pulsa-logo

Mozilla: Android, iOS, dan Windows Phone Adalah Penjara


Fauzi

Jum'at, 06 September 2013 • 11:02

download firefox os gratis, free download firefox os, firefox os, sistem operasi firefox, Android os, iOS, WindowsPhone, FirefoxOS, Mozilla Firefox os, Apple iOS, Microsoft Windows Phone, tabloid pulsa


Android mudah dan bebas, wah tampaknya harus dipikir kembali. Lho, kok? Menurut Mozilla, bersama dengan iOS dan Windows Phone, sistem operasi Android tak ubahnya sebuah penjara.

"Ponsel mobile adalah penjara, dan Anda harus memilih salah satu untuk menetap di situ. Pihak vendor mengontrol segalanya yang terjadi di dalamnya," demikian seperti dikatakan Andreas Gal, Vice President of Mobile Engineering di Mozilla, seperti dikutip PULSA Online via Techradar.

Lebih jauh Andreas Gal mengatakan ketiga system operasi mobile ternama itu, merupakan penjara yang mengkilap dan bagus, yang membuat yang di dalamnya tak bisa melarikan diri.

"Mereka adalah penjara yang sangat mengkilap dan bagus, tetapi Anda tidak dapat melarikan diri. Sebagai pengembang Anda harus men-develop aplikasi untuk setiap sistem secara terpisah, sementara pengguna tidak dapat memisahkan antara aplikasi dengan sistem operasi," lanjut Andreas.

Dengan penilaian miring yang telah dilontarkan pihak Mozilla, lantas apa yang ditawarkan pengembang tersebut untuk mengatasi problem tersebut. Tidak lain dan tidak bukan adalah sistem operasi berbasis HTML 5 yang tengah dikembangkannya, yakni Firefox OS. Sistem operasi berbasis web ini diklaim mampu bekerja pada semua platform dan perangkat termasuk smartphone, tablet, dan komputer.

Pengguna dapat mengakses HTML 5 melalui browser apa pun, ini berarti pengembang tidak terkunci ke dalam pola pikir perusahaan dan aplikasi dapat bekerja di mana pun yang berarti lebih sedikit bekerja dan menghasilkan uang bagi pengembang.

Keuntungan tersebut juga akan diperoleh pengguna, karena tidak ada lagi kekhawatiran terhadap perangkat yang digunakannya, seperti aplikasi dan layanan HTML 5 akan berjalan dengan baik pada browser, seperti Safari, Chrome, ataupun Internet Explorer.


Tentu setiap pemilik system operasi berhak mengklaim platform-nyalah yang terbaik untuk pengguna. Nah, apakah nantinya Firefox OS bisa mengejar kesuksesan para pesaing yang sudah lebih dulu eksis.

"Kami hanya ingin menjajakan Firefox OS di luar sana untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan dengan HTML 5 dan mendorong yang lain untuk mengadopsi standar tersebut," demikian seperti dibeberkan Brendan Eich, SVP of Engineering di Mozilla.

So, kita lihat saja kiprah Firefox OS, apakah akan sesukses iOS dan Android nantinya. (Ozi)