pulsa-logo

Ubuntu Touch Merilis Dual Boot OS di Perangkat Android


Hito Handoko

Selasa, 24 Desember 2013 • 15:29

ubuntu, ubuntu touchm dual boot os, android, Jelly Bean, PULSAonline


 

Ubuntu Touch resmi rilis perangkat yang mendapat dua pilihan sistem operasi "Dual Boot OS", sehingga pengguna dapat merasakan perangkat dengan 2 OS sekaligus, yakni Android atau Ubuntu Touch.

Sebelumnya memang sudah banyak beredar beberapa perangkat Android yang berkemampuan dual-boot, tetapi umumnya hanyalah sebuah pengalihan sistem perangkat, antara OS Windows atau OS Android, selain itu bisa juga, antara OS bawaan resmi produsen asli atau Custom ROM pihak ketiga (misalnya: CyanogenMod, AOSP, dll.)

 

 

Seperti dilansir Phonearena dari developer Ubuntu, pengembangnya masih terus berupaya membenahi dan menambah kompabilitas beragam perangkat di sisi Android dan sisi Ubuntu. Memperhatikan rangkaian komentar di situs resmi Ubuntu, uji coba opsi dual-boot Ubuntu Touch dan dilaporkan cukup stabil berjalan adalah di perangkat Nexus 4 dan Nexus 7 versi 2012.


 

Persyaratan umum yang diminta adalah perangkat memiliki system operasi Android 4.2 Jelly Bean atau versi yang lebih baru, kapasitas minimal ruang penyimpanan 2,7 GB, ADB tools di-instalasi berjalan di PC Desktop dan tak laha penting perangkat harus dalam kondisi tak terkunci untuk mengakses “Bootloader” dan fitur USB debugging di perangkat Android. (Hito)