pulsa-logo

Memasyarakatkan Transaksi Elektronik, Perlu Kolaborasi Operator + Perbankan


PULSA

Rabu, 04 Maret 2015 • 16:09


image source pieria.co.ukimage source pieria.co.uk

Awal 2015 lalu Gubernur DKI Jakarta meluncurkan kartu e-money untuk transaksi pembayaran pada mesin parkir meter atau Tempat Parkir Elektronik (TPE). Bank-bank yang mendukung TPE ini adalah Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia Tbk (BCA), Bank Mega, dan Bank DKI.

Ini adalah salah satu contoh penggunaan uang elektronik. Lainnya adalah pembelian tiket Trans Jakarta dan tiket kereta api commuter line. Upaya-upaya ini adalah salah satu langkah memasyarakatkan uang elektronik melalui Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) telah dicanangkan Bank Indonesia (BI) di akhir 2014 lalu.

Program GNNT adalah hasil dukungan dari beberapa Kementerian, di antaranya Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Pemerintah Daerah (Pemda) serta asosiasi pemerintahan provinsi seluruh Indonesia.

Uang elektronik adalah segala jenis uang yang tersimpan di sebuah sistem seperti server (server base) atau chip (chip base), yang digunakan oleh konsumen sebagai kartu prabayar. Dalam suatu Negara dengan penetrasi kartu kredit yang rendah, uang elektronik bisa menjadi alternatif dalam membantu masyarakat menyimpan uang dan melakukan pembayaran online seperti membayar tagihan, tiket perjalanan atau mengisi ulang pulsa.

sumber: filler BRIZZI Bank BRIsumber: filler BRIZZI Bank BRI

Bank Indonesia berupaya memasyarakat penggunaan uang elektronik dalam transaksi keuangan atau lebih dikenal less cash society. Uang elektronik dapat menekan biaya percetakan uang kartal. Penggunaan uang elektronik menunjukkan peningkatan. Meski belum besar, namun kecendrungannya meningkat.

Selain guna menyongsong tren transaksi elektronik, penggunaan uang elektronik bisa menghemat anggaran untuk mencetak uang. Setiap tahunnya, BI menganggarkan Rp 3,5 triliun untuk mencetak uang. Ini akan menghasilkan 7,9-8,3 miliar lembar uang untuk semua nominal.