pulsa-logo

Piranti Sandang Makin Populer


dian iskandar

Senin, 14 Maret 2016 • 11:29


Piranti sandang seperti gelang kebugaran, jam tangan pintar, kalung atau yang berbentuk cincin makin populer di kalangan pengguna gadget. Buktinya, menurut Strategy Analytics pengiriman jam tangan pintar berhasil mengalahkan jam tangan konvensional buatan Swiss.

Untuk pertama kalinya jumlah pengiriman smartwatches secara global pada triwulan keempat 2015 mengalahkan jumlah jam tangan Swiss. Strategy Analytics mencatat peningkatan pengiriman yang menguat terhadap Apple Watch untuk smartwatch secara keseluruhan.

Menurut direktur eksekutif Strategy Analytics 'Neil Mawston kepada CNET (18/2), "Industri jam tangan Swiss lambat bereaksi terhadap perkembangan smartwatches". Pengiriman jam tangan Swiss turun 5% tahun ke tahun selama periode Oktober hingga Desember 2015, sementara pengiriman smartwatch naik 316%".

Tumbuhnya popularitas jam pintar secara dramatis dan menurunnya minat konsumen pada jam tangan Swiss, sebagian besar disebabkan keengganan pabrikan jam tangan Swiss untuk merangkul teknologi piranti sandang, yang bisa diandalkan tidak hanya untuk melihat waktu juga memungkinkan pengguna untuk melihat panggilan, email, dan memeriksa tekanan darah.

Kondisi ini sebetulnya sudah diprediksi oleh desainer Apple Jony Ive pada 2014 silam. Sebuah sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada New York Times, Ive memprediksi pasar jam tangan mewah akan menemukan "masalah" setelah debut Apple Watch.

Meski begitu, beberapa merek jam ternama Swiss sudah mengantisipasi tren ini. Ungkapan "if you can't beat it, join it" tampaknya sangat cocok. Misalnya Tag Heuer. Pada November tahun lalu, merek jam tangan mewah Swiss itu merilis Connected Watch, yang didukung oleh sistem operasi Google Android wear.


Meskipun perusahaan berusia 155 tahun itu baru menyumbang 1 persen dari pasar smartwatch global pada kuartal keempat 2015, jauh di belakang Apple (63 persen) dan Samsung (16 persen). Jam tangan Swiss mungkin bisa bisa bersaing di beberapa tahun mendatang, jika mereka menghasilkan lebih banyak perangkat yang berorientasi teknologi untuk merebut perhatian konsumen.