pulsa-logo

Pertumbuhan Smartphone Tahun Ini Diprediksi Melambat


dian iskandar

Senin, 11 April 2016 • 13:36

pertumbuhan, smartphone, tahun, diprediksi, melambat


Perkembangan smartphone mungkin sudah mencapai titik paling klimaks di tahun ini. Lihat saja, hampir tak ada fitur baru yang disuguhkan pada model-model terbaru. Pemindai sidik jari, tahan air dan debu, layar lengkung, fast charging, semuanya sudah ada pada smartphone terdahulu.

Mungkin itu juga yang mempengaruhi pertumbuhan smartphone ikut melambat.  Menurut Gartner, penjualan smartphone global untuk pertama kalinya akan menunjukkan pertumbuhan satu digit pada tahun 2016.

Melambatnya pertumbuhan ini sudah terlihat pada triwulan terakhir 2015 lalu dimana Gartner mencatat pertumbuhan hanya 9,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan tersebut adalah yang terendah sejak terjadi  booming  smartphone 2008 silam.

Bahkan Apple iPhone untuk pertama kalinya mengalami penurunan penjualan pada kuartal terakhir 2015 dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Pada kuartal terakhir 2015 tersebut penjualan iPhone mencapai 71 juta unit. Sebagai catatan, periode yang sama 2014, Apple berhasil menjual 75 juta unit.

Nah, di 2016 ini penjualan smartphone di seluruh dunia diperkirakan mencapai 1,5 miliar unit, atau hanya naik 7% dibanding 2015, sedangkan total pasar ponsel akan mencapai 1,9 miliar unit, kata Gartner.

"Era pertumbuhan dua digit untuk pasar smartphone global telah berakhir," kata Ranjit Atwal, Direktur Riset di Gartner. "Secara historis, kondisi ekonomi yang memburuk berdampak pada penjualan smartphone, tapi kini tidak lagi. Penjualan smartphone China dan Amerika Utara cenderung datar pada tahun 2016, dengan pertumbuhan masing-masing 0,7% dan 0,4%."

 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42