pulsa-logo

Seberapa Greget iPhone 11 Series?


dian iskandar

Rabu, 25 September 2019 • 11:43

apple, iphone, iphone 11, iphone 11 pro, iphone 11 pro max


Apple iPhone 11 Pro (Apple)Apple iPhone 11 Pro (Apple)

Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone 11 Series. Tahun ini, raksasa teknologi asal Cupertino AS itu menawarkan tiga seri terbaru iPhone. Ada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Ketiga seri ini masing-masing menggantikan iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max.

Jika diperhatikan, Apple menerapkan sistem penamaan baru. Tahun lalu ada iPhone XS yang merupakan iPhone varian standar, seri XR untuk yang termurah dan XR adalah iPhone XS Max yang dibekali fitur paling mutakhir. Sekarang iPhone 11 menjadi varian paling murah, sementara iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dijual lebih mahal.

Dari fitur yang ditawarkan, Apple menawarkan ada beberapa peningkatan. Misalnya varian termurah iPhone 11, meski yang termurah namun sudah memiliki dual kamera belakang dan juga penyegaran pada chipsetnya. Berikut beberapa pembaruan yang ada di iPhone 11:

  • iPhone 11 memiliki larik dua kamera di bagian belakang; iPhone XR memiliki sensor tunggal
  • Sensor kedua ini memiliki sudut pandang lebar
  • Apple telah memperbarui prosesor ke A13 yang diklaim lebih cepat dari A12
  • iPhone 11 hadir dalam berbagai warna yang sedikit lebih redam daripada sebelumnya
  • Kedua ponsel memiliki ukuran layar 6,1 inci yang sama dengan resolusi yang sama

Beberapa peningkatan ini cukup mengesankan meskipun soal penampilan masih tak terlalu banyak perubahan terutama di bagian depan. Bisa disimpulkan, iPhone 11 dan iPhone XR terlihat sangat mirip. Mereka memiliki layar datar, sisi rounded dan dibangun dari campuran kaca dan aluminium. Keduanya juga masih mengandalkan layar LCD Liquid Retina 6,1 inci dengan sensor FaceID yang terkubur di dalam lekukan yang menonjol.

Triple kamera iPhone 11 Pro (Apple)Triple kamera iPhone 11 Pro (Apple)

iPhone 11 juga menawarkan beberapa warna baru. Sekarang ada warna hijau pastel dan secara keseluruhan warnanya lebih kalem tetapi tetap terlihat bagus. Fitur ketahanan air tetap hadir di iPhone 11 dengan sertifikasi IP68.


Apple iPhone 11 (Apple)Apple iPhone 11 (Apple)

Sementara untuk iPhone 11 Pro, perbedaannya dengan iPhone XS adalah pada setup kamera belakang, dimana iPhone 11 Pro menyandang triple kamera dengan satu lensa tambahan untuk mendukung wide angle. Semuanya menggunakan sensor 12 megapiksel. Layar iPhone 11 Pro tampil lebih tajam terang dengan 800 nits dan masih menggunakan jenis layar yang sama dengan iPhone XS yakni Super Retina OLED. Tentu saja dengan chipset yang lebih baru. Menariknya, kapasitas baterai sekarang sudah ditingkatkan dari 2658 mAh menjadi 3190 mAh.

Apple iPhone 11 Pro Ultra Wide kamera (Apple)Apple iPhone 11 Pro Ultra Wide kamera (Apple)

Baterai iPhone 11 Pro Max juga lebih besar, hampir 4000 mAh, ketimbang 3174 mAh yang dimiliki iPhone XS Max. Selebihnya perbedaannya ada pada kamera, chipset dan kecerahan layar.

iPhone 11 Mengejutkan

Dengan deretaan fitur baru serta harga banderol yang lebih murah, iPhone 11 diperkirakan bakal lebih sukses ketimbang pendahulunya. Menurut analis yang akrab dengan isu Apple, Ming Chi Kuo, seperti dikutip PULSA dari Macrumors mengatakan bahwa pesanan iPhone 11 dan iPhone 11 lebih baik dari yang diperkirakan sejak awal pre-order Minggu lalu.

Prediksi itu didasari analisisnya pada perkiraan pengiriman online Apple, Kuo percaya permintaan "secara signifikan lebih kuat" untuk warna baru iPhone 11 hijau dan ungu dan iPhone 11 Pro dalam warna hijau gelap, tetapi dia mencatat bahwa iPhone 11 Pro yang produksinya sedikit terhambat.

Kuo melihat permintaan untuk iPhone 11 Pro yang lebih mahal akan tinggi di AS, sedangkan seri iPhone 11 yang lebih murah akan berjalan sangat baik di pasar Cina. Sehingga, TF Securities telah meningkatkan perkiraan pengiriman iPhone 11 pada 2019 menjadi 70-75 juta unit (dibandingkan dengan 65-70 juta unit sebelumnya), dan memperkirakan rantai pasokan iPhone akan tumbuh dengan mantap pada kuartal keempat.

Kuo percaya bahwa iPhone 11 adalah pilihan upgrade yang sangat baik untuk pengguna iPhone 6 / 6s / 7, terutama karena harganya yang lebih rendah, yang kira-kira setara dengan 1–1,3 kali gaji bulanan rata-rata di Tiongkok. Kuo mengatakan ini "dekat dengan harga sweet spot," mengingat bahwa kesetaraan harga iPhone XR adalah 1,5-1,7 kali gaji bulanan rata-rata di Cina. Selain strategi penetapan harga yang agresif dari Apple, Kuo mencatat bahwa rencana cicilan tanpa bunga selama 24 bulan juga menurunkan hambatan pembelian.

iPhone 11 dibanderol mulai dari 699 dolar AS, yang lebih murah 50 dolar AS dari iPhone XR, sedangkan iPhone 11 Pro dijual seharga 999 dolar AS dan Pro Max mulai dari 1.099 dolar AS. Perangkat baru Apple secara resmi mulai dikirimkan Jumat 20 September.

Ketiadaan 5G Jadi Catatan

Meski iPhone 11 dibanderol lebih murah dan hadir dengan prosesor yang lebih cepat tetapi tidak memiliki teknologi 5G (akan) mengecewakan pasar Asia, di mana smartphone yang lebih murah dan dengan fitur yang lebih lengkap sudah tersedia.

Laporan yang dikutip dari Financial Post menyebutkan, iPhone 11 yang diluncurkan lebih murah 50 dolar AS dibanding iPhone XR, disambut dengan respon yang lemah dari pengguna media sosial di pasar Asia yang didominasi oleh Huawei Technologies dan Samsung Electronics.

Menurunkan harga jual awal, sebuah langkah langka dari Apple, kemungkinan merupakan upaya untuk menarik pembeli di Cina, di mana Apple telah menyerahkan tongkat estafet kepada Huawei karena lonjakan dukungan dari konsumen Cina.

Meskipun harga jual lebih rendah untuk iPhone 11, dan bahkan menawarkan lebih banyak kamera untuk seri termahal, masih dianggap tidak terlalu terlalu mengejurkan terutama di Asia.

“Ponsel baru Apple sama sekali tidak mengejutkan. Hanya perubahan nyata yang memiliki kamera tambahan pada model premium mereka,” kata Park Sung-soon, seorang analis di Cape Investment & Securities yang berbasis di Seoul, seperti dikutip PULSA dari Financial Times.

“Namun, terlihat bahwa Apple telah melakukan pemotongan harga untuk iPhone terbaru sekitar US$50, yang merupakan langkah yang sangat langka bagi perusahaan. Langkah ini mungkin bertujuan untuk mengelola dan mengurangi potensi risiko yang ditarik oleh perang dagang AS-Cina."

iPhone 11 dihargai mulai US$699, turun dari US$749 dibanding iphone XR tahun lalu. Pada hari Selasa, Apple juga menurunkan harga XR sebesar US$150. iPhone 11 Pro yang lebih mahal akan memiliki tiga kamera di bagian belakang dan mulai dijual 999 dolar AS. Layar lebih besar iPhone 11 Pro Max mulai dari US$1.099.

Ketiadaan 5G ini juga disindir lewat layanan sosmed Weibo. "Karena kami masih harus menunggu satu tahun untuk 5G, mengapa tidak membeli Huawei pada hari Senin," kata seorang pengguna di layanan Weibo seperti Twitter di Cina. Huawei dan saingannya yang lebih kecil Vivo telah merilis model 5G di Cina, dan Samsung di Korea Selatan.

Menanggapi pernyatan Tim Cook yang menjelaskan fitur-fitur baru di iPhone 11, sebuah sindiran juga dilontarkan oleh Richard Yu, CEO kelompok bisnis konsumen Huawei, dengan menunjukkan bahwa Huawei telah memiliki fitur-fitur tersebut selama bertahun-tahun.

Analis Counterpoint Neil Shah mengatakan harga awal yang ditawarkan oleh Apple, tetap tinggi dibandingkan dengan rival lokal. Dikombinasikan dengan kurangnya 5G, yang membuat iPhone baru "kurang menarik dan tahan masa depan" bagi konsumen Cina, Shah mengatakan, meramalkan bahwa Apple akan menjual 30-35 juta iPhone di Cina tahun ini, turun dari 63 juta ponsel pada 2015. (*)Isk/berbagai sumber