pulsa-logo

Mengenal Perbedaan Jenis-jenis USB


Iwan Kurniawan

Rabu, 10 Februari 2016 • 13:30

mengenal, perbedaan, jenis, jenis, usb


Pada edisi ini, PULSA akan membahas mengenal perbedaan jenis USB, dan sering dijumpai pada printer, komputer, scanner, handphone, mouse, kamera digital, flash drive, dsb. Sebelum ada USB, lebih dulu dikenal port serial dan parallel. Namun untuk saat ini, port USB telah menjadi port komunikasi yang standar.

Istilah USB (Universal Serial Bus) tentu sudah tidak menjadi sesuatu yang asing lagi bagi teman-teman semua. Hal ini dikarenakan hampir setiap hari kita menjumpai banyak peralatan elektronik yang telah dilengkapi dengan perangkat USB. Sebut saja perangkat elektronik seperti komputer, laptop, printer, VDC player, televisi layar datar, printer, smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat USB.

Tentu saja perangkat USB yang ada sekarang telah menandai adanya perubahan proses transmisi data dari transmisi data secara paralel ke serial menggunakan kabel maupun nirkabel. Bahkan sekarang pengembangan perangkat USB sudah mencapai kesuksesan besar dilihat dari sisi kecepatan maupun kemudahan penggunaanya. Hal ini didasarkan pada pengembangan USB type C dengan versi terbarunya yaitu versi 3.1 sebagai pengembangan dari versi 3.0

Di dalam artikel ini, PULSA tidak secara khusus akan membahas mengenai USB tipe C versi 3.1 tetapi PULSA akan mengenalkan pengembangan perangkat USB dari beberapa tipe yang telah beredar di pasaran. Diantara tipe-tipe USB itu adalah USB tipe A, USB Tipe B, dan USB Tipe C. Artikel ini justru akan memberikan gambaran umum tentang tipe USB baik dari sisi perbedaan antar tipe USB dan berbagai versi dari standard USB. Secara umum, versi USB akan mengacu pada kecepatan dan fungsionnya, sedangkan tipe USB mengacu pada bentuk fisik dan kabel dari port dan colokan USB.