Atrk
ads skin gagal

Terkait Paten, Rockstar Consortium Gugat Google dan Samsung

Google Paten Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Apple dan Microsoft yang didukung Rockstar Consortium , yang membeli 6.000 paten portofolio Nortel Network, menggugat Google dan Samsung untuk dugaan pelanggaran paten. Beberapa tuntutan hukum terkait paten muncul Kamis (30 Oktober). Beberapa perusahaan top teknologi ini telah terbagi menjadi dua tim lawan. Di satu sisi adalah Apple , Microsoft, BlackBerry, Ericsson, dan Sony atau dikenal sebagai Rockstar Consortium  dan di sisi lain adalah Google, Samsung, Huawei, HTC, dan beberapa perusahaan lain.

Dilansir dari www.CNet.com, adapun gugatan yang dibawa oleh Rockstar Consortium terhadap Google dan perusahaan lain tersebut karena terkait sejumlah pelanggaran paten. Google secara khusus dituduh melanggar tujuh paten, yang menggunakan teknologi yang dipasang di pencarian internet yang terkait dengan rujukan iklan. Keluhan yang diajukan oleh Rockstar Consortium klaim pelanggaran paten Google adalah disengaja.

Bermula pada Juni 2011 ketika perusahaan-perusahaan raksasa tersebut terlibat dalam pembelian 6.000 paten portofolio Nortel Network. Sementara Google mencoba untuk membeli paten Nortel untuk sebanyak $ 4,4 miliar tersebut, akhirnya harus kalah dalam lelang melawan Rockstar Consortium, yang membeli paten tersebut sebesar $ 4,5 miliar.

Paten Nortel dan aplikasi yang mencakup teknologi seperti nirkabel , 4G nirkabel , jaringan data, optik, suara, Internet, dan semikonduktor. Ketika Google tidak dapat masuk pada portofolio paten Nortel, sebagai gantinya maka  membeli paten Motorola Mobility senilai $ 12.5 milyar pada Februari 2012.

Perang paten telah menjadi bagian yang semakin penting dalam melakukan bisnis di perusahaan teknologi. Perangkat mobile khususnya telah menjadi target terbaru dari litigasi paten , karena kombinasi fitur yang mungkin sebelumnya telah tersedia hanya dalam elektronik mandiri. Adapun beberapa tuntutan hukum paten yang dibawa oleh Rockstar Consortium telah diajukan ke Pengadilan Distrik AS pada Kamis (30/11).

Google dan Rockstar Consortium sama-sama enggan untuk memberikan komentar terkait kasus ini. (Nariswari)

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 05 December 2013 20:38
  • font size