pulsa-logo

Radio Internet Bakal Jadi Primadona, Browsing dan Sosmed Tetap Mendominasi


PULSA

Selasa, 28 April 2015 • 20:32

Radio, Internet, Browsing, Sosmed, social media, jejaring sosial, smartphone, tablet, YouTube, VEVO, Spotify, MOG, Rhapsody, rdio, tabloid Motorola, lenovo, LG g2, lg g3, lg g2 pro, Samsung, apple, tabloid pulsa


sumber: sony photo presssumber: sony photo press

Sebuah studi mengungkapkan bahwa para pengguna tablet lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan browsing. Berbeda dengan para pengguna smartphone yang lebih banyak menggunakan gadgetnya untuk keperluan social media, diikuti untuk keperluan browsing, dan selanjutnya komunikasi suara.

Analisis yang dilaporkan oleh Strategy Analytics dan dilakukan di Amerika ini juga mengungkapkan bahwa pengguna smartphone lebih banyak beraktivitas menggunakan smartphone-nya di malam hari (jam 17.00 – 24.00) dan paling sedikit menggunakannya di pagi hari (jam 24.00 – 08.00). Sementara di tablet, hampir setengahnya menghabiskan waktu di malam hari, dan yang paling sedikit adalah pada saat menjelang siang (08.00 – 12.00).

Disebutkan pula bahwa secara keseluruhan, aktivitas pengguna di tablet masih lebih pendek dibanding smartphone. Berdasarkan data 2014, di smartphone rata-rata orang menghabiskan waktu selama 155 menit setiap harinya, sementara di tablet perharinya hanya digunakan selama 106 menit saja. Meski begitu, di beberapa kategori responden, aktivitas di tablet bisa lebih tinggi dibanding smartphone.

Musik Internet Gusur Tradisional

Separuh pengguna internet di AS (sekitar 96 juta) dalam 3 tahun terakhir, tercatat gemar menggunakan layanan musik di radio internet atau layanan music on demand. Menurut data yang dirilis NPD Group, sebanyak 37 persen pengguna internet tersebut mendengarkan musik lewat layanan radio internet Pandora, disusul layanan radio internet lainnya. Sementara sebanyak 36 persen lainnya lebih menyukai menikmati layanan music on demand melalui YouTube, VEVO, Spotify, MOG, Rhapsody, dan Rdio.

Pemirsa radio Internet tumbuh 27 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, sementara penikmat on-demand music meningkat 18 persen. Meningkatnya penggunaan layanan radio internet dan musik on-demand ini berimbas kepada turunnya konsumen yang mendengarkan music melalui CD sebanyak 16 persen, sementara pemirsa radio AM/FM turun sebanyak 4 dan penikmat download lagu-lagu digital turun tipis 2 persen.

sumber: sony photo presssumber: sony photo press


NPD juga merinci, sejak 2009, persentasi pemirsa Pandora yang sekaligus mendengarkan radio AM/FM turun 10 persen. Sementara yang sekaligus mendengarkan CD turun 21 persen, dan yang sekaligus mendengarkan file musik juga turun 21 persen. Penurunan ini juga didorong oleh kenyataan bahwa 34 persen pengguna juga menikmatinya melalui sambungan dengan stereo mobil.

Meskipun mendengarkan musik melalui YouTube dan VEVO lebih didominasi oleh kaum muda, tercatat adanya perubahan pada pola tradisional mereka. Diantara pengguna YouTube dan VEVO, penikmat CD dalam sebuah pemutar CD dan mobil stereo turun sebanyak 22 persen, mendengarkan file-file digital melalui pemutar portable turun 17%, dan mendengarkan radio AM/FM turun 12 persen.