pulsa-logo

Zuckerberg Mampir, ISP Ketar-ketir


PULSA

Selasa, 09 Desember 2014 • 17:40

Zuckerberg, ISP, Samsung, Nokia, MediaTek, Opera, Qualcomm, Ericsson, facebook, internet


Indonesia heboh ketika tiba-tiba ketika Mark Zuckerberg pagi-pagi sudah "nongkrong" di Candi Borobudur. Lainnya juga kemudian turut kagum ketika bos Facebook itu ikut blusukan bersama Presiden di Pasar Tanah Abang.

Kedatangan Zuckerberg ke Indonesia adalah untuk mengkampanyekan Internet.org, yang disebut-sebut sebagai inisiatif global guna menyediakan akses layanan internet yang terjangkau bagi semua masyarakat sampai ke pelosok tanah Air. Langkah ini diklaim bakal mampu memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di banyak daerah Indonesia.

Setidaknya ada sekitar 180 juta orang Indonesia yang tidak memiliki akses internet. Dengan membuka akses tersebut mampu mentransformasikan ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan dan membantu pertumbuhan usaha kecil. Beberapa data menyebutkan usaha kecil yang menggunakan internet dalam berkomunikasi dengan pelanggannya, mampu berkembang dua kali lebih cepat dibanding usaha yang tak memiliki akses internet.

Zuckerberg ingin dalam lima tahun ke depan internet.org bisa menyediakan akses bagi 5 miliar orang di seluruh dunia. Bukan langkah yang mudah. Untuk itu proyek internet.org didukung oelh sebuah "tim elit". Tak tanggung-tanggung, selain FaceBook,  para pendiri internet.org juga terdiri dari perusahaan teknologi raksasa seperti Samsung, Nokia, MediaTek, Opera, Qualcomm, dan Ericsson.

Itulah keinginan yang diutarakan Zuckerberg ketika berkunjung ke Indonesia: ingin seluruh masyarakat Indonesia, sampai ke pelosok pedalaman, bisa terhubung dengan internet.

Ada hal lain yang membuat Dia rela mandi keringat ketika blusukan di Tanah Abang. Sebelumnya petinggi FB ini juga lebih dulu "blusukan" di India. Setelah dari Indonesia, giliran Korea Selatan yang disinggahinya.

Menariknya kunjungan Zuckenberg ke Korea Selatan tentu saja bukan untuk mempromosikan internet di negeri Gingseng. Mengingat pengguna internet di negara tersebut sudah mencapai 85% dari total penduduknya. Belakangan diberitakan bahwa Zuckenberg mengunjunggi markas besar Samsung di Seoul, sebagai salah satu kekuatan dalam tim elit internet.org.


Zuckerberg memang sedang dalam misi untuk memiliki 1 miliar pengguna Facebook aktif perbulan dari kawasan Asia. India misalnya, Negara yang pertama dikunjunginya, adalah Negara dengan populasi terbesar kedua terbesar di Asia setelah Cina. Dengan penduduk sebanyak 1,2 miliar jiwa, penetrasi internetnya cuma sekitar 16% saja, dengan pengguna Facebook sebanyak 62,7 juta, atau hanya sekitar 5% dari total penduduknya. Sungguh merupakan potensi yang menggiurkan.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia memiliki penduduk sebanyak 253 juta. Ketiga terbesar di Asia, dengan penetrasi pengguna internet sekitar 28%, dengan pengguna Facebook sekitar 51 juta.