pulsa-logo

Kominfo Tunjuk Telkom Sebagai Penyedia Internet Jelang APEC


Nariswari

Selasa, 10 September 2013 • 12:25

telkom indonesia, Kominfo, APEC, jaringan telkom, internet telkom, telkom host sponsor apec


Menjelang konfrensi akbar Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013 yang akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada 1-8 Oktober 2013 mendatang, Indonesia menyiapkan segala sarana dan prasana hingga acara tersebut berlangsung.

Untuk memaksimalkan komunikasi selama APEC berlangsung, pemerintah akan menyediakan jaringan internet. Dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menunjuk PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sebagai penyedia layanan internet.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kemenkominfo, Gatot S Dewa Broto, seperti dilansir dari Telkomsolution.com. Gatot menjelaskan, dari empat operator yang mengikuti tender tersebut, pilihan Kemenkominfo jatuh pada perusahaan BUMN Telekomunikasi tersebut.

Pemerintah akan menyediakan jaringan internet sebesar 5GB, yang masih dapat ditingkatkan tergantung pada kebutuhan. Menurut Gatot, kapasitas internet tersebut digunakan untuk memberikan sambungan pada 500 desktop dan jaringan nirkabel (WiFi). Jaringan internet ini sangat vital, terutama bagi kelancaran pemberitaan insan pers yang meliput di acara APEC.

Gatot memperkirakan akan ada 2.300 jurnalis dari seluruh dunia yang akan meliput KTT APEC 2013. Media centre yang disediakan, menurutnya, mampu menampung hingga 4.000 wartawan. Jurnalis paling banyak berasal dari Amerika Serikat, Eropa dan Asia. (Nariswari)