Atrk

Deretan Fitur yang Bakal Tren di 2017

Menjelang pergantian tahun biasanya banyak diskon yang ditawarkan. Termasuk salah-satunya pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang berlangsung 12 Desember lalu. Anda mungkin salah-satu yang ikut memanfaatkan diskon yang ditawarkan, atau malah tidak tertarik lantaran menungggu produk baru yang akan muncul di 2017.

Mengingat persaingan yang makin ketat, tahun 2017 juga akan menjadi pembuktian para pabrikan ponsel untuk menawarkan sesuatu yang baru. Beberapa produk sudah banyak digosipkan semisal Samsung Galaxy S8, iPhone 8 hingga LG G6. Meski begitu, belum satu pun fitur yang terungkap. Bahkan nomor modelnya pun bisa meleset dari prediksi.

Sedikit berbicara mengenai Samsung, tampaknya pabrikan asal Korea ini tengah menyiapkan kejutan bagi penggemarnya. Samsung Galaxy S8 dipercaya bakal melupakan kekecewaan para penggemarnya terhadap Note 7.  Rupanya, untuk kejutan ini, petinggi Samsung sampai mewanti-wanti semua karyawannya agar tidak membocorkan informasi terkait fitur maupun bentuk dari penerus Galaxy 7 series.

Kepala Bisnis Mobile Samsung Electronics seperti diberitakan The Investor Korea (16/12), Koh Dong-jin mendesak karyawan untuk memperketat keamanan sebelum perilisan smartphone unggulan Galaxy S8.

Pesan tersebut dikirim dalam sebuah email kepada karyawan pada 15 Desember. Koh mengatakan, merasa sangat menyesal mendengar kabar tentang upaya terbaru pada pelanggaran data dan bocoran prototipe," menyerukan kehati-hatian atas kemungkinan bocornya informasi perusahaan.

Jadi, semua informasi mengenai Galaxy S8 yang banyak tersebar bisa disimpulkan hanya sekedar gossip saja. Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa ditebak. Ini terkait dengan beberapa perkembangan teknologi terbaru pada fitur smartphone iitu sendiri. Nah, beberapa fitur baru ini juga disebutkan oleh beberapa kalangan bakal nge-hits di 2017.
International Business Times telah menerbitkan daftar dari 5 fitur smartphone yang bisa menjadi tren untuk industri di tahun 2017. Ini dia:

1. 4K Display

Display 4 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Ini bukan teknologi yang benar-benar baru. Resolusi tinggi pada layar smartphone telah ditawarkan oleh Sony sebelumnya yakni pada seri Xperia Z5. Meski begitu, teknologi ini diperkirakan akan lebih popular di tahun depan. Dan Samsung Galaxy S8 disebut-sebut akan menyandang layar ini. Jadi di 2017 nanti, kita akan melihat antara layar 4K UHD dan 4K OLED.

2. Layar edge-to-edge

Edge To Edge Display Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Bezel atau tepian dianggap tidak lagi mempercantik tampilan ponsel. Ini sudah dibuktikan dengan Xiaomi yang mengeluarkan seri Mi Mix. Layar Mi Mix memiliki rasio 91,3%, atau paling besar untuk saat ini.

Xiaomi  Mi Mix  adalah smartphone paling indah yang pernah dibuat oleh  Xiaomi. Dikembangkan dalam kemitraan dengan Philippe Starck, sebuah  perusahaan titan dalam dunia desain produk, Xiaomi  Mi Mix  memiliki fitur layar berukuran  6,4 inci  dengan resolusi  1080 x 2040 pixels  dengan tingkat kerapatan layar  ~362 ppi pixel density. Xiaomi Mi Mix  memiliki  bodi yang ramping seluruhnya terbuat dari keramik dan bebas dari bezel pada tiga sisinya.

Di 2017, Samsung diisukan juga akan memiliki layar yang memukau. Selain resolusi tinggi yang tadi disebutkan, jagoan Samsung mendatang digadang-gadang bakal tampil tanpa besel. Ini sejalan dengan gossip yang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S8 akan tampil tanpa tombil home fisik.

Selain Samsung, LG juga tak mau kalah untuk urusan layar. Flagship mendatang seri G6 disebut-sebut akan memiliki layar edge-to-edge dengan bezel tertipis yang pernah ada.

3. Bluetooth 5.0

Bluetooth 5 hadir dengan bandwidth dua kali lipat, empat kali jangkauan, dan delapan kali kapasitas pesan siaran jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni  Bluetooth 4.2 bila digunakan dengan perangkat berenergi yang rendah.

Bluetooth 5 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Kecepatan maksimum menjadi 2Mbps, naik dari 1Mbps. Bandwidth tersebut akan turun jika digunakan untuk jangkauan yang jangkauan yang lebih jauh sambil mempertahankan kebutuhan daya yang sama rendah. Spesifikasi lainnya adalah peningkatan  fleksibilitas,  dalam hal ini, pengembang bisa membuat pilihan terbaik untuk produk mereka  dalam kasus tertentu.

Bluetooth 5 mendukung paket besar data dibandingkan pendahulunya, bekerja dengan paket 255-oktet, bukan yang 31-oktet. Ini berarti lebih efisien penggunaan band 2.4GHz, dengan waktu pairing  dan transfer yang sangat cepat. Nah, Bluetooth versi 5 ini banyak disebutkan akan hadir pertama kali di Samsung Galaxy S8.

4. Teknologi Prosesor 10nm

10nm Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Perkembangan smartphone tak luput dari perkembangan pada teknologi chipset-nya. Pabrikan chipset pun ikut berlomba-lomba memenuhi kebutuhan akan prosesor yang efisien. Teknologi prosesor 10nm diperkirakan akan menjadi menjadi standar utama global karena memberikan kinerja dan penggunaan baterai yang lebih baik dari teknologi 14nm saat ini.

Pengembang chipset mobile seperti Samsung, Qualcomm dan MediaTek telah menawarkan teknologi terbaru mereka yang berbasis pabrikasi 10nm. Smartphone-smartphone dengan chipset tersebut baru akan muncul di 2017.

5. Sistem Dual-camera

P9 Plus 2 Images Data 2017 Januari Thumb Other400 0

Smartphone berkamerea ganda telah menghiasi lini produk di 2016. Huawei LG bahkan Apple telah mengenalkan produk mereka dengan kekuatan kamera ganda ini. Sebagai pembawa tren, Apple memang bukan yang pertama menyandang fitur ini. Tapi ini bisa diartikan bahwa dual kamera adalah fitur yang menjanjikan.

Di tahun mendatang, fitur ini akan menjadi mainstream. Tidak hanya untuk produk-produk high end, namun juga akan dibawa oleh produk-produk kelas menengah. APalagi, Samsung juga belum mencicipi fitur ini. Jadi bisa diprediksi bahwa smartphone dual kamera akan lebih ramai dari tahun ini. (*)

Berbagai sumber
 

Rate this item
(0 votes)