatinya masih menyisakan temporary file yang masih memakan sebagian memori. Misalnya saja logs, crash report atau debug files. Nah, file-file sampah seperti ini seharusnya juga Anda bersihkan sebelum proses uninstall dilakukan.

Lalu, bagaimana caranya untuk membersihkan file sampah tersebut? Secara umum, Anda bisa melakukan proses pembersihan ini menggunakan tekhnik manual maupun dengan bantuan aplikasi khusus. Di tips kali ini, PULSA akan coba memberikan solusi untuk Anda yang ingin membersihkan Tablet Android dari file-file sampah.

Cara Manual:
1. Sebelum memulai proses uninstall aplikasi, terlebih dulu lakukan clear data dan cache. Dari menu settings > Applications > Manage applications, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dihapus. Berikutnya, klik pilihan “Clear data” dan “Clear cache”, setelah selesai baru deh Anda klik “uninstall”.

2. Langkah selanjutnya, lakukan proses pengecekan file menggunakan aplikasi File Manager. Biasanya, beberapa aplikasi yang diinstal, akan membuat folder khusus yang akan tetap ada meski aplikasinya sudah di-uninstall. Nah, jika folder si aplikasi ada di tempat Anda menginstalnya, tinggal hapus (delete) folder tersebut. Tapi, Anda harus hati-hati dan pastikan folder tersebut benar-benar file sampah.

Segarkan Memori Tablet Manual

Menggunakan Aplikasi:
Jika cara manual yang Anda lakukan hasilnya masih terasa kurang maksimal, Anda bisa memanfaatkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Di pasar aplikasi (Google Play Store), aplikasi yang memiliki fungsi membersihkan file sampah terbilang cukup banyak. Salah satunya adalah Clean Master (Cleaner) besutan Ksmobile.

Aplikasi wajib untuk pengguna Android ini menawarkan metode pembersihan secara komprehensif untuk cache, residual files, app packages dan history (web browser, Google Play Store, Gmail, Clipboard). Clean Master (Cleaner) juga bisa mematikan aplikasi yang tengah berjalan (running task), dan dapat meningkatkan performa RAM serta menghemat baterai. Menariknya, aplikasi ini bisa digunakan untuk smartphone/tablet original alias belum di-rooting.

Aplikasi gratisan ini bisa didownload langsung dari Google Play Store, atau Anda bisa mengunjugi situs resmi developer-nya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap di alamat http://www.ksmobile.net/. Kapasitas file installer aplikasi ini sekitar 1,4 MB dan kompatibel untuk smartphone/tablet Android versi 1.6 ke atas.

1. Tampilan awal aplikasi ini cukup sederhana. Anda akan langsung disuguhkan 4 pilihan proses pembersihan, yakni History, Residual Files, Tasks dan Temp APKs.

Segarkan Memori Tablet 1

2. Untuk melakukan proses pembersihan, Anda tinggal memilih salah satu opsi di atas. Setelah dipilih, Anda akan mendapatkan kumpulan file yang menyisakan file-file sampah.

Segarkan Memori Tablet 2

3. Selanjutnya, Anda tinggal meng-klik opsi “Clean” untuk menghapusnya.

4. Untuk Residual Files, Tasks dan Temp APKs, Anda dapat memilih daftar file mana saja yang akan dibersihkan. Tinggal memberikan tanda centang di pilihan file yang tersedia. Berikutnya, klik “Clean”.

Segarkan Memori Tablet 4 1

Segarkan Memori Tablet 4 2

Segarkan Memori Tablet 4 3

Segarkan Memori Tablet 4

@hairuddin_ali

 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 22:55
  • font size
  • DISQUS_COMMENTS_COUNT:DISQUS_COMMENTS