pulsa-logo

Ponsel Rakitan, Antara Harapan dan Tantangan


PULSA

Jum'at, 06 Februari 2015 • 15:32

ponsel, smartphone, teknologi, Google, Motorola, phablet, Samsung, Sony, LG, HTC, tabloid pulsa


sumber: gambar: aethertechnician.tumblr.comsumber: gambar: aethertechnician.tumblr.com

Pertama kali mendengar konsep ponsel modular (kami menyebutnya rakitan) yang dipernalkan oleh sekelompok orang yang tergabung di Phoneblocks 2012 lalu,  para pakar industri maupun penggemar teknoogi banyak yang skeptis apakah konsep itu bisa menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar mimpi.

Meskipun terdengar mengesankan, bisa menggonta ganti beberapa bagian, tapi ada rintangan teknis yang nyata. Yang pasti, membuatnya tidak terlalu besar dan kokoh adalah PR besar. Dan siapa lagi kalau bukan Google yang merubah mimpi itu menjadi kenyataan.

Oktober 2013, Motorola mengumumkan Project Ara, platform modular yang dijanjikan akan mengubah cara berpikir kita tentang hardware smartphone. Bahkan setelah mengungkapkan bahwa Motorola akan dijual ke Lenovo, Google tetap mempertahankan Proyek Ara dan mengumumkan bahwa proyek tersebut akan berada di belakang Google.

Apa manfaat ponsel rakitan bagi konsumen dan industri?

Rabu (14/1), di Project Ara Developers Conference yang berlangsung di Mountain View, Google mengumumkan Spiral 2. Ini akan menjadi versi komersial pertama ponsel rakitan Google. Konferensi berikutnya akan dilaksanakan pada 15 April mendatang dan akan membahas lebih detil. Google juga berencana akan mengenalkan tiga model ponsel rakitan termasuk 6 modul smartphone layar kecil dan sedang dan 9 modul phablet. Tapi mengapa kita begitu tertarik pada Proyek Ara? Apa manfaatnya bagi konsumen dan industri mobile?

Google pernah mengatakan bahwa, platform ponsel rakitan bisa menjadi sempurna untuk membawa teknologi smartphone bagi orang-orang yang tidak mampu ponsel high-end. Bulan lalu, kepala Project Ara Google Paul Eremenko mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk melepaskan Ara dalam bentuk dasar yang cukup murah seharga 50 dolar AS, memberikan konsumen cara membeli perangkat dengan mencicil untuk memberi perangkat tambahan seperti kamera, konektivitas seluler, RAM yang lebih besar dan fitur lain tanpa harus membayar mahal di depan.

Manfaat lainnya, memungkinkan orang untuk menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan inpidu mereka sendiri, seperti halnya membeli PC rakitan. Dan ini sangat cocok bagi para pengguna yang hobi upgrade yang saat ini hanya terbatas pada software saja.


Ponsel rakitan juga bisa mengurangi limbah dari bangkai ponsel. Perangkat modular bisa disimpan seperti halnya mainan Lego. Bahkan bisa diperjual belikan. Jadi bukan tidak mungkin akan lebih banyak orang yang menjual modul kamera bekas daripada ponsel utuh.