pulsa-logo

Rapor Vendor Smartphone Indonesia 2015


dian iskandar

Senin, 29 Februari 2016 • 13:00

raport, vendor, smartphone, indonesia


Vendor Tiongkok

Vendor yang berbasis di Tiongkok terus memperluas pangsa mereka di pasar Indonesia. Di 2015, pangsa pasar vendor asal Tiongkok mengalami peningkatan dari 15% (periode yang sama tahun lalu) menjadi 21% di triwulan keempat 2015. Sebagian besar, mereka berhasil mencaplok pangsa pasar vendor lokal.

Diantara sekian banyak vendor Tiongkok, seperti Huawei, Lenovo, Oppo, Vivo, Xiaomi, dll, Lenovo yang terlihat paling menonjol. "Lenovo juga mulai pabrikan lokal di Indonesia dan A seri ponsel yang dibanderol dengan harga 100 dolar AS (Rp1 jutaan) yang cukup sukses di pasaran," tambah Reza.

Sementara itu, smartphone yang ditawarkan oleh vendor Tiongkok 2/3 nya adalah 4G enabled. Cukup fantastis mengingat di 2015 penetrasi smartphone 4G asal Tiongkok baru 6 persen saja. Vendor lokal pun telah memulai transisi menuju smartphone 4G dan Smartfren memimpin dengan Andromax 4G yang terjangkau.

 

Menurut catatan IDC, Advan, Evercoss dan Axioo baru saja meluncurkan smartphone 4G mereka di triwulan keempat 2015. Polytron dan Himax pun telah mengisi segmen ini selama beberapa kuartal, dengan volume yang terbilang masih kecil.

Penetrasi perangkat 4G enable ini juga diikuti oleh langkah para operator di Indonesia yang sudah mulai mempromosikan layanan 4G dengan lebih agresif dan telah bermitra dengan beberapa vendor handset untuk menawarkan perangkat bundling data 4G mereka.