pulsa-logo

Developer Candy Crush Saga Tuntut Developer Game 6Waves


Nariswari

Minggu, 01 September 2013 • 08:04

Developer Candy Crush Saga, Tuntut Developer Game 6Waves, smartphone ponsel, developer game 6waves, tuntutan antar developer game, tabloid pulsa


Ada pepatah yang mengatakan bahwa semakin tinggi anginnya makin kencang. Itu juga yang terjadi kepada developer Candy Crush Saga. Game populer ini konon menjadi incaran dari para copycat. Sebenarnya ini sudah sangat-sangat lazim dilakukan dimanapun bahkan di luar industri games. Namun yang menjadi masalah adalah siapa yang menirunya. Jika sang peniru adalah developer tunggal atau perusahaan kecil maka biasanya mereka tidak mau repot-repot menuntut, namun jika yang melakukan copycat adalah developer sekelas 6Waves maka kasus menjadi berbeda.

King yang adalah developer Candy Crush Saga sudah secara resmi melayangkan gugatan kepada 6Waves karena meniru dua game paling laris dari King yaitu Farm Heroes Saga dan Pet Rescue Saga. King mengatakan bahwa mereka terbuka terhadap kompetisi namun apa yang dilakukan 6Waves adalah meniru mentah-mentah semua aspek dalam gamenya dan ini jelas tidak bisa diterima.

6Waves sendiri belum memberikan pernyataan resmi namun pada dasarnya mereka menolak tuduhan ini dan berkata bahwa puzzle match 3 dan simulasi adalah genre yang sangat umum dan tidak dipatenkan sehingga siapa saja berhak membuat game yang sama. Ini bukanlah kasus pertama untuk 6Waves, sebelumnya mereka juga dituntut oleh Spryfox karena meniru game puzzle terkenal mereka yaitu Tripe Town (ditiru jadi Yeti Town).

 

 


Kasus seperti ini sebenarnya cukup membingungkan karena memang sebuah genre game tidak dapat dipatenkan secara mekanik. Namun siapa saja berhak membuat game tower defense asal tidak menggunakan judul yang mengandung kata “Tower Defense”. Sejauh ini kasus perseteruan ini masih berlangsung dan belum menemukan titik temu. (Nariswari)