pulsa-logo

10 Perubahan di iOS 10


tabloid pulsa

Kamis, 28 Juli 2016 • 16:41

iOS, iOS 10, update iOS 10, update OS apple, cara update iOS, apple, tabloid tutorial update iOS 10, tabloid pulsa


 

Dalam event akbar tahunan untuk pengembang dan perusahaan perangkat lunak yakni  WWDC (Worldwide Developers Conference) yang berlangsung tanggal 13–17 Juni 2016 di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Apple memberikan banyak “kejutan” bagi pecinta  produk dan layanan  berbasis iOS.

Salah satu kejutan manis yang diumumkan oleh Apple adalah dirilisnya versi terbaru dari system operasi  iOS, yakni iOS 10. Awalnya, banyak yang menduga  bahwa  iOS 10 hanyalah versi update baru dengan adanya perbaikan-perbaikan bug dan semacamnya dari iOS 9. Namun pendapat itu salah! Apple memberikan banyak fitur baru di iOS 10. Bahkan setidaknya ada 15 hal baru yang dihadirkan Apple di iOS 10. Kami mencoba merangkum 15 hal baru yang ada di iOS 10 untuk Anda!

 

1.    SIRI

 

Hampir setiap ada update iOS, para pengembang sistem operasi ini selalu berkonsesntrasi untuk menambah kecerdasan si asisten pribadi, SIRI.  Demikian juga yang terjadi saat Apple memperkenalkan fitur-fitur baru di iOS 10.


Apple mengatakan bahwa mereka akan menghadirkan update Siri yang menjadikan Siri semakin cerdas, lebih terbuka dan memperluasnya untuk pihak ketiga.

 

 

Sehingga bisa memungkinkan  Siri untuk menerima perintah-perintah yang kompleks dan “agak ribet” seperti misalnya Anda meminta Siri untuk mencari restoran China yang paling dekat di lokasi Anda tinggal, lalu Anda meminta Siri untuk menampilkan informasi apakah restoran itu memiliki lapangan parker yang memadai atau tidak, dan berapa kapasitas pengujungnya.

Kabar gembiranya, SIRI juga akan hadir di Mac OS alias perangkat yang jauh lebih advanced ketimbang iOS.

 

2.    USER INTERFACE

 

Di event WWDC 2016, Apple juga mengumumkan bahwa mereka telah  men-desain ulang  user interface lockscreen. Sekarang, di UI yang baru tersebut, sudah  mendukung fitur baru yang memudahkan Anda untuk menjadikan iPhone Anda siaga lebih cepat, cara yang lebih mudah untuk mengakses kamera   yakni hanya dengan menggeser layar ke kiri. Jika Anda  geser layar  ke arah kanan maka Anda akan menemukan halaman widget Anda.

 

 

Tak hanya itu, Apple juga sudah mendesain ulang  bagian tab notifikasi dengan tampilan  baru yang lebih segar dan kembali menampilkan widget. Control Center sekarang terdiri dari dua panel - satu dengan  toggles dan satu dengan kontrol musik. Desainnya juga dilengkapi bubbles khas iOS.  Ada sepertiga Control Center Tab jika Anda menggunakan Home dengan UI  baru ini. Selain itu, Apple  juga memberikan akses shortcut untuk 3D Touch.

Manfaatkan 3D Touch untuk “menandai” kontgen yang Anda sukai. Misalnya, saat Anda membuka sebuah konten, lalu Anda menyukainya, maka Anda bisa langsung snap sebagai widget baru di laman Today di perangkat  iOS Anda. Jadi amat memudahkan Anda untuk membuka berbagai layanan dan konten yang memang  cukup sering Anda buka.

 

3.    QUICKTYPE KEYBOARD

 

Apple merilis pembaruan untuk  virtual keyboard yang kini  telah ditingkatkan dengan mengintegrasikan  kecerdasan Siri. QuickType Keyboard  sekarang dapat merasakan apa yang ingin Anda katakan atau memunculkan berbagai kemungkinan fontasi  input teks.  

 

 

Adapun virtual keyboard Apple baru  ini dapat membaca pesan Anda dan menyarankan Anda berbagai tinjauan, membuat acara, berbagi lokasi Anda, mengingat -ingat alamat baru Anda, dan bagian yang terbaik adalah mendukung pengetikan multibahasa.

 

 4.    INTEGRASI MENDALAM DI OS X

 

 

Sejak Apple pertama kali memperkenalkan beberapa fungsi lintas platform antara iOS dan OS X pada tahun lalu, muncul  prediksi adanya kemungkinan  Apple untuk lebih mengembangkan iOS terbaru  tersebut. Dengan menghadirkan OS X yang memungkinkan Anda untuk menggunakan berbagai aplikasi lintas perangkat. Sama halnya dengan  penggunaan aplikasi  lintas perangkat  yang memang menjadi sesuatu yang lumrah di Windows 10 dan Windows mobile.  Tentu kemudahan yang dihadirkan untuk iOS dan OS X ini akan dirasa sangat menyenangkan untuk semua penggunanya.

 

 5.    APLIKASI PHOTOs

 

Aplikasi Photos  ternyata juga menjadi titik fokus  Apple yang mendapat berbagai peningkatan dan fitur baru.  Selain aplikasi Photos kini menjadi lebih ringan, dibekali dengan kinerja yang stabil dan perbaikan dari bug, kini aplikasi Photos  sekarang dapat menampilkan foto Anda pada peta. Apple kini juga menghadirkan fitur Face Recognition yang di mana dengan fitur ini, memungkinkan Anda untuk dapat  mengurutkan foto berdasarkan  wajah teman-teman Anda, dan memudahkan pencarian foto teman-teman Anda.  

 

 

Selain itu ada sebuah fitur baru yang keren yakni Menories yang memudahkan Anda  untuk mendapatkan berbagai informasi terkait foto yang ditampilkan. Fitur Memories memperlihatkan foto berdasarkan lokasi atau momen yang terkait, misalnya momen tentang ulang tahun, kematian, persalinan dan sebagainya. Apple mengatakan bahwa mereka meningkatkan aplikasi Photos ini dengan menyisipkan teknologi AI (artificial intelegence) yang secara pintar bisa memilah-milah berbagai topik, objek, hingga wajah yang tertangkap di foto.

 

 6.    MAPS

 

Di WWDC 2016, Apple juga  meningkatkan kemampuan Aplikasi Maps. Kini, tiap pengguna dapat melakukan pencarian sebuah lokasi  selama navigasi sedang  berjalan. Di pembaruan aplikasi Maps ini  juga memuat  tampilan Dynamic View dan kemampuan memesan  berbagai jasa transportasi  langsung dari Maps. Terdengar menyenangkan bukan? Karena Maps versi terbaru memungkinkan Anda untuk  mem-booking  atau mereservasi  taksi, Uber atau mengetahui rute dan jadwal kereta api dengan sangat mudah.

 

 

Aplikasi Maps juga  menghadirkan layer yang  lebih sederhana, lebih cerdas, dan bantuan yang “proaktif” untuk pengguna.  Maps versi terbaru juga akan memberikan dukungan bagi Anda untuk menyajikan berbagai informasi   yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan  rute tercepat dengan menampilkan rute  lalu lintas di sekitar Anda dan menunjukkan tempat-tempat rawan macet yang  terdekat dengan lokasi Anda berada. Selain itu, aplikasi Maps di CarPlay juga memiliki beberapa fitur baru seperti memperluas navigasi turn-by-turn ke tampilan dashboard Anda.

 

7.    APPLE MUSIC

 

Apple turut merombak tampilan layanan musik streamingnya, yakni Apple Music. Apple Music adalah layanan musik streaming, yang dikembangkan oleh Apple Inc. Pengguna  dengan leluasa bisa memilih-milih berbagai  lagu yang dinikmati secara streaming ke perangkat mereka on-demand, atau mereka dapat mendengarkan yang ada melalui playlist.

 

 

Apple Music kini telihat lebih menarik, mudah dioperasikan  dan memiliki tampilan interface yang simpel. Layanan ini juga menghadirkan lirik pada lagu yang diputar. Apple Music mendapat antarmuka halus dan segar , dan dengan tampilannya kini yang lebih sederhana akan  membuat Anda jadi  lebih mudah untuk menemukan musik , artis dan berbagai lagu yang Anda sukai  di Apple Music.

 

 8.    APPLE NEWS

 

Meskipun Aplikasi Apple News  masih tergolong baru, saat  Apple merilis aplikasi ini pada akhir September  2015 lalu (pertama kali hadir di iOS 9), namun  animo pengguna aplikasi ini di  perangkat berbasis iOS sangat tinggi.

Salah satunya adalah perombakan tampilan (UI) Apple News yang kini menjadi lebih segar  dan dukungan notifikasi. Lalu, Apple juga mengumumkan kehadiran fitur baru  di Apple News yakni  membuat subtopik untuk Anda - yaitu jika Anda ingin membaca tentang Euro 2016, aplikasi Berita otomatis akan membuat subkategori untuk Euro 2016. Sangat mudah dan menyenangkan bukan?

 

 

Aplikasi Apple News kini  mendukung langganan (subscription), sehingga Anda bisa mendapatkan semua konten yang  gratisan dan berbayar  dalam satu tempat  yakni di aplikasi  Apple News. Selain itu, Apple News juga kini memuat Breaking News  di homescreen, yang merupakan fitur baru yang  dibawa di update terbaru ini.

 

 

9.    iMessage

 

Apple tidak luput memperbaharui  aplikasi  pesan instan-nya yakni iMessage.  Selain menghadirkan peningkatan kemampuan di aplikasi khas bawaan Apple ini, Apple juga kini menghadirkan tampilan emoji yang  ukurannya lebih besar tiga kali, efek buble, digital touch layaknya Apple Watch dan dukungan tulisan tangan alias handwriting .

 

 

Tidak hanya itu, Apple pun menghadirkan App Store untuk iMessage. Pengguna dapat membeli beragam stiker yang mewakili personalisasi dan kebutuhan pengguna dan  beragam aplikasi pihak ketiga. Untuk menampilkan semua itu  pada iMessage, Apple menambahkan app drawer di bagian laman muka  iMessage.