pulsa-logo

Samsung Youm Layar Ponsel Tak Lagi Datar, Tetapi Melengkung?


Hito Handoko

Rabu, 25 September 2013 • 11:40

Samsung ‘Youm’ Layar Ponsel Tak Lagi Datar, Tetapi Melengkung?, tabloid pulsa


Credit Engadget 'Youm'Credit Engadget 'Youm'

Di acara pengenalan Samsung Galaxy Gear dan Note 3 di Korea, produsen perangkat mobile raksasa itu juga memberi catatan kecil soal rencana mereka akan merilis smartphone dengan tampilan layar yang melengkung menyerupai kurva cembung seputaran Oktober mendatang, seperti diperagakan lewat perangkat prototip dinamai sebagai “Youm”.

Perangkat smartphone Youm ini prinsipnya menyematkan komponen panel OLED fleksibel memungkinkan layar mudah ditekuk di sepanjang sisi perangkat prototip Samsung tersebut. Idenya adalah bahwa pengguna akan dapat membaca pesan teks, tickers saham dan notifikasi lainnya dari sisi perangkat yang melengkung agar tak mengganggu tampilan aplikasi yang sedang terbuka di layar utamanya, seperti TheVerge melaporkan.

 

 

 



Sayangnya, keengganan muncul dari para eksekutif Samsung menguraikan rancangan detil smartphone berlayar kurva lengkung itu. Sedikit ‘clue’ terucap dari mereka mengungkapkan bahwa layar kelak berukuran sekitar lima inci , dengan rasio aspek 16:9 dan resolusi 720p. Smartphone contoh yang dipamerkan itu hanyalah berupa ponsel ‘Dummy’ yang diberi prosesor mungil rendahan sekedar bisa mendemonstrasikan tampilan layar alias tidak punya sistem operasi, kamera, dan fitur umum smartphone lainnya.

 

 

 

 

 

 

Titik terang kehadiran inovasi terbaru Samsung ini nampaknya bakal menjadi nyata setelah Samsung  mengajukan permohonan paten teknologi ini untuk dipasangkan di sebuah smartphone. (Hito)

fulltext