pulsa-logo

Ketika iPhone Baru Diluncurkan


PULSA

Selasa, 13 Oktober 2015 • 16:31


iPhoneiPhone

Sudah menjadi tradisi jika Apple memilih 9 September sebagai waktu untuk peluncuran produknya. Di acara yang bertajuk "Hey Siri, give us a hint" yang diselenggarakan di Bill Graham Civic Auditorium di San Francisco, California, tahun ini perusahaan berlogo Apple mengenalkan iPhone 6s dan 6s Plus.

Beberapa fitur baru pun dikenalkan. Seperti 3D Touch, yang akan mendeteksi seberapa keras sentuhan untuk menunjukkan menu yang berbeda. Ada lagi Taptic Engine, prosesor baru Apple A9 dan M9 motion co-prosesor serta kamera 12 MP dengan dukungan video 4K.

Kemunculan iPhone 6s dan 6s Plus sendiri sudah diantisipasi oleh para pesaingnya. Samsung misalnya, mengenalkan Galaxy S6 Edge Plus dan Galaxy Note 5 di 21 Agustus. Biasanya, seri Note tidak dirilis hingga Apple mengeluakan model baru iPhone di September.

Analis IDC Ramon Llamas mengatakan Samsung kali ini harus mengeluarkan produknya lebih dahulu daripada Apple atau berisiko produknya tenggelam oleh publisitas terhadap produk terbaru Apple. Ini menandakan adanya pergeseren dalam peta persaingan di pasaran smartphone global.

Lain halnya dengan Sony. Pabrikan asal Jepang itu mengenalkan tiga jagoannya pada perhelatan IFA 2015 di Berlin yakni Xperia Z5, X5 Compact dan Z5 Premium, satu minggu sebelum iPhone 6s diluncurkan.

Produk yang paling mencolok dan disiapkan untuk menghadapi iPhone 6s adalah Xperia Z5 Premium. Perangkat ini memiliki layar 5,5 inci dengan tampilan layar 4K (3840p). Ini merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakanlayar 4K.

Sementara itu, Z5 dan Z5 Compact masing-masing menyandang layar 5,2 inci dan 4,6 inci. Tapi untuk layar dibedakan. Xperia Z5 mengandalkan layar Full HD (1080p), sedangkan Z5 Compact cukup dengan 720p.


Perbedaan kembali terlihat pada kapasitas RAM. Xperia Z5 dan Z5 Premium dilengkapi RAM 3 GB, sedangkan Z5 Compact hanya diberi RAM 2 GB. Sony sangat percaya diri bahwa smartphone terbarunya punya keunggulan di kekuatan baterainya. Xperia Z5 Premium memiliki kapasitas baterai paling besar, yakni 3430 mAH. Sedangkan Z5 2900 mAH dan Z5 Compact 2700 mAH.

Ramai-ramai mengolok iPhone

iPhone memang bukan penguasa pasar smartphone dunia, namun untuk smartphone papan atas, iPhone seakan ditakuti oleh para pesaingnya. Sehingga begitu iPhone baru lahir, maka banyak yang mencari celah untuk "menjatuhkan" ketenaran iPhone.

Anda tentu ingat kasih #bendgate yang menjadi viral di media sosial terkait dengan iPhone 6. Kelemahan iPhone 6 yang mudah bengkok itu akhirnya dimanfaatkanoleh para kompetitor untuk menghajar sang raksasa. Anda bisa lihat sendiri beberapa video terkait #bendgate di Youtube.

Nah, terkait dengan kehadiran iPhone 6s dan 6s Plusbeberapa sindiran pun muncul. Ini beberapa kampanye yang sedikit menyindir yang dilakukan oleh para kompetitor Apple.