pulsa-logo

Tantang MediaTek, Qualcomm Siapkan Chip Quad-Core MSM8228


Fauzi

Jum'at, 01 November 2013 • 17:29


Perlahan tapi pasti, kiprah MediaTek di persaingan bisnis chip prosesor mobile kian mendapat sambutan positif dari para vendor smartphone maupun tablet. Keberhasilan MediaTek dengan solusi yang ditawarkannya, tentu saja bakal membuat sang pemimpin pasar chipset, Qualcomm, ketar-ketir.

Tahun lalu, ketika MediaTek menghadirkan prosesor dual-core MT6577 untuk perangkat berharga terjangkau, Qualcomm pun bereaksi dengan mengeluarkan chip Snapdragon MSM8225 yang seolah untuk menjawab tantangan MediaTek.

Menariknya, persaingan keduanya kini tampaknya terjadi kembali. Saat ini MediaTek telah memiliki chip quad-core MT6589 dan MT6589T. Dengan chip terbarunya itu, MediaTek tidak hanya menjadi ancaman di segmen entry-level dan menengah saja, tetapi juga siap menjadi pemain di segmen atas.

Lantas bagaimana dengan Qualcomm?

Seperti diberitakan di situs GizChina baru-baru ini, Qualcomm disebut tengah menyiapkan chip yang diketahui sebagai MSM8228. Chip prosesor yang sudah dalam tahap pengujian itu diduga bakal hadir untuk menyaingi prosesor quad-core besutan MediaTek.

Secara rinci Qualcomm MSM8228 hadir dengan fitur:

- 1.4GHz quad core, dengan Cortex A7


- 28nm manufacturing process

- GPU Adreno 305 450MHz

- Support untuk layar 1080p dan kamera 13 MP

- Sudah tertanam modem 4G LTE dan Support dual SIM

Selain membawa fitur kunci seperti tertulis di atas, chip MSM8228 juga disebut bakal menawarkan manajemen daya yang lebih baik, dengan tingkat efisiensi 30% lebih baik jika dibandingkan dengan prosesor lainnya yang berbasis Cortex A7.

Terlihat pada gambar di bawah, chip MSM8228 mendapat skor lebih cari 18.000 pada AnTuTu Benchmark.

Sayangnya, untuk saat ini tidak diketahui kapan perangkat dengan chip MSM8228 bakal beredar keluar. Untuk itu kita tunggu saja. (Ozi)