pulsa-logo

Akankah Blackberry Menyerah?


PULSA

Senin, 23 Maret 2015 • 17:16

Blackberry, blackberry terbaru, blackberry classic, blackberry passport, harga blackberry, tabloid pulsa


ilustrasi, sumber: todayonline.comilustrasi, sumber: todayonline.com

Tahun kelam bagi Blackberry belum juga berakhir. Dengan pangsa pasar smartphone global di bawah 0,5%, CEO BlackBerry John Chen mungkin harus membuat keputusan yang sulit mengenai masa depan penjualan handsetnya.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Morgan Stanley pekan lalu menunjukkan bahwa perusahaan asal Kanada itu hanya menjual 8000 unit BlackBerry Passport dan BlackBerry Classic selama kuartal ini. James Faucette dari Morgan Stanley seperti dikutip dari FinancialTimes mengatakan bahwa BlackBerry harus buru-buru menjual 2-3 juta BlackBerry Classic pada tahun fiskal 2016.

Sumber gambar: PhonearenaSumber gambar: Phonearena

Kuartal terakhir, BlackBerry hanya mengantongi 793 juta dolar AS, turun 33% tahun ke tahun. Untuk mengembalikan trennya, BlackBerry mulai menawarkan layanan keamanan andalannya, pengaman IM yang memungkinkan pengunci enkripsi oleh kedua ponsel yang terlibat dalam obrolan.

Keunggulan Protected milik Blackberry ini adalah memungkinkan klien perusahaan untuk chatting ke klien perusahaan lain, atau dengan pelanggan namun tetap aman. Dan karena ini adalah bagian dari BES 12, fitur ini bisa bekerja pada BlackBerry, Apple, Android dan handset Windows Phone.

Chen mengatakan bahwa BlackBerry bisa mencapai pendapatan 500 juta dolar AS dari perangkat lunak dan jasa di tahun fiskal 2016. Itu berarti bisa mencatat kenaikan 100% dari tahun sebelumnya. Apakah Blackberry akan menjadi perusahaan software?

Yang jelas Blackberry baru-baru ini bermitra dengan Samsung dan IBM untuk mengemas Samsung Galaxy Tab 10.5 S dengan perangkat lunak enkripsi yang diproduksi oleh Secusmart. Perangkat, yang disebut SecuTablet, akan menjadi tablet premium untuk perusahaan dengan harga 2.380 dolar AS. Secusmart telah dibeli Blackberry tahun lalu.


Kita mungkin akan terus melihat BlackBerry pada perangkat lain lewat layanan keamanan dan perangkat lunak enkripsi. Jika Anda seorang penggemar hardware BlackBerry, kabar buruknya adalah bahwa jam terus berdetak. Upaya terus dilakukan, tapi Chen mungkin akan berfikir realistis jika Blackberry tetap tidak bisa menjual lebih banyak perangkat di tahun ini.  (*)

Sumber