pulsa-logo

Ini Dia 10 Ponsel Terpopuler di Indonesia 2018


dian iskandar

Senin, 29 Oktober 2018 • 18:21

oppo, vivo, iphone, samsung, xiaomi, advan,counterpoint, deviceatlas


Tahun ini pasar ponsel di Indonesia menjadi lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ditandai dari kemunculan merek-merek baru di tanah air. Sebut saja Honor, sub brand milik Huawei yang sejak Februari lalu secara resmi memasarkan produk-produknya dan yang terbaru ada Realme (sub-brand Oppo) dan Pocophone (sub-brand Xiaomi).

Pasar smartphone di Indonesia juga termasuk salah-satu yang bisa tumbuh positif terutama pada periode triwulan kedua. Menurut penelitian dari periset Counterpoint, pengiriman smartphone Indonesia tumbuh 25% tahun ke tahun dan 5% secara berurutan selama Q2 2018.

Sayangnya, meski sudah memasuki kuartal terakhir 2018, hingga kini belum ada periset pasar yang mempublikasikan kinerja para pabrikan smartphone untuk kuartal ketiga 2018. Posisi sementara pemegang pangsa pasar di Indonesia, IDC mencatat berdasarkan pengiriman masih dikuasai oleh Samsung. Sementara posisi kedua dipegang oleh Xiaomi, lalu diikuti oleh Oppo, Vivo dan Advan.

Lima besar brand smartphone di Indonesia kuartal akhir 2018Lima besar brand smartphone di Indonesia kuartal akhir 2018

Nah, melihat pergerakan para vendor smartphone yang kian agresif di kuartal ketiga, posisi Samsung yang hanya terpaut 2% dengan Xiaomi yang ada di posisi kedua, sangat rentan untuk disalip. Namun, Samsung terlihat sudah punya beberapa langkah strategis untuk membendung agrasifitas para kompetitornya. Baru-baru ini pabrikan asal Korea Selatan itu mengenalkan dua produk fenomenal, pertama adalah Samsung Galaxy A7 (2018) dengan triple kamera, dan Samsung Galaxy A9 (2018) dengan empat kamera utama pertama di dunia.

Meski posisi Samsung terus dipepet oleh pabrikan asal Tiongkok, tapi sebagai penguasa pasar smartphone di Indonesia dan global selama bertahun-tahun agak sulit untuk menggeser posisinya. Satu-satunya celah untuk bisa menggeser posisi Samsung hanyalah faktor harga. Terbukti dengan kemunculan Xiaomi di posisi kedua pangsa pasar, dimana perusahaan yang didirikan oleh Lei Jun itu dikenal lewat produk-produknya yang ramah kantong.

Ponsel Terfavorit 2018

Selain sebagai penguasa pasar di Indonesia, smartphone Samsung juga termasuk yang paling favorit di 2018 ini. Menurut data DeviceAtlas yang dilansir 18 Oktober lalu, Samsung Galaxy J2 Prime adalah ponsel terfavorit 2018 di Indonesia.


Samsung Galaxy J5Samsung Galaxy J5

DeviceAtlas merupakan perusahaan penyedia perangkat intelijen untuk beberapa industri vertikal mulai dari merek online terkemuka, platform periklanan, jasa keuangan, game, penyedia analisis dan perusahaan telekomunikasi seluler. Ponsel terfavorit yang dimaksudkan di sini adalah ponsel yang banyak digunakan hingga saat ini, berdasarkan trafik web pada kuartal ketiga 2018. Jadi bukan ponsel yang hanya dipasarkan tahun ini saja.

Peringkat pertama Samsung Galaxy J2 Prime diperkenalkan pada 2016 lalu. Kehadirannya untuk membidik kalangan muda segmen mid-end, menjadi pembaharu seri Galaxy J2. Awal diluncurkan, perangkat ini dibanderol Rp 1,8 juta. Samsung Galaxy J2 Prime pun selalu diperbaharui oleh Samsung dan kini yang terbaru adalah Galaxy J2 Prime 2018.

Smartphone terfavorit di Indonesia 2018Smartphone terfavorit di Indonesia 2018

Di posisi kedua ponsel favorit di Indonesia dipegang oleh Oppo A37. Sama dengan Galaxy j2 Prime, model A37 ini juga diperkenalkan pada 2016. Awal diluncurkan, perangkat ini dibanderol Rp2,7 jutaan. Perangkat yang lebih tua yakni Galaxy J5 masih menjadi yang paling banyak digunakan di posisi ketiga. Padahal perangkat ini sudah beredar sejak 2015. Tapi memang data dari DeviceAtlas tidak menyebutkan apakah Galaxy J5 yang dimaksud adalah keluaran 2015, atau yang terbaru. Perangkat Samsung lainnya yang banyak digunakan di 2018 ini ialah Samsung Galaxy J1 Ace dan Galaxy J7 Prime.

OPPO A37OPPO A37

Selanjutnya ada iPhone 6 di posisi ke-4. Ini juga model lawas dari iPhone yang sudah beredar sejak 2014. Penjualan resmi iPhone 6 di Indonesia sendiri baru dimulai pada Juni 2015. Perangkat iPhone lainnya yang masuk kategori favorit tahun ini adalah iPhone 7 Plus di posisi ke-10 dan iPhone 7 di posisi ke-12.

iPhone 6iPhone 6

Sementara itu, empat model Xiaomi berhasil menjadi yang terfavorit atau yang banyak digunakan diantaranya Redmi Note 4 di posisi ke 6, Redmi 4A di posisi ke 7, Redmi 4X di posisi ke 9 dan Redmi 5A di posisi ke-11.  Diantara ke-empat produk Xiaomi tersebut di atas, hanya Redmi 5A yang masuk kategori relatif paling baru. Perangkat ini baru diluncurkan di Indonesia pada Desember 2017.

Xiaomi Redmi 4XXiaomi Redmi 4X

Yang menarik dari 12 besar ponsel terfavorit 2018 yang dihimpun oleh DeviceAtlas ini ternyata hanya diwakili oleh empat brand saja yakni Samsung, Oppo, iPhone dan Xiaomi. Dan rata-rata bukan produk keluaran terbaru.

Selain itu, posisi teratas ponsel favorit di Indonesia ternyata juga sama dengan Malaysia. Peringkat pertama ponsel favorit di negeri Jiran itu juga dipegang oleh Samsung Galaxy J2 Prime. Oppo juga termasuk dalam 12 besar ponsel terfavorit selanjutnya ada iPhone dan Vivo.

Di Malaysia ternyata Xiaomi tidak termasuk perangkat yang favorit jika kita berkaca pada data DeviceAtlas. Negara Asean lainnya seperti Philipina, Thailand dan Singapura, iPhone ada diperingkat teratas.

Lalu bagaimana dengan Korea Selatan? Tempat Samsung dilahirkan? Ternyata hanya ada dua merek yang menjadi favorit, iPhone dan Samsung, dan iPhone 7 Plus yang terfavorit. Bahkan di Jepang, semua peringkat di isi oleh iPhone dengan berbagai model, mulai dari iPhone 5 hingga iPhone 8 Plus. (*)