pulsa-logo

Revolusi Lembaga Keuangan Melalui Teknologi Mobile


PULSA

Kamis, 11 September 2014 • 15:34


Gambar: Ilustrasi, sumber: mashable.com

Seiring dengan semakin agresifnya penyedia jasa telekomunikasi dan operator seluler melakukan monetisasi terhadap pasar mobile di Indonesia, teknologi mobile juga merambah dan mempengaruhi situasi pasar perbankan. Supaya tidak terpinggirkan di masa yang akan datang, bank-bank berusaha untuk meracik strategi yang ampuh untuk mendukung transaksi non-tunai (cashless) serta mobile banking.

Jika kita melihat lebih detail lagi, penggunaan perangkat seluler di masa kini tidak hanya berkembang tapi juga menjadi semakin kompleks akibat kemajuan teknologi yang menjadikannya lebih mudah digunakan dan terjangkau. Kecepatan proses komputasi, skalabilitas, serta jenis interaksi yang ditawarkan oleh perangkat seluler semakin maju didorong oleh permintaan konsumen untuk memenuhi semua kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, ketika teknologi mobile digunakan untuk mengakses layanan finansial, nasabah berharap bahwa mereka akan mendapatkan layanan yang sesuai dengan kepribadian mereka masing-masing. Untuk memenuhi ekspektasi nasabah ini, perbankan perlu menciptakan layanan transaksi perbankan mobile yang bisa menyediakan interaksi sesuai dengan yang diharapkan oleh nasabahnya.

Menciptakan Sistem Transaksi Perbankan untuk Perangkat Seluler

Berinvestasi untuk menciptakan kemampuan transaksi perbankan seluler adalah langkah pertama dan paling penting bagi lembaga keuangan. Hal ini terutama karena platform mobile memungkinkan setiap aktivitas pelanggannya dikonversi menjadi penjualan, sehingga mampu menciptakan sumber pendapatan/revenue baru dan meraih pengembalian modal investasi yang ditanamkan untuk pengembangan sistem tersebut.

Contohnya, setelah melakukan riset yang mendalam terhadap produk atau layanan perbankan di smartphone mereka, kecil kemungkinannya bahwa konsumen akan pergi ke kantor cabang terdekat untuk membeli produk atau layanan tersebut. Tapi, apabila fungsi-fungsi perbankan tersebut ada di smartphone, maka nasabah bisa melakukannya lewat perangkat seluler dan menyelesaikan transaksinya secara instan. Lembaga perbankan pun memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan transaksi dari nasabah yang sudah terhubung.

2017-09-14 17:29:47


Berlangganan Tabloid PULSA

2017-05-31 12:45:44


Langganan Tabloid PULSA