pulsa-logo

Menkominfo Janji LTE Akan Dibuka Akhir 2013


Nariswari

Jum'at, 06 September 2013 • 12:06


Teka-teki kapan Indonesia mengadopsi teknologi LTE nampaknya terjawab sudah. HAl itu setelah Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa pihaknya akan membuka peluang layanan komunikasi LTE pada akhir tahun ini.

Pernyataan itu disampaikan Tiaftul di acara IndonesiIa Communication Technology Award (INAICTA) 2013, di Jakarta Convention Center. "Kami akan membuka peluang industri layanan komunikasi di 4G LTE pada akhir tahun ini," ungkap Tifatul. Menurut Tifatul, Indonesia bisa dibilang terlambat mengadopsi teknologi 4G pada layanan telekomunikasi. Karena itu, Kominfo akan segera membuka layanan komunikasi dengan teknologi 4G.

Ditambahkan Tifatul, beberapa operator di Indonesia sudah siap untuk menggunakan teknologi 4G. Pihaknya juga sudah memberikan pinjaman spektrum kepada operator yang siap dengan LTE untuk menguji coba layanannya. Uji coba itu akan dimulai dalam perhelatan akbar APEC Summit di Bali Oktober mendatang.Ditegaskannya, layanan 4G yang akan disediakan di Indonesia masih menggunakan teknologi netral di frekuensi 2,3 Ghz. Sebelumnya, frekuensi ini digunakan untuk layanan internet WiMax. Mengingat WiMax di Indonesia kurang berkembang, jadi Kominfo memanfaatkan sebagai teknologi netral untuk menggelar layanan 4G di sana.

Tifatul yang juga menyatakan bahwa operator besar seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Axis mengaku telah siap untuk menggelar layanan 4G. (Nariswari)