pulsa-logo

Nokia-Windows Phone 7 Akhirnya Resmi Bersatu


Fauzi

Jum'at, 11 Februari 2011 • 17:21


Teka-teki terkait platform yang bakal diusung Nokia untuk ‘meladeni’ para pesaingnya kini terjawab sudah. Hal itu tak lain berkat diumumkannya kemitraan antara Nokia dan Microsoft hari ini, Jumat (11/02/2011) di London.

Salah satu poin menarik dengan adanya aliansi tersebut Nokia secara resmi akan mengusung platform Windows Phone pada smartphone utamanya. Walaupun telah resmi menggandeng platform hasil kreasi Microsoft tersebut, bukan berarti Nokia membuang begitu saja platform yang selama menjadi senjata utamanya, yakni Symbian.

Seperti dikutip PULSAonline via engadget, dikabarkan bahwa Symbian akan tetap eksis dan menjadi ‘franchise platform’. Sedangkan Meego sebagai platform Open Source, dan masih akan digunakan di smartphone Nokia selanjutnya yang diharapkan akan dikapalkan pada tahun 2011 ini.

Menariknya, selain mengusung platform WP7, dalam kesepakatannya dengan Microsoft tersebut, Nokia juga akan mengadopsi Bing. Adapun Ovi Store nantinya akan diintegrasikan dengan Windows Marketplace.

Bagaimana kiprah Nokia setelah resmi menggandeng Microsoft, kita tunggu saja perkembangannya.

Video



 

(Ozi)