pulsa-logo

Catatan Penting Industri Ponsel Semester 1 2015


dian iskandar

Kamis, 13 Agustus 2015 • 15:09


Sudah satu semester berlalu di tahun 2015 ini. Banyak kejadian penting yang mempengaruhi persaingan industri smartphone secara umum. Mulai dari pengumuman produk jagoan, kemajuan teknologi dan kegiatan industri lainnya. Pastinya, 2015 ini persaingan semakin ketat dan teknologi semakin dieksploitasi untuk memenuhi dahaga pada gadgeter.

Pengumuman Flagship Baru

Persaingan ponsel di 2015 semakin ketat karena di tahun ini pula penggunaan RAM 4GB pada smartphone dimulai. Selain itu, teknologi kamera juga telah ditingkatkan. Meskipun ada juga diantaranya yang masih menjual tampilan.

Di paruh pertama 2015 ini tidak kurang 12 smartphone dan tablet diumumkan . Sebut saja Asus Zenfone 2, Galaxy S6, S6 edge, HTC One M9, LG G4 dan Sony Xperia Z3+. Untuk tablet, Sony Xperia Z4 Tablet, muncul sebagai pemain tunggal di kelas premium di tahun 2015 ini. Selain itu masih ada lagi Xiaomi Mi Note & Mi Note Pro, Huawei P8, Galaxy S6 Active, dan Xperia Z4v.  

Teknologi Baru

NVIDIA Tegra X1 "supercomputer" mobile

Pada CES 2015, NVIDIA mengumumkan chipset mobile yang kira-kira mirip dengan super komputer tercepat 15 tahun yang lalu, ASCI Red. Sistem superkomputer ini dulu berukuran 487 meter persegi dan membutuhkan 500ribu watt untuk dapat menghasilkan 1 teraflop. 15 tahun kemudian muncul Tegra X1, dengan performa yang kurang lebih sama tapi hanya membutuhkan kurang dari 15 watt, dan ini cocok untuk tablet.


Sharp Umumkan Layar 4K IGZO 5,5 inci

Sharp memberi sekilas gambaran masa depan smartphone dengan mengumumkan layar ponsel 5,5 inci pertama di dunia dengan Ultra-HD (4K) resolusi 2160 x 3840. Layar tersebut dijadwalkan mulai diproduksi massal pada 2016, dan dilengkapi dengan kepadatan pixel supertajam 806ppi.

Sebelumnya Samsung sempat memberikan petunjuk tentang kemungkinan penggunaan layar Super AMOLED 4K di Galaxy Note 5. Namun secara mengejutkan Sharp mengumumkan bahwa mereka telah sukses mengembangkan layar perangkat mobile seukuran 5,5 inci dengan resolusi UHD (3840x2160) pertama di dunia.

MediaTek Luncurkan Chip Deca Core Pertama Helio X20

Produsen chip asal Taiwan MediaTek hampir siap mendistribusikan chip 10-core pertama MT6797. Prosesor terbaru MediaTek ini menggunakan nama Helio X20 yang mampu menembus skor di atas 70 ribu dalam pengujian menggunakan AnTuTu.

MT6797 boleh jadi seperti langkah awal ke masa depan. Mudah-mudahan, itu akan memiliki grafis tenaga kuda untuk menyesuaikan kecepatan prosesor. Kabarnya, Elephone P9000 akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan chip ini.

Software Baru

Google Umumkan Android M

Android M mungkin tidak memiliki lompatan besar dari Lollipop, karena sebagian besar berfokus pada memperbaiki pengalaman pengguna. Setidaknya tetap banyak perubahan, dan beberapa diantaranya cukup menarik. Sebut saja Now on Tap, Android Pay, dan yang terbaru Google Photo Service.

Dan mereka tidak sendirian - Peeves hewan peliharaan seperti kontrol volume, janji fitur MultiWindow-seperti di jalan, dan bahkan sistem perizinan yang lebih canggih semua menambahkan hingga paket komprehensif yang menjelaskan bahwa Google tidak sedang sama sekali puas. Jika ada, Google sangat agresif memperluas kemampuan OS mobile.

Apple Umumkan iOS 9

Apple telah meluncurkan iOS 9 pada Juni lalu dengan berbagai upgadre fitur dari iOS sebelumnya. Beberapa diantaranya peningkatan Siri untuk mengingatkan sejumlah hal saat pengguna memasuki mobilnya. Ini artinya, Siri memiliki kemampuan untuk mengenali mobil si pengguna.

Fitur pencarian pada iPhone atau iPad juga ditambah dengan kemampuan menampilkan daftar kontak yang paling sering dihubungi. Ini dilengkapi dengan aplikasi yang biasa dipakai pada durasi tertentu. Dan masih banyak fitur lainnya yang benar-benar baru untuk iOS.

Dari sekian peristiwa yang terjadi enam bulan pertama 2015 ini, setidaknya kita bisa menebak apa yang akan terjadi di semester kedua. Yang jelas, desas-desus kehadiran produk baru yang cukup fenomenal sudah berhembus sejak dini. Misalnya saja kemungkinan munculnya Blackberry Android, peluncuran iPhone 6s, hingga generasi terbaru Galaxy Note Samsung. Semuanya diprediksi akan terjadi di semester dua ini. Kita tunggu saja. (*)

Sumber: Phonearena