pulsa-logo

Windows Phone Sudah Tamat?


dian iskandar

Senin, 28 Maret 2016 • 11:25

windows, phone, sudah, tamat


Lima tahun lalu, Windows Phone menjadi penyeimbang dua kekuatan besar pemain OS mobile Android dan iOS. Langkah Microsoft mengembangkan Windows Phone 7 sebagai ekosistem mobile ketiga, sudah benar.  Tapi ternyata sekarang Microsoft harus mengakui keperkasaan iOS dan Android.

Microsoft hanya menjual 4,5 juta perangkat Lumia pada kuartal keempat 2015, ini tidak sampai setengahnya dibandingkan dengan 10,5 juta pada waktu yang sama tahun lalu. Penurunan 57 persen, pasti sangat memukul Microsoft. Bahkan jika pada kuartal tersebut saja Microsoft bisa menggenjot penjualan hingga 57 persen, tidak akan cukup untuk menyelamatkan Windows Phone sekarang.

Microsoft dan Nokia telah menjual total 110 juta Windows Phone. Angka ini terlalu kecil jika dibandingkan engan 4,5 miliar perangkat iOS dan Android pada periode yang sama. IDC baru-baru ini melaporkan bahwa 400 juta ponsel terjual pada kuartal pertama 2016, dan hanya 1,1 persen saja diraih oleh Windows Phone Lumia.

Periode itu memang tak banyak perangkat Lumia yang dilempar ke pasar oleh Microsoft. Hanya ada Lumia 950 dan Lumia 950 XL, dan keduanya menyisakan kekecewaan dengan sistem Windows 10 Mobile yang belum terlalu sempurna.

Apa rencana mereka di 2016?

Februari lalu, Microsoft mengumumkan Lumia 650, smartphone ramah anggaran yang tidak terlalu digembar-gemborkan.  Banyak yang menyebut bahwa ini adalah perangkat terakhir Lumia dan Microsoft akan menggantikannya dengan Sureface Phone.

Apakah Microsoft memiliki strategi atau mereka hanya membiarkan Windows 10 Mobile dan Lumia layu? Ada beberapa kemungkinan langkah yang bakal diambil oleh Microsoft.