pulsa-logo

e-Commerce 2015: Makin Mudah, Tambah Meriah


PULSA

Rabu, 28 Januari 2015 • 17:24


gambar: sumber: wespotlightgambar: sumber: wespotlight

Asia diprediksi akan menjadi pasar e-commerce terbesar di dunia. Data dari Economist Intelligence Unit (EIU), di tahun 2015, penjualan seluruh retail di Asia akan tumbuh 4,6% (volume basis) menjadi USD 7,6 triliun. Ini berarti jauh lebih besar ketimbang pertumbuhan retail di Amerika Utara sebesar 2,5 persen dan di Eropa sebesar 0,8 persen.

Sementara untuk pasar e-commerce, Indonesia diyakini bisa mencapai transaksi perdagangan USD 10 miliar di tahun 2015 ini. Pasar e commerce Indonesia menjadi salah satu incaran utama para pemain ecommerce global.

Lihat saja bagaimana eBay yang menjalin kerja sama dengan Telkom Group lewat Blanja.com, Sequoia yang menggandeng Tokopedia, sebelumnya juga ada Elevenia yang disokong SK Telecom Korea, Lazada yang didukung Rocket, dan beberapa pemain lokal seperti Blibli. Bahka Elevenia menargetkan pertumbuhan sebesar 400 persen, dengan target pendapatan naik lima kali lipat dari tahun 2014.

Berikut ini adalah beberapa trend an kondisi ecommerce Indonesia di tahun a2015.

2015, Saatnya Mobile

Para analis sudah memperkirakan bahwa teknologi mobile termasuk di dalamnya mobile payments akan mengalami perubahan besar di industri e-commerce. Transaksi mobile commerce global selama 2015 diperkirakan mencapai USD 120 miliar.

Di Amerika Serikat, mobile shopping Amazone mencapai 36,3% dari total kunjungan, di penghujung tahun 2015 ini. eBay mencatat 16% transaksi via mobile, dan Craiglist dengan 11,5%. Peritel besar yang menawarkan berbelanja secara mobile, Walmart juga mencatat adanya volume kunjungan tertinggi, diikuti oleh Target dan Sears.


Rakuten, mencatat kenaikan segemen m-Commerce-nya. Situs Rakuten di beberapa Negara naik fantastis. Rakuten Thailand misalnya, di triwulan 3 tahun lalu, mencatat kenaikan pemesanan via perangkat mobile hingga 819%. Sedangkan rakuten di wilayah Singapura, Indonesia, dan Taiwan naik 30%, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.