pulsa-logo

Rapor Vendor Smartphone Indonesia 2015


dian iskandar

Senin, 29 Februari 2016 • 13:00

raport, vendor, smartphone, indonesia


Tanda-tanda perekonomian Indonesia sudah mulai membaik bisa dilihat dari jumlah pengiriman smartphone di 2015. Berdasarkan riset dari eMarketer, Indonesia menduduki peringkat ke-tiga terbesar dalam total pertumbuhan pengguna smartphone di seluruh dunia setelah Cina dan India.

Menurut International Data Corporation (IDC), ada 8,3 juta smartphone dikapalkan ke Indonesia pada triwulan keempat 2015 (Oktober-Desember). Angka tersebut naik 14,4% dari 7,3 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.  Juga, triwulan keempat 2015 mengalami peningkatan berturut-turut yang jauh lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Dan untuk satu tahun penuh pengiriman smartphone tumbuh 17,1% menjadi 29,3 juta unit di 2015.

Sebagian besar vendor top mengalami pertumbuhan sekuensial dan pertumbuhan antar tahun. Namun yang paling mengejutkan adalah Asus. Pabrikan asal Taiwan itu mengalami pertumbuhan paling tinggi dan berhasil mencaplok 22% pangsa pasar.

Menurut Reza Haryo, Senior Market Analyst Mobile Phones  IDC, " Jumlah pengiriman Asus naik signifikan di triwulan keempat 2015 karena beberapa model yang diluncurkan pada akhir triwulan ketiga 2015 dan masuk di triwulan keempat penuh 2015. Asus juga meluncurkan model-baru Zenfone Go dan Zenfone Selfie diwaktu yang sama .

Padahal di 2014, posisi Asus menurut Counterpoint Research tidak masuk dalam lima besar. Keberhasilan Asus di Indonesia memang sudah terbaca ketika mereka meluncurkan Zenfone 5. Disusul dengan Zenfone 2 dan varian produk lainnya.  

Posisi pertama masih dipegang oleh Samsung yang berhasil mempertahankan posisinya selama beberapa tahun ini. Pun di pasar Global, pabrikan asal Korea Selatan itu masih belum tergoyahkan. Ini berkat keragaman lini produk Samsung yang menyasar ke semua segmen.


Di 2015 ini Samsung telah mengenalkan beberapa keluarga baru dari Seri J dan A selain produk flagship Galaxy S6 dan S6 Edge. Dan baru-baru ini, Samsung telah mendapat pengakuan istimewa dari MWC yang menobatkan Galaxy S6 Edge sebagai smartphone terbaik 2015.

 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42