Atrk
ads skin gagal

Rise of The Machine to Machine (M2M)

  • Friday, 12 September 2014 16:41
  • Published in Blog
Prev
Next »

M2M Images Stories Imagesseptember2014 Thumb Other400 0

Dalam beberapa tahun ke depan, yang akan selalu menjadi tantangan sekaligus peluang besar, adalah bahwa konsumen teknologi selalu kecanduan untuk selalu terhubung, bahkan menggilai akses jaringan yang super cepat.

Belum lagi adanya tuntutan kepada para penyedia jaringan untuk menyediakan akses jaringan yang aman. Belakangan kian merebak, ancaman meningkatnya resiko hacking dan malware, seiring meningkatnya tingkat adoptivitas perangkat mobile.

Merebaknya habit konsumen untuk terus mencari-cari dan menikmati video, serta menghabiskan waktu dengan bermain game, yang membutuhkan bandwidth tinggi, terus memberikan tekanan pada indistri untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas konektivitas broadband.

Akibatnya pasti, penyedia jaringan akan tak henti-hentinya mengejar penguasaan teknologi, yang tentunya mahal, agar  bisa memenuhi hasrat industri ini. Di saat yang bersamaan, operator juga harus tetap menjaga momentum broadband mobile dengan tetap fokus pada perbaikan backhaul, efisiensi spektrum, ketersediaan spektrum jangka panjang dan beberapa lainnya.

Sebagai alternatif dari hilangnya pendapatan penyedia jaringan menyusul mulai terlihatnya tanda-tanda mulai jenuhnya pasar, mereka perlu mencermati berbagai tren di industri, sebagai bagian dari ekspansi ekosistem telekomunikasi.

Beberapa di antaranya adalah teknologi mobile payment yang akan terus mencari jalan untuk bisa solid untuk turut membentuk trend ekosistem industri telekomunikasi. Apalagi teknologi ini juga mulai diperkuat dengan deployment teknologi Near Field Communication (NFC).

Tren lainnya yang bisa menjadi peluang adalah pasar vertikal, yang mampu memberi  pelayanan paripurna dan kemudahan bagi konsumen dalam ekosistem, guna meningkatkan kualitas personal dan para professional. Pelayanan dalam ekosistem ini termasuk di antaranya konektivitas jaringan edukasi, otomotif, layanan kesehatan dan lain-lain.

Konsep lainnya yang bakal menjadi tren adalah peluang besar dari mengkoneksikan hampir segala perangkat yang ada, baik di jaringan konsumen maupun level korporasi, menggunakan konsep teknologi antarmesin alias Machine to Machine (M2M).

Prev
Next »
Rate this item
(2 votes)