pulsa-logo

Pangsa Pasar Samsung yang Kian Tergerus


dian iskandar

Selasa, 18 September 2018 • 22:35

samsung, huawei, vivo, oppo, apple,


Samsung (samsung)Samsung (samsung)

Gegap gempita peluncuran Galaxy Note 9 yang dilakukan oleh Samsung rupanya tetap tak mampu menawan gerusan dari merek asal Tiongkok. Faktanya, laporan kinerja vendor smartphone global pada periode April-Juni 2018, menurut data yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC) pangsa pasar Samsung berdasarkan pengiriman bertengger di angka 20,9%. Angka tersebut berarti ada penurunan sekitar 2% dimana pada kuartal yang sama tahun lalu mencapai 22,9%.

Memang, pada kuartal tersebut total pengiriman smartphone pada pasar global periode triwulan kedua 2018 itu mengalami penurunan 1,8% dari 384,2 juta unit yang dikirim pada periode yang sama tahun lalu. Tapi, justru beberapa merek asal Tiongkok berhasil mengerek kinerja mereka ke arah yang lebih baik. Seperti halnya Huawei, Xiaomi dan Oppo.

Penurunan ini sudah terjadi ketiga kalinya periode triwulanan dari tahun ke tahun secara berturut-turut dan hanya kuartal keempat mengalami penurunan dalam sejarah. IDC mencatat ini adalah hasil dari churn di beberapa pasar, meskipun banyak pasar yang penetrasinya masih tinggi dan seharusnya mengembalikan pengiriman smartphone ke pertumbuhan secara keseluruhan.

Samsung memang masih menjadi pemimpin pasar smartphone global dunia meskipun mengalami penurunan 10,4% dari pengiriman dari tahun lalu. Flagship unggulan S9/S9+, yang diluncurkan pada akhir kuartal pertama, mengalami penjualan yang lebih lambat.

Dikutip dari IDC, Samsung mengklaim perlambatan tersebut adalah karena persaingan yang semakin ketat pada pasar high end dan pasar smartphone yang lesu secara keseluruhan. Raksasa Korea itu akan mencari cara untuk meningkatkan penjualan dalam beberapa minggu mendatang lewat Galaxy Note terbaru.

Samsung Galaxy Note9Samsung Galaxy Note9


Laporan ini dibuat sebelum Galaxy Note9 diluncurkan yakni pada 31 Juli, sedangkan Galaxy Note9 baru diresmikan 9 Agustus. Meski demikian, hasil pengiriman Note9 sendiri baru akan terlihat pada triwulan berikutnya. Masalahnya adalah, iPhone generasi terbaru juga baru saja diluncurkan dan bukan tidak mungkin akan berhadapan dengan Note9 di periode yang sama.

2018-10-15 19:48:21


Menebak Tren Smartphone 2019