pulsa-logo

Metal, Plastik atau Kaca, Mana Bahan yang Terbaik untuk Handphone?


dian iskandar

Selasa, 21 Agustus 2018 • 19:30

honor 10, iphone 4, nokia 6, nokia 1


Honor 10 dengan bodi kaca (glass)Honor 10 dengan bodi kaca (glass)

Model ponsel boleh dbilang tak mengalami banyak perubahan ketika memasuki era ponsel pintar dimana sebagian besar tampilan didominasi oleh layar. Perubahan yang tampak mencolok hanya terlihat di beberapa bagian saja, misalnya tebal dan tipisnya. Juga, sekarang sedang tren bentuk layar punya poni. Tapi secara keseluruhan, bentuk ponsel tidak lagi berubah secara ekstrim.

Dulu, sebelum era smartphone berlayar sentuh, bentuk ponsel sangat bervariasi. Pada umumnya memang bentuk kotak persegi tapi ada juga yang bentuknya lonjong, sampai yang bentuknya belah ketupat.

Kendati demikian, selain model, hal yang paling sensitif bagi banyak orang dalam memilih ponsel adalah bahan yang digunakan. Di sini yang kami maksud adalah material yang digunakan untuk bodi ponselnya. Tentu saja, penggunaan material ini akan berdampak pada harga jual ponsel, selain fitur-fitur pendukungnya.

Saat ini umumnya bodi ponsel terbuat dari plastik, logam dan campuran kaca. Selain memiliki kekuatan yang berbeda, bahan-bahan ini juga berpengaruh pada tampilan ponsel. Lalu mana yang lebih baik? Nah, sebuah artikel yang dilansir oleh Android Central cukup menarik untuk disimak. Ini dia kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan;

1. Metal

Nokia 6 (wikimedia)Nokia 6 (wikimedia)



Kini ponsel dengan bodi metal bukan hanya ada di model flagship, tapi juga sudah merambah ke segmen menengah. Ada yang memang mengunakan bahan full metal atau plastik yang dipadukan dengan metal.

Jenis bahan yang digunakan biasa alumunium yang sangat ringan. Bahan ini memungkinkan ponsel menjadi memiliki bobot yang pas dan tidak terasa berat.

Buat sebagian orang, logam identik dengan premium. Melihat ponsel berbalut aluminium yang dipoles atau dianodisasi dengan hasil akhir yang tajam membuat ponsel terlihat ciamik, jadi tentu saja banyak orang mengasosiasikannya dengan kualitas tinggi. Padahal, menggunakan alumunium juga bisa lebih murah daripada bahan lain.

Kelebihan

- Terlihat premium

Seperti yang disebutkan tadi, ponsel dengan bodi metal menjadi terlihat premium. Metal adalah cantik, kita tak bisa lepas dari asumsi bahwa bahan metal akan selalu terlihat bagus dan secara otomatis identik dengan premium. Bagi banyak orang, memiliki ponsel premium itu penting. Bahan metal itu sendiri memang lebih mahal, bahkan banyak yang menggunakan material yang sama dengan bodi pesawat.

- Modern

Selain premium, penggunaan bahan metal juga terkesan modern. Metal juga memiliki estetika yang desain yang lengkap, dan sering dihubungkan dengan tampilan premium. Ada banyak penggemar dari jenis desain ini.

Kekurangan

- Mudah bengkok?

Tak semua bahan metal itu punya kekerasan yang baik. Itu sebabnya ada beberapa kasus ponsel yang mudah bengkok ketika ditekuk atau tak sengaja tertekan ketika duduk.  Bahkan, ketika ponsel terjatuh, akan meninggalkan bekas yang permanen. Tetapi itu semua tergantung dari kualitas material yang digunakan.

- Transmisi terhambat

Sinyal radio seperti LTE, Wi-Fi, dan sinyal Bluetooth kadang sulit unntuk menembus material padat. Oleh karena itu, desain dengan bahan ini punya bagian yang disebut jalur antena atau garis kaca untuk antena dan mungkin tidak dapat sepenuhnya mendukung pengisian nirkabel jika terbuat dari full logam.

- Pengantar panas

Suhu ponsel bisa terasa panas jika Anda terus menggunakannya dalam waktu yang agak lama seperti ketika main game. Bahkan, bahan metal ini juga akan terasa lebih panas terutama pada bagian yang di mana chipset berada dan menjadi tidak nyaman.

2. Plastik

Nokia 1 (perusmart)Nokia 1 (perusmart)

Plastik hadir dalam berbagai bentuk dan warna. Material buatan manusia ini memiliki keuntungan itu. Ponsel juga bisa terlihat Itu berarti plastik juga bisa datang dengan sejumlah berbagai selesai, dan ponsel juga bisa dibuat lebih licin dan lembut. Plastik juga murah dan sangat bisa diterapkan yang berbagai bentuk dan elemen desain.

Tentu saja, ada juga yang berpendapat bahwa semua ponsel plastik adalah licin, mengkilap, berantakan bahkan yang kini menjadi persepsi umum yang beredar adalah bahwa dengan bahan plastik adalah ponsel murah.

Kelebihan

- Murah

Murah di sini bukan berarti bahannya murah tetapi juga biaya produksi dari awal hingga akhir. Menggunakan plastik berarti peralatan manufaktur lebih mudah, juga memudahkan desainer dalam membantuknya dan bisa jadi bentuknya akan lebih bervariasi.

- Tangguh

Layaknya helm, bahan plastik memang kuat. Anda mungkin bisa memecahkan plastik tetapi butuh lebih banyak usaha dibandingkan dengan logam atau kaca, dan plastik juga punya kelenturan yang bisa mengembalikan bentuk semula.

- Transmisi RF

Plastik dapat dirancang untuk menjadi tangguh tetapi masih memungkinkan gelombang radio lewat dengan sangat sedikit kehilangan sinyal ketika Anda sedang menggunakannya, ini penting.

- Warna yang lebih bervariasi

Bahan plastik lebih memungkinkan untuk diwarnai dengan lebih beragam. Intinya plastik memberikan kebebasan kepada pembuatnya untuk membuat telepon yang tangguh dan indah.

Kekurangan

- Terlihat jelek?

Meski plastik lebih memungkinkan terlihat lebih variatif dan mudah dibentuk, finishing akan menentukan penampilannya. Plastik sekarang pun bisa mendapat sentuhan akhir dengan pewarnaan yang baik yang mirip dengan metal dan bahkan kita akan sulit membedakan apakah ponsel tersebut terbuat dari plastik atau metal. Tetapi jika penampilannya sangat terlihat ‘plastik banget’, maka persepsi Anda akan mengatakan ‘jelek’.

- Bisa meninggalkan noda.

Bahan plastik memungkinkan lebih murah tercemar oleh warna lain dan meninggalkan noda. Misalnya ketika terpapar oleh tinta pulpen, maka akan sulit dihapus.

- Terkesan murahan

Ini sebetulnya soal persepsi, begitu membaca spek dan mengetahui bahwa bodinya terbuat dari plastik maka timbul kesan murahan. Padahal bahan plastik juga bisa menambah kesan premium dan bisa lebih tahan lama.

3. Kaca

Apple iPhone 4 (amazon)Apple iPhone 4 (amazon)

Kaca yang kami maksud disini adalah lapisan kaca yang ada di bodi ponsel. Nah ponsel ini sejatinya punya bahan utama seperti plastik atau metal yang dilapis dengan kaca. Ponsel pertama dengan lapisan kaca ini adalah iPhone 4 dan Nexus 4.

Lapisan kaca memberikan kesan mewah karena ponsel akan terlihat berkilau. Menggunakan lapisan kaca juga berarti menjadi lebih mahal. Karena kaca yang digunakan tentu berbeda dengan yang ada pada toko perangkat keras.

Kaca yang digunakan tentu memiliki ultra-clear dan komposit khusus seperti Gorilla Glass bahkan ada juga yang menggunakan bahan eksotis seperti safir sintetis.

Kelebihan

- Meski kaca merupakan bahan yang padat, tetapi masih memungkinkan gelombang radio untuk melewati cukup mudah, ini berarti sinyal LTE Anda, Wi-Fi, dan Bluetooth akan lebih kuat tanpa garis antenna.

- Terlihat mewah.

Tak dipungkiri, efek dari pantulan kaca akan menghasilkan kilauan dan ilusi basah. Kedua efek ini bersama-sama dapat membuat tampilan yang menakjubkan.

- Nyaman digenggam.

Bahan dengan lapisan kaca terasa lebih nyaman digenggam, meskipun sebagian dari Anda mungkin tak setuju karena juga bisa sangat licin.

Kekurangan

- Mudah pecah.

Meski menggunakan bahan kaca yang padat dan lebih kuat tetapi tidak ada yang bisa menjamin itu tak akan pecah. Jadi kehati-hatian sangat diperlukan di sini. Banyak yang akhirnya melindungi ponselnya dengan casing tambahan, tetapi tentu kesan mewahnya seketika akan terselubung.

- Mudah gores

Sengaja atau tidak ponsel berlapis kaca bisa sangat udah tergores dan yang terakhir adalah licin. Ketika tangan Anda lembab, memegang ponsel berlapis kaca seperti memegang belut.

- Mahal

Ponsel yang dibalut dengan kaca memang lebih mahal. Sebab, bahan yang digunakan juga merupakan bahan pilihan. Untuk itu, ponsel berlapis kaca ini lebih ditujukan pada segmen high end.

Lalu mana yang terbaik? Kesimpulan kami, semua bahan yang digunakan pada ponsel tentu akan disesuaikan dengan target pasarnya. Material ini juga sangat berpengaruh pada tampilan ponsel.

Jadi, jika Anda memerlukan ponsel yang memiliki performa yang baik, tentu soal penampilan tak terlalu penting. Tapi tak ada salahnya jika punya budget berlebih, penampilan dan performa bisa Anda dapatkan dua-duanya. (*)Berbagai sumber