Atrk
ads skin gagal

Jaga Margin Keuntungan, Samsung Pilih Tenaga Kerja Murah

  • Friday, 13 December 2013 11:07
  • Published in News

Logo Samsung Images 2013 12 13 Thumb Other400 0

Sebagai vendor yang tengah menikmati puncak kejayaannya di pasar smartphone, Samsung tentu bakal sekuat tenaga untuk menjaga posisinya serta keuntungan tinggi yang selama ini telah diperolehnya.

Terkait dengan hal tersebut, dalam sebuah laporan terbaru Bloomberg, disebutkan bahwa seiring dengan kegelisahan Samsung untuk dapat menjaga margin yang tinggi di tengah pertumbuhan yang melambat, perusahaan itu telah mengalihkan fasilitas produksinya dari Cina ke Vietnam.

Langkah itu memang bisa membuat Samsung untuk mepertahankan margin keuntungan, lantaran upah tenaga kerja di sana yang lebih rendah. Sebagai perbandingan disebutkan, upah dasar bulanan seorang pekerja pabrik di Beijing sebesar 466 USD, jauh berbeda dengan upah di Hanoi yang hanya berkisar 145 USD.

Selain upah yang lebih murah, secara geografis Vietnam juga memiliki kelebihan tersendiri jika dibanding negara lainnya seperti Indonesia dan India yang juga memiliki upah tenaga kerja relative murah serta pajak yang ringan. Dibanding Indonesia dan India, lokasi Vietnam memang dekat dengan dengan basis produksi Samsung yang ada di Cina dan Korea Selatan, dan itu merupakan insentif tambahan.

“Negara lain dapat menyamai atau bahkan mengalahkan insentif yang ditawarkan Vietnam, tetapi Vietnam sangat dekat dengan rantai pasokan Samsung,” demikian dikatakan Than Trong Phuc, managing director of technology-focused investment fund DFJ VinaCapital LP in Ho Chi Minh City seperti dilansir Bloomberg.

"Anda bisa lihat perusahaan Korea ada di mana-mana di Vietnam, kanan dan kiri," lanjutnya.

Secara keseluruhan, investasi pabrik baru Samsung di Vietnam mencapai 2 miliar USD dan akan beroprasi secara penuh pada tahun 2015. Pabrik di Vietnam disebut bakal memproduksi sekitar 40% dari smartphone besutan vendor asal Korea Selatan itu. (Ozi)

Rate this item
(5 votes)
  • Last modified on Friday, 13 December 2013 12:49
  • font size