pulsa-logo

Beli Sekarang atau Tunggu Smartphone Jagoan 2018?


dian iskandar

Rabu, 17 Januari 2018 • 14:13

xiaomi, samsung, lg, nokia, huawei


IstimewaIstimewa

Sebentar lagi tahun berganti. Seperti tahun-tahun sebelumnya, momen penghujung tahun selalu diwarnai dengan potongan harga. Mulai dari Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diselenggarakan oleh perusahaan e-commerce, maupun program dari menarik lainnnya dari toko-toko mitra para pabrikan. Meski begitu, Anda tetap punya alasan untuk tidak membeli smartphone kesayangan Anda setidaknya menunggu hingga tahun 2018 yang tak lama lagi.

Setiap pergantian tahun, sudah bisa dipastikan akan muncul model-model baru yang pasti lebih menggoda. Juga, kita boleh berharap ada fitur baru yang lebih kekinian dari smartphone yang ada di tahun ini. Beberapa model sudah muncul di beberapa bocoran. Bahkan ada yang memang sudah diluncurkan tapi tetap baru akan dipasarkan di tahun depan.

Anda bisa melirik produk-produk smartphone terbaru di awal tahun. Setidaknya kita akan disambut dengan dua pameran terbesar dunia dimana banyak pabrikan smartphone biasanya ikut meramaikan ajang tersebut untuk mengenalkan perangkat atau fitur terbaru mereka.

Momen terdekat ada Consumer Electronic Show (CES) 2018 di Las Vegas Amerika Serikat yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-12 Januari 2018. Dari laman resmi CES, ajang tersebut diketahui akan diikuti oleh 4.000 eksibitor dan 1.200 pembicara. CES 2018 akan dihiaisi produk-produk terbaru yang berkaitan dengan elektronik. Jadi tidak hanya smartphone, ada juga yang terkait otomotif, kesehatan sampai peralatan tumah tangga.

Pemeran lainnya yakni Mobile World Congress (MWC) di Barcelona Spanyol. Ajang ini akan diselenggarakan pada 26 Februari – 1 Maret 2018 dan pesertanya lebih dikhususkan pada industri yang terkait dengan teknologi mobile.

Calon Smartphone Jagoan 2018

Gambar yang diduga sosok Mi 7 dengan layar penuh (sumber: AndroidHeadline)Gambar yang diduga sosok Mi 7 dengan layar penuh (sumber: AndroidHeadline)


Persiapan vendor smartphone dalam rangka menyambut 2018 sedikitnya bisa terbaca dari sekarang. Meskipun beberapa informasi masih bersifat bocoran atau sekedar gosip tapi ada juga yang memang disebutkan oleh para petinggi di perusahaan itu. Xiaomi misalnya, pada 2018 mendatang diketahui akan menyiapkan flagship terbaru Mi 7.

Kabar ini datang dari dari Lei Jun sang CEO pada ajang Qualcomm Summit di Hawai beberapa waktu lalu. Dikutip dari Kompas.com (6/12), Xiaomi Mi 7 akan menggunakan chipset Snapdragon 845, yakni prosesor kelas atas terbaru dari Qualcomm.

Selain itu, Xiaomi Mi 7 juga akan dibekali dengan sederet fitur papan atas lainnya seperti RAM sebesar 6 GB, sepasang kamera dengan sensor 16 MP dengan bukaan f/1.7. Mi 7 pun digadang-gadang bakal menyandang layar 18:9 dengan bodi berlapis kaca.

Selain Mi 7, flagship Xiaomi lainnya yang diperkirakan bakal hadir adalah Mi Mix 3. Kabarnya sih, Xiaomi Mi Mix 3 akan menghadirkan fitur kamera yang canggih. Bahkan mirip dengan iPhone X.

Sebuah bocoran spesifikasi terbaru dari Xiaomi Mi Mix 3 seperti dikutip PULSA dari Gizchina (10/12), telah muncul di Weibo yang menunjukkan bahwa Xiaomi kemungkinan akan menggunakan kamera ganda pada smartphone seri Mix generasi berikutnya.

Dalam postingan tersebut tampak panel belakang yang diyakini berasal dari Mi Mix 3. Ada bagian yang memang  mirip dengan iPhone X yang terlihat jelas, yakni kameranya. Di casing tersebut tertera merek  Xiaomi  yang tertulis secara vertikal yang mirip dengan logo yang tertera di Mi Mix 2. Selain itu, tidak banyak yang bisa kita lihat dari bocoran gambar yang beredar di Weibo tersebut.

Memang sih, bocoran gambar itu masih sebatas rumor dari desain Mi Mix 3 yang kemungkinan masih belum selesai di tahap finishing. Bocoran itu kabarnya merupakan salah satu prototipe dari casingnya.

Samsung Bakal Luncurkan Galaxy S9

PULSAPULSA

Sebagai pemimpin pasar smartphone global, Samsung tentu juga punya kejutan lewat flagship mendatang seri S9. Jauh-jauh hari, penampakan sosok Galaxy S9 sudah bermunculan. Meskipun tak satupun yang keluar dari Samsung, jadi masih bersifat rumor.

Satu-satunya render yang mungkin mendekati nyata adalah yang dipublish oleh pabrikan aksesoris pelindung ponsel atau casing tambahan dari perusahaan bernama Ghostek. Dari situ bisa diperkirakan desain Samsung Galaxy S9 akan menyandang layar lebih lega dengan bezel super tipis. Bahkan disebut-sebut aspek rasio body-to-screen bisa mencapai 90 persen.

Samsung Galaxy S9 sendiri diperkirakan akan diluncurkan pada awal 2018. Ini bisa dilihat dari beberapa kebiasaan Samsung dalam meluncurkan flagship terbaru merek beberapa tahun belakangan ini. Misalnya, Galaxy S8 yang diperkenalkan pada Maret 2017 dan kemudian dirilis April. Juga Samsung Galaxy S7 yang diumumkan pada Februari 2016 silam lalu di rilis pada Maret di tahun yang sama. Jadi, tak terlalu berlebihan jika kita berharap Samsung bakal punya kejutan di ajang MWC Februari mendatang.

Samsung Galaxy S9 diharapkan bakal mencicipi chipset Exynos terbaru dan Qualcomm 845 untuk pasar Amerika Serikat.

LG G7

Hampir serupa dengan Samsung, momen peluncuran flagship LG juga mengambil waktu pada awal-awal tahun. Ini sudah dilakukan sejak peluncuran LG G4 yang diluncurkan pada bulan April, lalu kemudian diikuti juga dengan LG G5 dan terakhir LG G6 pada Februari 2017 lalu. LG juga punya kebiasaan meluncurkan dua seri flagship per tahunnya, satu seri G dan satu lagi seri V.

Sementara itu, ada beberapa rumor yang menarik mengenai spesifikasi dan fitur LG G7, yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa perangkat itu disebut-sebut akan dibekali pemindai iris tingkat lanjut, dengan upgrade yang futuristik. Pun, flagship tersebut dikabarkan akan hadir dengan chip Qualcomm Snapdragon 845.

Nokia 9

render Nokia 9 yang beredar di Internet (sumber: wccftech.com)render Nokia 9 yang beredar di Internet (sumber: wccftech.com)

Kabar yang sudah mendekati kebenarannya adaah kehadiran Nokia 9. Ini akan menjadi perangkat premium pabrikan asal Finlandia. Isunya, Nokia 9 akan mengenakan layar lengkung ditepinya dengan aspek ratio 18:9. Bahkan akan dibekali juga dengan fitur ketahanan air.

Untuk kamera, Nokia 9 juga digosipkan akan menampilkan kamera besutan Carl Zeiss dengan fungsi fungsi wide-angle dan zoom pada kamera belakang. Ada juga rumor yang menyebutkan Nokia 9 bakal menyandang dual kamera belakang. Sebelumnya Nokia 9 digembar-gemborkan bakal muncul di akhir 2017, tapi hingga saat ini kabar tersebut tidak terbukti. Jadi, kemungkinan Nokia bakal meluncurkannya di 2018.

Huawei Mate

Baru-baru ini muncul gambar bocoran yang mirip presentasi produk milik Huawei. Ini memang baru sekedar bocoran jadi statusnya belum terkonfirmasi. Dan memang tak banyak kejutan, sebab beberapa bocoran lainnya juga pernah menyinggung mengenai produk Huawei tersebut. Setidaknya di 2018, Huawei bakal meluncurkan tiga smartphone seri P yakni P Plus, P dan P Lite pada triwulan kedua 2018.

Namun, untuk kuartal pertama 2018 (Januari – Maret), berdasarkan bocoran tersebut, Huawei berencana untuk mengenalkan Mate 10 Pro dan Mate 10 Lite untuk dijual ke banyak Negara, dan ada tiga smartphone baru juga yakni: Maya, Salina dan Honor, tapi ini hanya nama kode bukan model.

Nah, dari beberapa informasi ini, diperkirakan awal 2018 bakal diwarnai dengan flagship-flagship menarik yang cukup beralasan untk ditunggu.