pulsa-logo

2018, Pengiriman Smartphone Diprediksi Meningkat


Kurdi

Rabu, 25 Oktober 2017 • 13:22

pasar ponsel, smartphone 2017, smartphone 2018, penjulan smartphone, iPhone X


Pasar ponsel smartphone di tahun depan akan bergerak positif. Setidaknya menurut analisa Gartner, pengiriman smartpone di 2018 akan mencapai angka 1,926 miliar perangkat. angka ini naik dari perkiraan pengiriman smartphone tahun ini yang diprediksi mencapai 1,882 miliar.

Dibandingkan dengan perangkat lain seperti PC, Notebook, dan peralatan computer lainnya, perangkat smartphone semakin mendominasi. Jika ditotal, seluruh perangkat tersebut diperkirakan akan mencapai angka 2,352 miliar perangat. Itu juga berarti pengiriiman smartphone mencapai angka 81,88% dan sisanya adalah PC, laptop dan (mungkin) tablet.

Total pengiriman perangkat PC, Laptop dan smartphone memang tidak terlalu signifikan secara prosentase, hanya 2% saja. Tapi ini merupakan kenaikan terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya sejak 2015. Yang juga mengejutkan adalah perkiraan kenaikan pada perangkat PC. Di 2018, pengiriman PC diprediksi naik 0,8 persen. Kenaikan tersebut di dorong positifnya penjualan PC untuk bisnis.

Pengiriman PC bisnis diperkirakan kembali tumbuh pada akhir 2017, didorong oleh cepatnya peralihan ke Windows 10 di banyak wilayah, terutama di Eropa Barat. "Terlepas dari kenyataan bahwa harga telah meningkat karena biaya komponen yang lebih tinggi, penggantian Windows 10 telah membuat pasar PC relatif stabil hingga 2017," kata Ranjit Atwal Drektur Riset Gartner seperti dikutip dari laman resminya (17/10). "Kami memperkirakan bahwa pasar PC (notebook berbasis meja, notebook dan ultramobiles) akan kembali ke (masa) pertumbuhan 0,8 persen pada 2018."

Tren kenaikan ini dibantu oleh dua faktor. Pertama, pasar PC di Rusia (yang) telah dipengaruhi secara positif oleh kenaikan prospek ekonomi negara tersebut, yang kini telah melihat belanja bisnis untuk PC meningkat 5 persen pada 2017. Pertumbuhan ini akan berlanjut sampai 2018.

Faktor kedua adalah Cina, di mana peralihan ke Windows 10 telah tertunda karena masalah keamanan dan privasi, yang menyebabkan penjualan PC menjadi lambat pada 2017. Namun, Microsoft sekarang bekerja dengan sebuah badan pemerintah Cina untuk mengembangkan versi yang disetujui oleh pemerintah. "Fitur Windows 10 bisa sangat berguna bagi Pemerintah China yang ingin beralih dari desktop dan notebook ke perangkat premium ultramobile," lanjut Atwal. "Kami berharap perkembangan ini berdampak positif pada pasar PC di tahun 2018."

Pertumbuhan Pengiriman Smartphone Ditopang oleh iPhone X


Hal yang menarik yang disampaikan oleh perusahaan riset Gartner adalah pertumbuhan pengiriman smartphone yang diprediksi naik itu ditopang oleh iPhone X. Gartner memperkirakan iPhone X akan terjual dengan baik di Amerika Utara, Cina dan Eropa Barat, meski harganya mahal.

"Mengingat ketersediaan iPhone X pada akhir bulan November, kami memperkirakan siklus penggantian iPhone akan mengalir lebih kuat (hingga ) ke 2018," kata Roberta Cozza, direktur riset di Gartner.

Kita tahu bahwa iPhone X merupakan produk baru dari Apple dalam rangka memperingati sepuluh tahun kelahiran iPhone. Produk ini telah diumumkan pada September lalu, namun untuk ketersediaannya baru akan muncul di November.

iPhone X sendiri masih dibayang-bayangi oleh masalah pasokan terhadap membludaknya permintaan. Meski dikabarkan iPhone X saat ini sudah mulai dikirim ke pelanggan tapi jumlahnya masih sangat kecil. Masalah pasokan ini terkait dengan ketersediaan komponen seperti kamera TrueDepth yang menjadi fitur penting di iPhone X.

Hal itu yang membuat Gartner menyimpulkan bawa ketidakmampuan untuk memenuhi permintaan smartphone pada kuartal keempat tahun 2017, maka akan mendukung penjualan yang bergerak ke tahun 2018.

Meski demikian, analis yang akrab dengan isu seputar Apple, Ming Chi Kuo, mengatakan bahwa produksi iPhone X di 2017 akan mencapai 35 juta unit. Dan kabar terakhir menyebutkan bahwa iPhone X tak akan delay.

Menurut sebuah laporan yang dikutip dari Phonearena (16/10), 400.000 unit  iPhone X meluncur dari jalur perakitan Foxconn setiap minggunya, naik dari angka sebelumnya 100.000. Masalahnya, jumlah permintaan yang lebih tinggi tetap tidak akan sebanding dengan pasokan.

Menurut beberapa analis, suplasi kamera TrueDepth adalah penyebab terganjalnya pasokan iPhone X karena hasil manufaktur dilaporkan telah turun di bawah 10%. Analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo sebelumnya menyebut produksi iPhone X akan mencapai 30 juta - 35 juta unit pada 2017.

"Penurunan permintaan ponsel di tahun 2017 juga diperkirakan akan datang dari pasar smartphone yang lebih murah di bawahnya, "kata Cozza. "Untuk segmen ini, vendor lokal terus berjuang untuk menjadi brand papan atas, sementara kenaikan harga komponen mempengaruhi kemampuan beberapa vendor Android untuk bersaing lebih agresif lewat harga." Sementara ini diperkirakan akan membatasi pertumbuhan smartphone di tahun 2017, tingkat pertumbuhan 2018 diperkirakan akan lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Penjualan ponsel diperkirakan akan kembali ke pertumbuhan year-over-year di tahun 2018, dengan pengiriman sebesar 1,9 miliar unit. Smartphone akan mewakili 86 persen dari total pengiriman ponsel pada 2018, naik 6 persen dari 2017.

Prediski Gartner ini tak terlalu berlebihan. Sebab di 2018, beberapa produk ikonik juga akan bermunculan. Samsung sebelumnya juga santer dikabarkan akan menelurkan smartphone berlayar lipat di 2018.

Semoga saja pasar smartphone Indonesia juga bisa berkontribusi banyak di 2018. (*)

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42