pulsa-logo

Ini Dia Raja Ponsel 2014


PULSA

Selasa, 07 April 2015 • 16:04

smartphone, android, apple, samsung, iOS, iPhone 6, iPhone 6 Plus, Lenovo, Motorola, Xiaomi, tabloid pulsa


gambar: smartphones, sumber: moneysensegambar: smartphones, sumber: moneysense

Saat ini kita telah memasuki bulan ketiga di 2015. Meski begitu, raport vendor secara global untuk tahun 2014 baru saja dirilis oleh sebagian perusahaan yang bergerak di bidang analisa pasar. Dari situ diketahui siapa sebenarnya yang masih merajai pasar smartphone di dunia.

Banyak hal menarik tentunya. Beberapa prestasi berhasil diraih oleh para vendor asal Tiongkok. Juga posisi Apple yang makin mantap yang berhasil menggaet pangsa pangsa pasar yang signifikan di sejumlah Negara. Ini sekaligus mengancam posisi Samsung sang juara bertahan sebagai pepimpin pasar.

Di Indonesia, menurut hasil riset pasar yang dilakukan oleh Counterpoint pada kuartal ke-4 2014, posisi Samsung masih merajai pasar. Baik untuk kategori smartphone maupun ponsel secara keseluruhan. Tapi di Tiongkok, posisi Samsung berhasil digeser.

Ini beberapa catatan penting di 2014;

Apple vs Samsung

Untuk pertama kalinya sejak 2011, Apple memimpin pasar penjualan smartphone global pada kurun waktu tiga bulan terakhir (kuartal ke-4) 2014. Sebanyak 74,8 juta berhasil terjual secara global. Angka tersebut melampaui prestasi Samsung yang hanya mencapai 73 juta unit untuk periode yang sama.

Padahal, di kuartal ke-4 tahun2013, posisi Samsung masih berada di puncak dengan 83,3 juta unit smartphone yang terjual. Posisi Apple di periode itu hanya menduduki peringkat kedua dengan 50,2 juta unit iPhone.


Ini berarti terjadi peningkatan hingga 49% pada kuartal terakhir 2014, sementara Samsung turun 12,4%. Penjualan Apple terdongkrak berkat dua model anyar iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dengan layar yang lebih besar dari model sebelumya. Ini sekaligus membuktikan bahwa pecinta iPhone juga membutuhkan layar yang lebih besar daripada yang pernah ditawarkan iPhone model lainnya.

Dengan prestasi yang luar biasa yang diraih oleh pabrikan asal Cupertino AS itu menurut data dari Gartner, Apel berhasil meraih 20,4% pasar smartphone di seluruh dunia pada kuartal ke-4 2014 dibandingkan dengan 19,9% yang diraih Samsung.

Data ini persis seperti yang dilaporkan oleh Counterpoint Research pada Januari lalu. Dan beda tipis dari data yang dipublikasikan oleh IDC yang menunjukkan posisi Samsung masih di atas dengan sedikit selisih.

Yang perlu digarisbawahi adalah, data yang dikumpulkan oleh Conterpoint dan IDC diambil berdasarkan pengiriman jumlah barang. Sementara data dari Gartner didasarkan pada penjualan langsung ke  pengguna.

Data dari Gartner juga mencatat Lenovo-Motorola di tempat ketiga pada kuartal ke-4 2014 dengan pangsa pasar6,6%. Sementara Huawei berhasil menempati posisi keempat. Posisi kelima menjadi milik Xiaomi.

Sumber GartnerSumber Gartner

Meski terbilang pendatang baru, Xiaomi tak bisa diremehkan. Di kuartal ke-4 2014, perusahaan teknologi yang dinahkodari oleh Lei Jun itu kenaikan terbesar dengan tiga kali lipat menjadi 18,6 juta unit. Total secara keseluruhan, penjualan Xiaomi di 2014 mencapai 61,1 juta ponsel.

Di negerinya sendiri, Xiaomi pada kuartal ketiga berhasil menjadi merek teratas dengan mengalahkan Samsung. Namun di kuartal akhir, posisinya direbut oleh Apple. Sementara posisi Samsung di Tiongkok berada diurutan ketiga di kuartal yang sama.

Tapi jangan salah, meskipun ada beberapa penurunan penjualan, secara global penjualan Samsung di 2014 masih tetap yang teratas. Pabrikan asal Korea Selatan itu masih merajai pasar ponsel 2014 dengan perolehan 307,5 juta  smartphone yang terjual.

Meski pada 2014 raport Apple terbilang kinclong, tapi posisi nyaman diposisi kedua dengan capaian 191,4. Ini angka yang pantas sebab, Apple memang tidak segencar Samsung dalam memasarkan produknya. Apple terhitung hanya meluncurkan dua model smartphone saja.

Samsung juga memimpin pasar untuk semua ponsel (smartphone dan feature phone) dengan 392,5 juta handset di 2014.

LATEST TIPS-APPS

Cara Mengecek Data Pribadi yang Ada di Facebook
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42