pulsa-logo

Memahami Autofokus Pada Kamera Ponsel


Aldrin Symu

Selasa, 27 Oktober 2015 • 18:07

memahami, autofokus, pada, kamera, ponsel


Kamera pada ponsel kini bukan lagi sekedar asesoris, karena dengan kamera ponsel Anda bisa menghasilkan fotography yang profesional. Salah satu kemampuan kamera ponsel yang kini terdapat pada ponsel adalah autofokus. Bagaimana autofokus pada kamera ponsel bisa didapat, berikut sedikit penjelasannya.

Sebenarnya cara kerja kamera baik kamera profesional (DSLR, Mirrorless) maupun kamera ponsel hampir sama dengan bola mata. Bila kita melihat ke sebuah objek dalam jarak dekat (misal 30 cm) maka objek di belakangnya akan terlihat kabur. Namun bila kita melihat objek yang jauh maka mata terfokus kesana dan objek yang terdekat akan terlihat kabur.

Secara umum, mode autofokus adalah mode dimana kamera akan otomatis menyetel sesuai kondisi lingkungan sekitar. Biasanya gambar yang didapat biasa saja namun menyesuaikan fokus secara otomatis.

Namun autofokus pada kamera ponsel sebenarnya bisa didapat dari

 

I. Memanfaatkan Fitur Kamera


Autofokus pada kamera ponsel bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur yang terdapat didalam ponsel. Diantaranya dengan fotografi makro, memperhatikan jarak, sudut pengambilan dan perhatikan backlight.

Fotografi makro dilakukan dengan memanfaatkan fitur makro pada fitur kamera. Dimana mode pengambilan gambar untuk objek yang kecil atau dekat dapat terlihat jelas. Dengan adanya fitur autofocus objek yang dibidik akan terlihat sangat jelas sementara objek lain yang letaknya jauh akan menjadi blur.

Selain pencahayaan dan jarak, yang harus diperhatikan adalah sudut pengambilan objek. Agar objek tidak terlihat gelap, perlu dipahami posisi objek dan sumber cahaya. Agar tidak terjadi efek backlight, objek harus berhadapan dengan sumber cahaya.

II. Aksesoris Tambahan

Aksesoris buat kamera ponsel ini juga dapat dibagi menjadi beberapa diantaranya,

a. LED Flash

Penggunaan LED flash yang tepat adalah pada lingkungan yang gelap atau minim cahaya. Bila dulu LED flash pada ponsel menggunakan 1 LED, ponsel terkini bahkan sudah menggunakan 2 (dual) LED. Tersedia juga LED khusus buat ponsel yang terdiri dari 4 hingga 16 LED yang dapat disematkan pada port audio. Dengan bantuan LED flash proses autofokus menjadi lebih mudah dan cepat.

b. Autofokus Khusus

Autofokus ini sebenarnya semacam sensor. Pada teknologi sebelumnya, ponsel melakukan autofokus dengan memanfaatkan prosesor dimana hasil pencitraan yang diterima oleh prosesor diolah sehingga didapat gambar yang jelas. Ponsel terkini sudah memanfaatkan sensor khusus yang mampu menghitung jarak sebuah objek sehingga didapat fokus yang tepat.

Sebagai contoh, seperti yang dimiliki oleh ponsel Asus Zenfone 2 Laser. Sebenarnya ini sudah disematkan pada Asus Zenfone Zoom. Sesuai namanya, Asus Zenfone 2 Laser adalah ponsel dengan fitur autofokus laser dan merupakan ponsel dengan apertur lensa f/2.0 sehingga mampu mengambil foto indah dengan resolusi tinggi tanpa shutter lag.

Fitur otofokus lasernya mampu mengurangi gambar buram dan memperbaiki stabilitas gambar dan Mode Low Light terbaik menggunakan teknologi penggabungan piksel untuk mengambil foto yang 400% lebih terang saat malam hari atau kurang cahaya, tanpa bantuan flash.

Sensor laser ini mampu mengukur jarak dalam kecepatan cahaya dan menterjemahkan fokus hanya dalam waktu 0,2 detik, terutama di kondisi minim cahaya. Outofokus laser juga bisa mempercepat proses foto close up, termasuk saat memotret objek yang lebih jauh.

c. Lensa Tambahan

Lensa tambahan ini tentunya membantu kamera untuk mendapatkan autofokus dengan lebih cepat. Lensa tambahan yang dapat disematkan pada ponsel diantaranya,

• Lensa Tele

Mungkin selama ini digital zoom bawaan Handphone android mungkin kualitasnya tidak terlalu prima. Dengan lensa jenis ini kita dapat mengambil objek yang berjarak jauh tanpa harus mengandalkan digital zoom dan hal ini tentu saja dapat menghindarkan hasil karya anda mengalami pixelation ataupun noise karena digital zoom. Lensa jenis ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar jarak jauh.

 

• Lensa Wide

Makna dari kata wide atau lebar artinya bisa mencakup sudut gambar yang luas sehingga lensa ini bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto.

• Lensa Makro

Untuk lensa jenis ini tentu saja anda sudah tidak asing lagi, fotografi macro saat ini memang sedang banyak digemari pelaku fotografi. Dengan lensa ini anda dapat mengambil objek yang bisa dikatakan kecil namun begitu detail misalnya mengambir gambar serangga dan lainnya. Biasanya lensa macro dan wide dijual lensanya dalam 1 paket.

III. Dengan Aplikasi Tambahan

Buat ponsel Android, terdapat beberapa aplikasi yang berfungsi untuk memaksimalkan fitur autofokus kamera diantaranya seperti HD Camera Ultra, Camera FV-5, High-Speed Camera dan masih banyak lagi.

Dikutip Dari Berbagai Sumber